Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis standar komunikasi matematika untuk siswa SMP kelas VII pada materi segi empat / Puspita Ayu Damayanti

Main Author: Damayanti, Puspita Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15991/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDamayantiRezkyka.2016.PeningkatanKemampuanMembacaPermulaanmelaluiMediaAudioVisualpadaAnakKelompokBTKDharmaWanitaBulusKabupatenTulungagung.SkripsiProgramStudiS1PendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Dra.LilikBintartikM.Pd(II)Drs.HadiMustofaM.Pd.KataKuncipeningkatanmembacamediaaudiovisualHasilobservasiyangdilakukanterhadapprosespembelajarantentangkemampuanmembacapermulaanpadaanakkelompokBTKDharmaWanitaBuluskabupatenTulungagungdiketahuiterdapatbeberapapermasalahandalampelaksanaanpembelajaranyaitu(1)dari24anakterdapat19anakyangbelummampumembacadenganlancarsertamasihdibantuolehgurusedangkan5anakyangcukuplancartanpabantuanguru(2)sebagianbesaranakmasihsulitdalammembacakatadanmasihtersendat-sendat(3)volumeanakpadasaatmembacasebagianbesarmasihbisik-bisikdan(4)terdapatbeberapaanakyangtidakmaumajukedepankelasuntukmembaca.Faktorpenyebabyangmempengaruhipermasalahantersebutantaralain(1)mediayangdigunakanmasihbersifatmonoton(2)tampilanyangdigunakanuntukpengenalanhurufkurangvariatifdan(3)mediaataualatperagajumlahnyamasihterbatas.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenggunaanmediaaudiovisualdanpeningkatankemampuanmembacapermulaananakkelompokBTKDharmaWanitaBuluskabupatenTulungagungmelaluimediaaudiovisual.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.PenelitiandilaksanakandalamduasiklusyaitusiklusIdansiklusIIyangmasing-masingsiklusterdiri4tahapyaitutahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikobservasiwawancaracatatanlapangandandokumentasi.Hasilpenelitianpenggunaanmediaaudiovisualuntukmeningkatkankemampuanmembacapermulaandilaksanakanolehgurudengansangatbaik(100%)dandiikutianakdenganbaik(875%).Rata-ratakemampuanmembacapermulaandaripratindakansampaisiklusIImeningkatdarikriteriasangatkurang(535)menjadicukup(775).Demikianjugadenganketuntasananaksecaraklasikalmeningkatdarikriteriasangatkurang(21%)padapratindakanmenjadibaik(875%)diakhirtindakan.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenggunaanmediaaudiovisualdapatmeningkatkankemampuanmembacapermulaananak.melaluimediayangmenarikakanmenumbuhkanminatanakuntukmengikutipembelajaran.OlehkarenaitudisarankanbagiguruuntukmenggunakanmediaaudiovisualpadapembelajaranbahasakhususnyakemampuanmembacapermulaansupayadapatmeningkatkankemampuanmembacaanakkelompokBTKDharmaWanitaBuluskabupatenTulungagung.