Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-G SMP Negeri 13 Malang / Adila Sugiharti
Main Author: | Sugiharti, Adila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15976/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSugihartiAdila.2016.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeTeamsGamesTournament(TGT)UntukMeningkatkanHasilBelajarMatematikaSiswaKelasVIII-GSMPNegeri13Malang.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SudirmanM.SiKataKuncipembelajarankooperatifteamsgamestournamenthasilbelajarBerdasarkanhasilObservasiyangtelahdilakukanpenelitidikelasVIII-GSMPNegeri13Malangmenunjukkanbahwahasilbelajarmatematikasiswamasihtergolongrendah.Haliniditunjukkandengandatanilaiulanganhariandibeberapamaterimatematikasemester1denganbanyaksiswayangtuntashanyasekitar27%darikeseluruhansiswa.OlehkarenaitudiperlukansuatumodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswayaitumodelpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)yangdisesuaikandengankurikulum2013.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasyangdilakukanselama2siklusmelaluipendekatankualitatifdankuantitatif.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanlangkah-langkahmodelpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)yangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasVIII-GSMPNegeri13Malang.Berdasarkanpenelitiantersebutdidapatkanlangkah-langkahmodelpembelajarankooperatiftipeTGTyangdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelasVIII-Gdenganuraiansebagaiberikut.(1)presentasikelasolehgurumelaluitanyajawabuntukmenemukankonsep(2)teamsdenganmenggunakanmediamanipulatifuntukmengembangkankonsepyangsudahdidapat(3)gamestournament(4)penghargaankelompok.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapersentasebanyaksiswayangtuntaspadatesakhirsiklusmengalamipeningkatanyaknidarisebelumpenelitiantindakansebesar27%meningkatmenjadi424%padaakhirsiklusIdanmeningkatlagimenjadi879%padaakhirsiklusII.Peningkataninijugadidukungolehnilaisikapseluruhsiswamenunjukkankategoriminimalbaikdantarafketerlaksanaanprosespembelajaranyangdilihatdarihasilobservasiaktivitasgurudansiswaselamapembelajaranjugamenunjukkankategoriminimalbaik.