Analisis keasalahan siswa dan pemberian scaffolding dalam mengerjakan soal essay teorema pythagoras berdasarkan tahapan Newman / Dwi Rohmatus Sholikah

Main Author: Sholikah, Dwi Rohmatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/15981/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSholikahDwiRohmatus.AnalisisKesalahanSiswadanPemberianScaffoldingdalamMengerjakanSoalEssayTeoremaPythagorasBerdasarkanTahapanNewman.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPen-getahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.MakbulMuksarS.PdM.Si.KataKuncianalisiskesalahanscaffoldingsoalessayteoremaPythagorastaha-panNemwan.Berdasarkanhasilujiannasionaltahun2015terdapat970.073siswagagalmendapatpredikatluluskarenamemperolehnilaiMatematikakurangdari40.Haliniberartitidaksedikitsiswamelakukankesalahandalammenjawabsoal.BerdasarkanhasilobservasidiSMPNegeri20MalangdiketahuibahwaadasiswayangmelakukankesalahandalammengerjakansoalteoremaPythagoras.PadakenyataanyateoremaPythagorasmerupakanmateriprasyaratyangsangatpentinguntukdikuasai.OlehkarenaituanalisiskesalahandalammengerjakansoalteoremaPythagorasperludilakukan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif.Tujuanpenelitianiniadalah1)mendeskripsikankesalahanyangdilakukansiswadalammengerjakansoalessayteoremaPythagorasberdasarkantahapanNewman2)mendeskripsikanscaffoldingyangdiberikankepadasiswapadasaatsiswamela-kukankesalahanmengerjakansoalessayteoremaPythagoras.Subjekpenelitianadalah3siswayangmelakukankesalahanterbanyakdalammengerjakansoales-sayteoremaPythagoras.Datapenelitianmerupakankesalahan-kesalahanyangdilakukansiswabesertascaffoldingyangdiberikanketikasiswamelakukankesa-lahan.Datatersebutdiperolehmelaluihasilanalisisjawabantertulisdanwawan-carasiswa.Berdasarkanhasilanalisisdataterhadapjawabantertulisdanhasilwawanca-ra3siswayangmelakukankesalahanterbanyakdiperolehkesimpulanbahwake-salahanyangdilakukansiswaberdasarkananalisiskesalahanNewmanmeliputikesalahanmembaca(readingerror)kesalahanmemahami(comprehensionerror)kesalahantransformasi(transformationerror)kesalahanketerampilanproses(processskillerror)dankesalahanmenulisjawabanakhir(encodingerror).Scaffoldingyangdiberikanpenelitiketikasiswamelakukankesalahanmeliputiexplainingreviewingdanrestructuring.Tesessaykeduadiberikankepadasubjekpenelitiansetelahpemberianscaf-folding.Siswatidakmelakukankesalahanmembacapadatesessaykedua.Selainituskoryangdiperolehsiswapadatesessaykedualebihbaikdaripadaskortesessayyangpertama.JadipemberianscaffoldingdapatmeningkatkanpemahamansiswaterhadapmateriteoremaPythagoras.8195