Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik dengan model problem based learning pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII / Rachmita Divrania

Main Author: Divrania, Rachmita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16007/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDivraniaRachmita.2016.PengembanganLembarKerjaSiswa(LKS)berbasisPendekatanSaintifikdenganModelProblemBasedLearningpadaMateriBangunRuangSisiDataruntukSiswaSMPKelasVIII.Skripsi.JurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.TjangDanielCM.SiPh.D.KataKunciLembarKerjaSiswa(LKS)PendekatanSaintifikProblemBasedLearningBangunRuangSisiDatarPembelajarandalambentuklembarkerjasiswayangtidakkonstruktivisditemukandalamprosespembelajarandisekolahyanghanyamenghafalkanrumustanpamengetahuitahapuntukmenemukankonsep.Berdasarkanhasilwawancaradiketahuibahwamasihbanyaksiswayangtidakmengetahuirumusbangunruangsisidatar.OlehkarenaitupenelitimengembangkanlembarkerjasiswayangberbasispendekatansaintifikdenganmodelProblemBasedLearningpadamateribangunruangsisidataruntuksiswaSMPkelasVIIIyangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembanganyangdigunakanuntukmengembangkanLKSiniadalahhasilmodifikasidarimodelpengembanganPlomp(Hobri201017).Modelpengembanganiniterdiriatas(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapdesain(3)tahaprealisasi/konstruksidan(4)tahaptesevaluasidanrevisi.Padapenelitianiniakandiadakantigatesujiyakniujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.Ujikevalidandilakukanolehduavalidatoryaknisatuorangdosenmatematikadansatuorangpraktisi.SetelahLKSdinyatakanvalidmakaLKSdiujicobakanpada35siswaSMPkelasVIIIyangakanmenempuhmateribangunruangsisidatarsebagaisubjekujicoba.Hasilujikepraktisandidapatdarirata-rataskordariduainstrumenyaknilembarobservasikegiatangurudanlembarobservasikegiatansiswa.Hasilujikeefektifandidapatdaripresentasesiswayangmemilikikualifikasituntasberdasarkanrata-ratanilaikuissiswadiatas80.8195BerdasarkanhasilanalisisdatadidapatkanskorhasilujikevalidandankepraktisanLKSsecaraberturut-turutadalah366dan352.Presentasesiswayangmemperolehnilairata-rata80adalah9142%.Haliniberartihasilujikeeefektifanmenyatakan9142%siswamemenuhikualifikasituntas.BerdasarkananalisisdatatersebutberartiLKStelahmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.