Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantu monopoli matematika untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa SMP Negeri 12 Malang / Diana Pratiwi
Main Author: | Pratiwi, Diana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15978/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPratiwiDiana.2016.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeTeamsGamesTournamentberbantuMonopoliMatematikauntukMeningkatkanMotivasiBelajarMatematikaSiswaSmpNegeri12Malang.Skripsi.JurusanMatematikaFakultasMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.EtyTejoDwiC.M.Pd.KataKuncipembelajarankooperatifTGTmotivasibelajarmatematika.HasilobservasidikelasVIIIBSMPNegeri12Malangmenunjukkanbahwamotivasibelajarmatematikasiswamasihrendah.Halinidikarenakansiswajenuhdenganpembelajaranmatematikadikelasdankurangtertarikpadamodelpembelajaranyangditerapkanolehguru.SehubungandenganhaltersebutmakadipilihmodelpembelajaranyangsesuaidikelasVIIIBSMPNegeri12MalangyaitumodelpembelajarankooperatiftipeTGTberbantumediamonopolimatematika.Tujuandaridilaksanakannyapenelitianiniyaituuntukmeningkatkanmotivasibelajarmatematikasiswa.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)yangterdiridariduasiklusdenganmenggunakanpendekatankualitatif.SubjekdaripenelitianiniadalahsiswakelasVIIIBSMPNegeri12MalangKotaMalang.TahapanpentingpadaPTKiniadalah(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(4)refleksi.AdapunperangkatpembelajarandalampenelitianiniyaituRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKerjaKelompok(LKK).SedangkaninstrumenpenelitianiniyakniLembarObservasiCatatanLapangandanLembarAngketMotivasiBelajarSiswa.SebelumdilaksanakanpenelitiansiklusImotivasibelajarmatematikasiswayaitusebesarkurangdari50%siswamemilikimotivasibelajarmatematikayangberadapadatingkatanBaik.KemudiansetelahditerapkanpenelitianpadasiklusIdenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeTGTberbantumonopolimatematikadiperolehhasilbahwasiswadikelasyangmemilikimotivasibelajarmatematikayangberadapadatingkatCukupadalah20%Baikadalah667%danBaikSekaliadalah133%.Sedangkanpeningkatanmotivasirata-ratakelasmencapai733%.SelanjutnyapadasiklusIIdiperolehhasilbahwasiswadikelasyangmemilikimotivasibelajarmatematikayangberadapadatingkatBaikadalah66.7%danBaikSekaliadalah33.3%.Sedangkanpeningkatanmotivasirata-ratakelasdarisiklusIkesiklusIIyaitu93.3%.BerdasarkandatatersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)berbantumonopolimatematikadapatmeningkatkanmotivasibelajarmatematikasiswaSMPNegeri12Malang.