Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivment Divisions (STAD) pada materi lingkaran kelas VIII-G SMP Negeri 2 Malang / Trisna Wulandari
Main Author: | Wulandari, Trisna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/16002/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWulandariTrisna.2016.MeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarMatematikaSiswadenganPembelajaranKooperatifTipeStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)PadaMateriLingkaranKelasVIII-GSMPNegeri2Malang.FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SlametM.Si.KataKunciKeaktifanHasilBelajarKooperatifTipeStudentTeamsAchievementDivisions(STAD).Belajardanmengajarsebagaisuatuprosesmemilikiunsur-unsuryangsalingberkaitansatusamalainyaitutujuanpembelajaranterciptanyapengalamanbelajardanhasilbelajar.PadaobservasipenelitianpermasalahanpadakegiatanpembelajaranmatematikadikelasVIII-GSMPNegeri2Malangadalahkurangnyainteraksisiswadengangurudalamsuasanabelajarmengajarkarenagurukurangmemberikanvariasimodelpembelajaranyangmengakibatkankurangnyapemahamansiswaterhadapmateriyaitupadamaterilingkaran.BerdasarkanpermasalahanitutujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanlangkahlangkahpembelajarankooperatiftipeStudentTeamsAchievementDivisions(STAD)yangdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarmatematikasiswakelasVIII-GSMPNegeri2Malangpadamaterilingkaran.Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelasuntukmenyelesaikanpermasalahanpadakegiatanpembelajaran.ModelpembelajarankooperatifSTADakanditerapkanpadakelasVIII-GSMPNegeri2Malangyangakandilaksanakanselama2siklusdimanamasing-masingsiklusterdiridari2pertemuan.DatayangakandiambiladalahdatauntukmenilaikeaktifansiswayangdiperolehdarihasillembarobservasikeaktifansiswadengankriteriakeberhasilantindakanmencapaiBaikatauSangatBaikdandatahasilbelajarsiswayangdiperolehdarinilaikuisindividusiswa.Hasilbelajarsiswaharusmencapai2kriteriaketuntasansecaraindividudanklasikalyaitujika880575%jumlahsiswakelasVIII-Gmendapatnilai880575.PenelitiandifokuskanuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarmatematikasiswadenganmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADdenganlangkah-langkahpembelajaranyangterdiridari1)presentasikelasolehguru2)belajarkelompokatautim3)kuis4)skorkemajuanindividualdan5)rekognisitim.KeaktifandanhasilbelajarsiswakelasVIII-GsetelahditerapkanSTADmeningkatkarenapadasetiaplangkah-langkahpembelajaransiswadituntutuntukaktif.Temuanyangdidapatdaripenelitianinidiantaranya1)padapresentasikelasgurumelakukantanyajawabdengansiswasehinggasiswatermotivasiuntukikutsertadalamkegiatanbelajar2)padatahapbelajarkelompokatautimsiswamenyelesaikankegiatanpadaLembarKegiatanKelompok(LKK)padatahapinisiswadimintauntukaktifberdiskusidanmenyelesaikanpermasalahanpadaLKKsertamemastikansemuaanggotakelompokmemahamimateriyangakanmenunjanguntukpelaksanaankuiskarenaskorkemajuanindividualsetiapanggotakelompokakanmenyumbangskoruntukkelompoknya3)padatahapkuispemahamansiswaakansemuamateridievaluasi4)tahappemberianskorkemajuanindividualbertujuanuntukmemotivasisiswaagarlebihmeningkatkan