Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Malang / Sirta Auliya Parameswari

Main Author: Parameswari, Sirta Auliya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15994/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKParameswariSirtaAuliya.2016.PenerapanPembelajaranKooperatifTipeThinkPairShare(TPS)untukMeningkatkanKeterampilanPemecahanMasalahPadaMateriPersamaanLinearDuaVariabelSiswaKelasVIII-1SMPNegeri5Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingLatifahMustofaLestyantoS.SiM.Pd.KataKunciThinkPairShareKeterampilanPemecahanMasalahBerdasarkanhasilobservasidanwawancarakepadagurumatematikakelasVIII-1SMPNegeri5Malangdiperolehinformasibahwaketerampilanpemecahanmasalahsiswamasihkurangterutamapadasoal-soalaplikasipadamateritertentu.Siswamengalamikesulitanmenafsirkansoal-soalaplikasiatausoalyangmembutuhkanbeberapalangkahpengerjaan.Selainitupenelitijugamendapatinformasibahwa15siswadari32siswakelasVIII-1mendapatnilaiulangandibawahKKMpadamateripersamaangarislurus.Padahalmateritersebutmerupakanmateriprasyaratdarimateripersamaanlinearduavariabel.OlehkarenaitudiperlukansuatumodelpembelajaranuntukmeningkatkanketerampilanpemecahanmasalahsiswakelasVIII-1.ModelPembelajaranyangditerapkanadalahThinkPairShare(TPS)yangjugadisesuaikandenganKurikulum2013melaluipendekatansaintifik.Penelitianyangdilakukanmerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilaksanakanselamaduasiklus.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahmodelpembelajaranTPSuntukmeningkatkanketerampilanpemecahanmasalahsiswakelasVIII-1SMPNegeri5Malang.DatayangdikumpulkanadalahberupadatakualitatifdankuantitatifyaituhasilobservasiselamaprosespembelajaranyangberpedomanpadalembarobservasicatatanlapanganhasilskorLKSsiswasetiappertemuandanhasilskortesakhirsiklussiswa.DatahasilpenelitianmenunjukkanbahwaketerampilanpemecahanmasalahsiswakelasVIII-1meningkatsetelahmengikutipembelajarandenganpembelajaranTPS.PeningkatantersebutditunjukkandenganpeningkatanskorLKSdantesakhirpadasiklusIkesiklusII.PeningkatanjugadapatdilihatdaripersentaseketuntasanklasikalskorLKSdantesakhirsiklusIIyangdapatdilihatdaribanyaknyasiswayangtuntasadalahlebihdariatausamadengan75%.HasilskorLKSpadaakhirsiklusImenunjukkanbahwapersentaseketuntasansiswasecaraklasikaladalah589%padapertemuanpertamadan849%padapertemuankedua.HasilskorLKSpadaakhirsiklusIImenunjukkanbahwapersentaseketuntasansiswasecaraklasikaladalah100%padapertemuanpertamadankedua.KemudianhasiltespadaakhirsiklusImenunjukkanbahwapersentaseketuntasansiswasecaraklasikaladalah618%danhasiltespadaakhirsiklusIImenunjukkanbahwapersentaseketuntasansiswasecaraklasikaladalah795%.