Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 12 Malang / Yuliana Herlinawati
Main Author: | Herlinawati, Yuliana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15993/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHerlinawatiYuliana2016.PenerapanPembelajaranKooperatiftipeSTADuntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikaSiswaKelasVIIISMPN12Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalangPembimbingDr.INengahPartaS.Pd.M.Si.KataKunciPembelajarankooperatifSTADhasilbelajar.BerdasarkanhasilobservasidanwawancarapenelitikepadagurumatematikadiSMPN12Malangdiketahuibahwahasilbelajarmatematikasiswamasihrendah.Banyaksiswayangtuntaspadaulanganharianmaterifungsihanya13dari30siswaatausekitar433%.Metodepembelajaranmatematikayangdilakukanolehgurukurangbervariasi.Metodeekspositorimasihmenjadipilihanutamadalampembelajaranmatematikayangmengakibatkansiswakurangaktifdalampembelajaran.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanmetodepembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.SalahsatualternatifyangdigunakanpadapenelitianiniadalahdenganmenerapkanpembelajarankooperatiftipeSTAD.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatiftipeSTADyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasVIIISMPN12Malang.JenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasmodelKemmisMcTaggart.PenelitianinidilaksanakandikelasVIII-ASMPN12Malangyangberjumlah30siswa.Tahapandalampenelitianiniterdiridariperencanaantindakanobservasidanrefleksi.Datadiperolehdari1)observasi2)tesdan3)dokumentasi.Berdasarkanpenelitiandiperolehlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeSTADyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasVIIIdenganuraiansebagaiberikut.(1)PresentasikelasolehgurudenganmengingatkankembalimateriprasyaratmelaluitanyajawabdanLKS.(2)DiskusikelompokdilakukansiswabersamakelompokyangdibentukgurusecaraheterogenuntuksalingmembantudalammenyelesaikanmasalahmelaluiLKS.(3)Kuisindividualsiswamengerjakankuissecaraindividu.(4)Penghitunganskorpeningkatanindividualsiswasalingmenukarkandanmengoreksihasilkuis.Hasilkuisdigunakanuntukmenentukanskorpeningkatanindividualdanskorkelompok.(5)Pemberianpenghargaangurumemberikanpenghargaankepadakelompokyangmemenuhikriteriatertentu.