Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis standar komunikasi matematika untuk siswa SMP kelas VII pada materi segi empat / Puspita Ayu Damayanti
Main Author: | Damayanti, Puspita Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15991/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDamayantiRezkyka.2016.PeningkatanKemampuanMembacaPermulaanmelaluiMediaAudioVisualpadaAnakKelompokBTKDharmaWanitaBulusKabupatenTulungagung.SkripsiProgramStudiS1PendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Dra.LilikBintartikM.Pd(II)Drs.HadiMustofaM.Pd.KataKuncipeningkatanmembacamediaaudiovisualHasilobservasiyangdilakukanterhadapprosespembelajarantentangkemampuanmembacapermulaanpadaanakkelompokBTKDharmaWanitaBuluskabupatenTulungagungdiketahuiterdapatbeberapapermasalahandalampelaksanaanpembelajaranyaitu(1)dari24anakterdapat19anakyangbelummampumembacadenganlancarsertamasihdibantuolehgurusedangkan5anakyangcukuplancartanpabantuanguru(2)sebagianbesaranakmasihsulitdalammembacakatadanmasihtersendat-sendat(3)volumeanakpadasaatmembacasebagianbesarmasihbisik-bisikdan(4)terdapatbeberapaanakyangtidakmaumajukedepankelasuntukmembaca.Faktorpenyebabyangmempengaruhipermasalahantersebutantaralain(1)mediayangdigunakanmasihbersifatmonoton(2)tampilanyangdigunakanuntukpengenalanhurufkurangvariatifdan(3)mediaataualatperagajumlahnyamasihterbatas.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenggunaanmediaaudiovisualdanpeningkatankemampuanmembacapermulaananakkelompokBTKDharmaWanitaBuluskabupatenTulungagungmelaluimediaaudiovisual.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.PenelitiandilaksanakandalamduasiklusyaitusiklusIdansiklusIIyangmasing-masingsiklusterdiri4tahapyaitutahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikobservasiwawancaracatatanlapangandandokumentasi.Hasilpenelitianpenggunaanmediaaudiovisualuntukmeningkatkankemampuanmembacapermulaandilaksanakanolehgurudengansangatbaik(100%)dandiikutianakdenganbaik(875%).Rata-ratakemampuanmembacapermulaandaripratindakansampaisiklusIImeningkatdarikriteriasangatkurang(535)menjadicukup(775).Demikianjugadenganketuntasananaksecaraklasikalmeningkatdarikriteriasangatkurang(21%)padapratindakanmenjadibaik(875%)diakhirtindakan.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenggunaanmediaaudiovisualdapatmeningkatkankemampuanmembacapermulaananak.melaluimediayangmenarikakanmenumbuhkanminatanakuntukmengikutipembelajaran.OlehkarenaitudisarankanbagiguruuntukmenggunakanmediaaudiovisualpadapembelajaranbahasakhususnyakemampuanmembacapermulaansupayadapatmeningkatkankemampuanmembacaanakkelompokBTKDharmaWanitaBuluskabupatenTulungagung.