Penerapan strategi think-talk-write untuk meningkatkan keterampilan komunikasi matematis tulis siswa SMP BSS / Dwi Handayani Setyarini
Main Author: | Setyarini, Dwi Handayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15988/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSetyariniDwiHandayani.2016.PenerapanStrategiThink-Talk-WriteuntukMeningkatkanKeterampilanKomunikasiMatematisTulisSiswaSMPBSS.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.RustantoRahardiM.SiKataKunciThink-Talk-WritekomunikasimatematistulisKomunikasimerupakansalahsatuketerampilanpentinguntukmencapaikesuksesankerjadiabad21.Individuyangterampildalamberkomunikasisangatdiperhitungkandalamberbagaiprofesi.Keterampilankomunikasiyangbaikdidapatkanmelaluiprosespanjangolehsebabituperludilatihkansejakanakusiasekolah.MatematikasebagaisalahsatumatapelajaranwajibdisekolahturutmemegangperandalammelatihketerampilankomunikasisebagaimanatermuatdalamPermendikbud.MenurutNCTMaspekkomunikasijugasamapentingnyadenganaspekmatematikalainyangperludikembangkandisekolah.Berdasarkanhasilobservasisiswapandaimasihmendominasijalannyadiskusikelompok.Selainituberdasarkantesterhadap21siswahanya7yangmengkomunikasikanjawabannyadenganbaik.Dariuraiantersebutperluditerapkanstrategiyangmelatihkomunikasimatematistulissiswa.SalahsatunyaadalahstrategiTTWyaknithink(berpikir)talk(berbicara)danwrite(menulis).PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanstrategiTTWyangdapatmeningkatkanketerampilankomunikasimatematistulissiswakelas7BSMPBSSMalangsebanyak21orang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasdandatayangdiambilberupahasilobservasiaktivitasguruhasilobservasiaktivitassiswadanhasilkuissiswa.Kuisdianalisissecarakuantitatifdenganmenghitungnilaiperolehanseluruhsiswaberdasarkanpedomanpenskorandansecarakualitatifdenganmengambil3dari21siswayangmewakilikemampuanrendahsedangdantinggiuntukdideskripsikanketerampilankomunikasimatematisnyadanlevelnya.StrategiTTWyangdapatmeningkatkanketerampilankomunikasimatematistulismeliputi(1)pendahuluandenganapersepsidanmotivasikemudiandilanjutkandenganpembagianLKSdanlembarthinkuntuksetiapsiswa(2)tahapintiyaituberpikirdiskusidanmenulisjawaban(3)tahappembahasanataupresentasijawaban(4)refleksiterhadappembelajaranbaikmengenaimaterimaupunprosespembelajaranyangtelahdilalui.HasiltindakanpadasiklusIaktivitasgurumencapaikategorisangatbaikaktivitassiswamencapaikategoribaikdan24%siswamencapainilaiminimalyaitu70.Tigasiswayangdideskripsikanhasilkuisnyabelumadayangmampumenyelesaikansoalanalisisdenganlevelpalingrendah1danpalingtinggi6.HasilpenelitianpadasiklusIbelummemenuhikriteriakeberhasilansehinggaperludiadakansiklusII.HasilpenelitiantindakankelaspadasiklusIImeningkatdarisiklusI.Hasilobservasiterhadapaktivitasgurudansiswatermasukkategorisangatbaik.80%siswamendapatnilaidiataskriteriaminimum.Sedangkanhasildeskripsikomunikasimatematistulisketigasiswamampumengerjakansoalanalisisdenganlevelterendah5danleveltertinggi6.KetigasiswameningkatlevelketerampilankomunikasimatematistulisnyadisiklusIIini.SaranbagipenelitiberikutnyaadalahagarmenyusunsetiapsoalkuisyangdapatmemuatseluruhaspekkomunikasimatematistulismemasukkankonsepkesejajarandalamanalisisjawabansiswajikamenggunakantopikpersegipanjangdanpenerapanstrategiTTWpadamaterilain.8195