Penerapan pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas VII-G SMP Negeri 9 Malang / Putu Evi Paramithasari Wardana
Main Author: | Wardana, Putu Evi Paramithasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15984/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWardanaPutuEviParamithasari.2016.PenerapanPembelajaranProblemPosinguntukMeningkatkanKemampuanBertanyaSiswaKelasVII-GSMPNegeri9Malang.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.TjangDanielChandraM.SiPh.D.Katakunciproblemposingkemampuanbertanya.BerdasarkanobservasidanhasilwawancarayangdilakukandenganIbuDLyaitugurumatapelajaranmatematikakelasVII-GdiSMPNegeri9MalangdiperolehinformasibahwasiswadikelasVII-Gsangatpasifdalambertanyamerekacenderunghanyamenjawabpertanyaan-pertanyaanyangdiajukanguru.Namunketikagurumemintasiswauntukbertanyahampirsemuasiswadiam.Jikasiswatidakmampuuntukmengajukanpertanyaanmakasiswatidakdapatmengkonfirmasihal-halyangingindiketahuikurangnyapartisipasisiswadalampembelajarandangurutidakdapatmengetahuipemahamansiswatentanghalyangsudahdipahamidanhalyangbelumdipahami.Berdasarkanmasalah-masalahyangdipaparkandiperlukansuatupembelajaranyangdapatmemfasilitasisiswauntukmengajukanpertanyaansesuaidengantingkatankognitifnya.Sehinggapembelajaranyangditerapkanpadapenelitianiniadalahproblemposing.Penelitianinidimaksudkanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajaranproblemposingyangdapatmeningkatkankemampuanbertanyasiswakelasVII-GSMPNegeri9Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengandatayangdikumpulkanmeliputi1)dataaktivitasgurudansiswaselamapembelajaranproblemposingyangberpedomanpadalembarobservasiaktivitasgurudansiswa2)datacatatanlapangan3)datahasilkemampuanbertanyasiswa.Berdasarkandatadarihasilteskemampuanbertanyasiswayangdihitungsecaraklasikalmenunjukkanbahwapersentaseskorkualitaspertanyaanyaitu675%padasiklusIdan783%padasiklusII.Persentaseskorrelevansidenganmateriyaitu917%padasiklusIdan957%padasiklusII.Persentaseskorbahasayaitu683%padasiklusIdan794padasiklusII.PadaindikatorrelevansipertanyaandisiklusIterdapat23siswayangtergolongdalamkategorirendahkemudianpadasiklusIIsemuasiswatergolongdalamkategoriminimalsedangpadaindikatorbahasadisiklusIterdapat17siswayangtergolongkategorirendahkemudianpadasiklusIIsemuasiswatergolongdalamkategoriminimalsedang.PenelitianinimenunjukkanbahwapembelajaranproblemposingdapatmeningkatkankemampuanbertanyasiswakelasVII-GSMPNegeri9Malangdengantahapanyaitu1)tahapapersepsidanmotivasi2)tahappenyampaiantujuanpembelajaran3)tahapmemahamimateri4)tahappresentasihasildiskusikelompok5)tahappengajuansoal6)tahappenyelesaiansoal7)tahaprefleksi.