Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi aljabar berdasarkan rahapan Newman pada siswa SMP Negeri 9 Malang kelas VIII / Dewi Sih Wilujeng

Main Author: Wilujeng, Dewi Sih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15980/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWilujengDewiSih.2016.AnalisisKesulitanSiswadalamMenyelesaikanSoalMateriAljabarBerdasarkanTahapanNewmanpadaSiswaSMPNegeri9MalangKelasVIII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SubanjiM.SiKataKuncikesulitanaljabartahapanNewmanAljabarmerupakansalahsatumateridarimatapelajaranmatematikayangdiberikanpadajenjangSMP.Dalampraktiknyamaterialjabartidaklahmudahbagisiswa(Bush2011Egodawatte2011Limardani2015Moss2014).SepertipadahasilobservasiyangdilakukandiSMPN9MalangketikapelaksanaanKPL(KajiandanPraktikLapangan)ditemukanbahwasiswamengalamikesulitandalammengerjakansoalmaterialjabar.Haliniterlihatdarimayoritassiswamelakukankesalahandalammenyelesaikansoalmaterialjabar.Limardani(2015)menyatakanbahwakesalahan-kesalahanyangdibuatsiswamengindikasikanadanyakesulitan.DenganmengetahuidanmenganalisiskesulitansiswapadajenjangSMPdiharapkangurudapatmengantisipasikesulitanyangakanmunculdalambelajarmateriselanjutnyayangmenggunakanaljabar.AnalisisyangdigunakanadalahanalisiskesalahanNewman(tahapanNewman)yangdiawalidaritahapanreadingdiikuticomprehensiontransformationprocessskilldanencoding.Makadibuatlahpenelitianyangbertujuanuntukmendeskripsikanjenisdanfaktorpenyebabkesulitansiswadalammenyelesaikansoalaljabar.PenelitiandiawalidenganpemberiansoaltesaljabarkepadasiswakelasVIII-B.Soaltestersebutterdiridari3butirsoal.Jawabansiswadianalisisjawabansiswayangbenarsemuatidakdipilihsebagaisubjek.Siswadenganjawabansalahakandipertimbangkansebagaisubjek.Selanjutnyasiswaakandipilihberdasarkankemampuannyadalamberkomunikasiataumengungkapkanpendapatnya.Dari31siswatersebutterpilih5subjekuntukdiwawancarailebihmendalamuntukmenggalikesulitansiswa.PedomanwawancarayangdigunakansesuaipadatahapanNewman.Darihasilpenelitianditemukankesulitan-kesulitansiswadalammenyelesaikansoalmaterialjabarberdasarkantahapanNewmanyangdapatdikategorikanmenjaditigabagianyaitu(1)reading(2)comprehensiondan(3)transformation.Padatahapreadingkesulitansiswameliputi(a)kesulitanmemahamibahasadikarenakankurangnyapengetahuandankemampuansiswadalamberbahasayangbaik(b)kesulitanmemahamisimbolmatematikadisebabkanolehkurangnyapengetahuansiswaterkaitsimbol-simbolmatematika(c)kesulitanmemahamiistilahmatematikayaitukhususnyasederhanakandikarenakansiswatidakmenguasaikonsepmenyederhanakanpecahanbiasamaupunpecahanaljabardan(d)kesulitanmemahamipecahanbentukaljabaryangdigunakanpadasoaldisebabkansiswatidakmenguasaimateripecahanbentukaljabar.Padatahapcomprehensionkesulitanyangdialamisiswameliputi(a)kesulitanmemahamimaksudsoaldikarenakankurangnyakemampuanbernalarsiswadanmembayangkankonteksyangadapadasoal(b)kesulitandalammenyatakanfaktapadasoalkedalambentukmodelmatematikadisebabkankurangnyakemampuansiswadalammenerjemahkansoalkedalamkalimat