Analisis kesalahan siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal perbandingan berdasarkan tahapan polya dan pelaksanaan scaffoldingnya / Ika Rahayu Sintiya Dewi
Main Author: | Dewi, Ika Rahayu Sintiya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15990/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDewiIkaRahayuSintiya.2016.AnalisisKesalahanSiswaSMPKelasVIIdalamMenyelesaikanSoalPerbandinganBerdasarkanTahapanPolyadanPelaksanaanScaffoldingnya.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.SantiIrawatiM.SiPh.D.KatakunciAnalisisKesalahanTahapanPolyaScaffolding.BanyaksiswaIndonesiayangmelakukankesalahandalammenyelesaikansoalpadaberbagaimaterimatematikadaritingkatsekolahdasarhinggasekolahmenengah.Salahsatukesalahanyangdilakukansiswasekolahmenengahpertamayaitukesalahanmenyelesaikansoalpadamateriperbandingan.KhususnyapadasiswakelasVIISMPNegeri2Malangyangseringmelakukankesalahansaatdihadapkandengansoalperbandingansenilaidanberbaliknilai.Olehkarenaitudiperlukananalisismengenaikesalahantersebutuntukmembantumengurangibanyaknyakesalahanyangsamaterhadapsiswa.PenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatifyangdilaksanakandiSMPNegeri2MalangkelasVIIyangbertujuanuntukmenganalisiskesalahansiswadalammenyelesaikansoalperbandingandanupayamembantunyadenganpelaksanaanscaffolding.KesalahantersebutdianalisisdenganmenggunakanteknikyangdikenalkanolehGeorgePolyayangmempunyai4tahapandiantaranya1.)memahamimasalah(understandingtheproblem)2.)memilihrencanapenyelesaian(devisingaplan)3.)menerapkanrencanayangdipilih(carryingouttheplan)4.)memeriksakembali(lookingback).DanscaffoldingyangdigunakanmengacupadatigatingkatanscaffoldingyangdikemukakanAnghileri.Subjekpenelitianyaitusebanyak6siswadari29siswakelasVII-C.Soaltesyangditerapkanyaitu3soalperbandingansenilaidan3soalperbandinganberbaliknilai.Hasilpenelitianmenyimpulkanbahwabentuk-bentukkesalahandanpelaksanaanscaffoldingnyapadamasing-masingtahapanPolyaadalah(1)Padatahapanmemahamimasalah(understandingtheproblem)siswatidakdapatmenunjukkaninformasidalamsoalsecaralengkap.PelaksanaanScaffoldingnyayaituexplainingreviewingdanrestructuring.(2)Padatahapanmemilihrencanapenyelesaian(devisingaplan)rencanayangdipilihtidaksesuaidenganinformasiyangadadalamsoalrencanayangdisebutkankurangspesifiksalahdalammemilihmetodeyangakandigunakan.PelaksanaanScaffoldingnyayaitureviewingdanrestructuring.(3)Padatahapanmenerapkanrencanayangdipilih(carryingouttheplan)salahdalamproseduryangdigunakanmengabaikandatayangseharusnyadigunakandalamsoalsalahdalamperhitungansalahdalampenerapanmetodeperbandinganberbaliknilaisalahdalammenentukandatapendukungyangtidakdiketahuidalamsoalmenggunakandatayangtidakberhubungandengansoalyangdimaksud.PelaksanaanScaffoldingnyayaitudiskusitentangjawabanyangtelahdibuatolehsiswadenganbeberapapertanyaanarahansehinggasiswadapatmemperbaikibagianjawabannyayangsalah.(4)Padatahapanmemeriksakembali(lookingback)tidakdapatmenyatakankesimpulansalahdalammenyatakankesimpulanjawabanakhirsalahtidaksesuaidenganjawabannyapadatahapke-2danjawabanpadatahapke-2tersebut