Penerapan pembelajaran kooperatif teams games tournament berbantuan kuis interaktif pada materi lingkaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMPN 21 Malang / Handri Kurniawan

Main Author: Kurniawan, Handri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/16004/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKurniawanHandri.2016.PenerapanPembelajaranKooperatifTeamsGamesTournamentBerbantuanKuisInteraktifPadaMateriLingkaranUntukMeningkatkanMotivasiDanHasilBelajarSiswaKelasVIII-2SMPN21Malang.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SukoriyantoM.Si.KataKunciTeamsGamesTournamentKuisInteraktifMotivasiHasilBelajarMatematikamerupakancabangilmupengetahuanyangberperandalamberbagaibidangpengetahuanmakasiswaSMP/MTSdiIndonesiadituntutuntukbisamenguasaipelajaranmatematika.BerdasarkanhasilobservasipadakelasVIII-2SMPN21Malangdiperolehbahwamotivasibelajarsiswaterhadappelajaranmatematikarendah.DemikianpulahasilbelajarnyayangditunjukkanolehnilaiUTSpadasemestergasaltahunajaran2015/2016denganpersentaseketuntasanklasikalmencapai4444%.PembelajarankooperatifTeamsGamesTournamentberbantuankuisinteraktifdigunakanuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVIII-2SMPN21Malang.Penelitianinibertujuanuntukmendekripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatifTeamsGamesTournamentberbantuankuisinteraktifyangdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVIII-2SMPN21Malang.Pendekatandigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatif.SedangkanjenispenelitiannyaadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandalamduasiklus.Tahapanpenelitiantindakankelasmeliputiperencanaanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.Datayangdikumpulkanantaralain1)datakegiatangurudansiswaselamapembelajaranmatematikamenggunakanmodelpembelajarankooperatifTeamsGamesTournamentberbantuankuisinteraktif2)datamotivasibelajarselamapembelajaranmatematikamenggunakanmodelpembelajarankooperatifTeamsGamesTournamentberbantuankuisinteraktifdan3)datahasiltesakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranmatematikadenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatifTeamsGamesTournamentberbantuankuisinteraktifdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasVIII-2SMPNegeri21Malang.Langkah-langkahpembelajaranyangdigunakandijabarkansebagaiberikut1)presentasikelasmengingatkansiswaterkaitmateriprasyaratdengantanyajawabmemberikanmotivasiberupaceritaterkaitmanfaatdarimateriyangdipelajariatauberupavideopembelajaranmenyampaikantujuanpembelajaran2)teamssiswadibentukmenjadikelompok-kelompokheterogenberdasarkankemampuanakademisjeniskelamindankondisisosialmembimbingsiswamenyelesaikankegiatanyangadapadaLKSmemintabeberapakelompokuntukmempresetasikanhasildiskusi3)gamesdantournamentsiswamengerjakansoalkuisinteraktifmembahassoalyangbelumdipahamiolehsiswa4)rekognisitimmemberikanpenghargaankepadatigakelompokyangmemperolehnilaitertinggi.BerdasarkanlembarobservasimotivasibelajarsiswapadasiklusIdidapatkanbahwa8333%siswamemperolehmotivasibelajardalamkategoriminimalBaik.Halinimenunjukanbahwamotivasibelajarsiswapadamatapelajaranmatematikatelahmemehuikriteriakeberhasilan.SedangkanhasilbelajarsiswayangditunjukandarinilaitesakhirsiklusImemilikipersentaseketuntasansiswasecaraklasikalmencapai6944%danbelummencapaikriteriakeberhasilan.PadasiklusIIpersentasesiswayangmemperolehmotivasibelajardalamkategoriminimalBaikmencapai9722%.HaltersebutmenunjukanbahwamotivasibelajarsiswatehadapmatapelajaranmatematikapadasiklusIIjugamemenuhikriteriakeberhasilan.PeningkatanhasilbelajarjugatampakpadasiklusII.HaliniberdasarkanpersentaseketuntasansiswasecaraklasikalpadasiklusIImencapai8611%dantelahmemenuhikriteriakeberhasilanpenelitian.