Pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 12 Malang pada materi sistem persamaan linear dua variabel / Nelse Yonita Kurniawati

Main Author: Kurniawati, Nelse Yonita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15987/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKurniawatiNelseYonita.2016.PembelajaranKooperatifTipeSTADuntukMeningkatkanPemahamanKonsepSiswaKelasVIIISMPN12MalangpadaMateriSistemPersamaanLinearDuaVariabel.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SukoriyantoM.SiKataKunciPemahamanKonsepPembelajaranKooperatifTipeSTADTujuandaripenelitianiniadalahmenghasilkanrancanganlangkah-langkahpembelajarandanpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADpadamateriSistemPersamaanLinearDuaVariabel.Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankualitatifkarenabersifatdeskriptifdancenderungmenggunakananalisisdenganpendekataninduktif.Sedangkanjenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangdilakukandalambentuksiklusdengansetiapsiklusnyaterdiridariempattahapanyaitutahapperencanaantahaptindakantahapobservasidantahaprefleksi.PenelitiandilaksanakandiSMPN12MalangdengansubyekpenelitianyaitusiswakelasVIIIGsebanyak30siswa.Berdasarkanpenelitianyangtelahdilakukandiperolehhasilpenelitiansebagaiberikut(1)hasilobservasiaktivitasgurudanaktivitassiswadalammenerapkanmodelpembelajaranSTADpadasiklusIdansiklusIImemenuhiindikatorkeberhasilanyaitudengankategoriminimalbaik.(2)PemahamankonsepsiswameningkatyangdapatdilihatdarihasilbelajarsiswasecaraklasikalpadatindakansiklusIadalah6333%danpadatindakansiklusIIadalah8333%sehinggahasilbelajarsiswameningkatyaitudarikurangmenjadibaikdanmemenuhistandarketuntasanminimalyaitu75.Langkah-langkahpembelajaranmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADyangdapatmeningkatkanpemahamankonsepsiswameliputi(1)kegiatanpendahuluanmencakup1tahapandalammetodeSTADyaitutahappresentasikelas.Sebelumnyagurumenyampaikanmodelpembelajaranyangdigunakanpadapertemuantersebuturutankegiatansertapenilaiandantujuanpembelajarankemudiangurumengingatkankembalitentangmateriprasyaratdanmemberikanmotivasidenganmemberikancontohdalamkehidupansehari-hari.(2)kegiatanintimencakup1tahapandalammetodeSTADyaitutahapbelajarkelompokuntukmenyelesaikanmasalahpadaLKSyangtelahdiberikanguru.(3)kegiatanpenutupmencakup3tahapandalammetodeSTADyaitutahappelaksanaankuissecaraindividutahappenghargaankelompokyangdiberikankepadakelompoksuperhebatkelompokhebatdankelompokbaikdandilanjutkanpadatahaprefleksidenganmengisiangketrefleksi.