Pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 12 Malang pada materi sistem persamaan linear dua variabel / Nelse Yonita Kurniawati
Main Author: | Kurniawati, Nelse Yonita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15987/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKurniawatiNelseYonita.2016.PembelajaranKooperatifTipeSTADuntukMeningkatkanPemahamanKonsepSiswaKelasVIIISMPN12MalangpadaMateriSistemPersamaanLinearDuaVariabel.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SukoriyantoM.SiKataKunciPemahamanKonsepPembelajaranKooperatifTipeSTADTujuandaripenelitianiniadalahmenghasilkanrancanganlangkah-langkahpembelajarandanpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADpadamateriSistemPersamaanLinearDuaVariabel.Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankualitatifkarenabersifatdeskriptifdancenderungmenggunakananalisisdenganpendekataninduktif.Sedangkanjenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangdilakukandalambentuksiklusdengansetiapsiklusnyaterdiridariempattahapanyaitutahapperencanaantahaptindakantahapobservasidantahaprefleksi.PenelitiandilaksanakandiSMPN12MalangdengansubyekpenelitianyaitusiswakelasVIIIGsebanyak30siswa.Berdasarkanpenelitianyangtelahdilakukandiperolehhasilpenelitiansebagaiberikut(1)hasilobservasiaktivitasgurudanaktivitassiswadalammenerapkanmodelpembelajaranSTADpadasiklusIdansiklusIImemenuhiindikatorkeberhasilanyaitudengankategoriminimalbaik.(2)PemahamankonsepsiswameningkatyangdapatdilihatdarihasilbelajarsiswasecaraklasikalpadatindakansiklusIadalah6333%danpadatindakansiklusIIadalah8333%sehinggahasilbelajarsiswameningkatyaitudarikurangmenjadibaikdanmemenuhistandarketuntasanminimalyaitu75.Langkah-langkahpembelajaranmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeSTADyangdapatmeningkatkanpemahamankonsepsiswameliputi(1)kegiatanpendahuluanmencakup1tahapandalammetodeSTADyaitutahappresentasikelas.Sebelumnyagurumenyampaikanmodelpembelajaranyangdigunakanpadapertemuantersebuturutankegiatansertapenilaiandantujuanpembelajarankemudiangurumengingatkankembalitentangmateriprasyaratdanmemberikanmotivasidenganmemberikancontohdalamkehidupansehari-hari.(2)kegiatanintimencakup1tahapandalammetodeSTADyaitutahapbelajarkelompokuntukmenyelesaikanmasalahpadaLKSyangtelahdiberikanguru.(3)kegiatanpenutupmencakup3tahapandalammetodeSTADyaitutahappelaksanaankuissecaraindividutahappenghargaankelompokyangdiberikankepadakelompoksuperhebatkelompokhebatdankelompokbaikdandilanjutkanpadatahaprefleksidenganmengisiangketrefleksi.