Penerapan pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas VII-G SMP Negeri 9 Malang / Putu Evi Paramithasari Wardana

Main Author: Wardana, Putu Evi Paramithasari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15984/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWardanaPutuEviParamithasari.2016.PenerapanPembelajaranProblemPosinguntukMeningkatkanKemampuanBertanyaSiswaKelasVII-GSMPNegeri9Malang.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.TjangDanielChandraM.SiPh.D.Katakunciproblemposingkemampuanbertanya.BerdasarkanobservasidanhasilwawancarayangdilakukandenganIbuDLyaitugurumatapelajaranmatematikakelasVII-GdiSMPNegeri9MalangdiperolehinformasibahwasiswadikelasVII-Gsangatpasifdalambertanyamerekacenderunghanyamenjawabpertanyaan-pertanyaanyangdiajukanguru.Namunketikagurumemintasiswauntukbertanyahampirsemuasiswadiam.Jikasiswatidakmampuuntukmengajukanpertanyaanmakasiswatidakdapatmengkonfirmasihal-halyangingindiketahuikurangnyapartisipasisiswadalampembelajarandangurutidakdapatmengetahuipemahamansiswatentanghalyangsudahdipahamidanhalyangbelumdipahami.Berdasarkanmasalah-masalahyangdipaparkandiperlukansuatupembelajaranyangdapatmemfasilitasisiswauntukmengajukanpertanyaansesuaidengantingkatankognitifnya.Sehinggapembelajaranyangditerapkanpadapenelitianiniadalahproblemposing.Penelitianinidimaksudkanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajaranproblemposingyangdapatmeningkatkankemampuanbertanyasiswakelasVII-GSMPNegeri9Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengandatayangdikumpulkanmeliputi1)dataaktivitasgurudansiswaselamapembelajaranproblemposingyangberpedomanpadalembarobservasiaktivitasgurudansiswa2)datacatatanlapangan3)datahasilkemampuanbertanyasiswa.Berdasarkandatadarihasilteskemampuanbertanyasiswayangdihitungsecaraklasikalmenunjukkanbahwapersentaseskorkualitaspertanyaanyaitu675%padasiklusIdan783%padasiklusII.Persentaseskorrelevansidenganmateriyaitu917%padasiklusIdan957%padasiklusII.Persentaseskorbahasayaitu683%padasiklusIdan794padasiklusII.PadaindikatorrelevansipertanyaandisiklusIterdapat23siswayangtergolongdalamkategorirendahkemudianpadasiklusIIsemuasiswatergolongdalamkategoriminimalsedangpadaindikatorbahasadisiklusIterdapat17siswayangtergolongkategorirendahkemudianpadasiklusIIsemuasiswatergolongdalamkategoriminimalsedang.PenelitianinimenunjukkanbahwapembelajaranproblemposingdapatmeningkatkankemampuanbertanyasiswakelasVII-GSMPNegeri9Malangdengantahapanyaitu1)tahapapersepsidanmotivasi2)tahappenyampaiantujuanpembelajaran3)tahapmemahamimateri4)tahappresentasihasildiskusikelompok5)tahappengajuansoal6)tahappenyelesaiansoal7)tahaprefleksi.