Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-G SMP Negeri 13 Malang / Adila Sugiharti

Main Author: Sugiharti, Adila
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15976/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSugihartiAdila.2016.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeTeamsGamesTournament(TGT)UntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikaSiswaKelasVIII-GSMPNegeri13Malang.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SudirmanM.SiKataKuncipembelajarankooperatifteamsgamestournamenthasilbelajarBerdasarkanhasilObservasiyangtelahdilakukanpenelitidikelasVIII-GSMPNegeri13Malangmenunjukkanbahwahasilbelajarmatematikasiswamasihtergolongrendah.Haliniditunjukkandengandatanilaiulanganhariandibeberapamaterimatematikasemester1denganbanyaksiswayangtuntashanyasekitar27%darikeseluruhansiswa.OlehkarenaitudiperlukansuatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswayaitumodelpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)yangdisesuaikandengankurikulum2013.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasyangdilakukanselama2siklusmelaluipendekatankualitatifdankuantitatif.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanlangkah-langkahmodelpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)yangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasVIII-GSMPNegeri13Malang.Berdasarkanpenelitiantersebutdidapatkanlangkah-langkahmodelpembelajarankooperatiftipeTGTyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasVIII-Gdenganuraiansebagaiberikut.(1)presentasikelasolehgurumelaluitanyajawabuntukmenemukankonsep(2)teamsdenganmenggunakanmediamanipulatifuntukmengembangkankonsepyangsudahdidapat(3)gamestournament(4)penghargaankelompok.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapersentasebanyaksiswayangtuntaspadatesakhirsiklusmengalamipeningkatanyaknidarisebelumpenelitiantindakansebesar27%meningkatmenjadi424%padaakhirsiklusIdanmeningkatlagimenjadi879%padaakhirsiklusII.Peningkataninijugadidukungolehnilaisikapseluruhsiswamenunjukkankategoriminimalbaikdantarafketerlaksanaanprosespembelajaranyangdilihatdarihasilobservasiaktivitasgurudansiswaselamapembelajaranjugamenunjukkankategoriminimalbaik.