Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita matematika dengan tahapan Newman dan scaffoldingnya pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Malang / Wasilatun Nafiah
Main Author: | Nafiah, Wasilatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15974/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNafiahWasilatun.2016.AnalisisKesalahanSiswaMenyelesaikanSoalCeritaMatematikadenganTahapanNewmandanScaffoldingnyapadaSiswaKelasVIISMPNegeri11Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.rer.nat.IMadeSulandraM.Si.KataKuncianalisiskesalahantahapanNewmansoalceritascaffolding.Soalceritamerupakansalahsatubentuksoalmatematikayangcukupsulitbagisiswa.Dalammenyelesaikanbentuksoaltersebutsiswamasihbanyakmelakukankesalahan.OlehkarenaitupenelitianinimenggunakananalisiskesalahandengantahapanNewmanyangmerupakansalahsatumetodeuntukmenganalisiskesalahansiswayangterdiriatas5tahapanyaitumembaca(reading)memahami(comprehension)transformasi(transformation)keterampilanproses(processskill)danpenulisanjawabanakhir(encoding).Untukmembantusiswadiberikanpulascaffoldingsesuaikesalahannya.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanjeniskesalahansiswadalammenyelesaikansoalceritayangteridentifikasiberdasarkantahapanNewmandanscaffoldingyangdiberikan.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanjenispenelitiandeskriptif.Datatertulispenelitianberupa33lembarjawabansiswakelasVII-Edalammenyelesaikansoaltestipe1dandataverbalberupahasilwawancarasertapemberianscaffoldingkepadaempatsubyekyangdipilihberdasarkankriteriayangditentukan.Pengumpulandatadilakukandengantekniktesdanwawancaramenggunakaninstrumenpenelitisendirisoaltespedomanwawancaradanpedomanpemberianscaffolding.Prosestriangulasidatadilakukandenganmembandingkanhasiltesdenganhasilwawancara.Berdasarkananalisisdatadiperolehsimpulansebagaiberikutjeniskesalahansiswadalam(1)membacasoalkesalahanmengartikanistilahataukata.(2)memahamimasalah(a)tidakmenuliskansecaralengkapdantepatinformasiyangdiketahuidanditanyakan(b)tidakdapatmenggambarkanilustrasisoalcerita.(3)transformasisoal(a)tidakmemberikanketeranganpadaprosespenyelesaian(b)tidaktepatdalammemilihsebagianataukeseluruhanoperasipenyelesaian.(4)keterampilanproses(a)kesalahanperhitungan(b)tidakmelanjutkanperhitungansampaiselesai(c)berlebihandalammenggunakanoperasipenyelesaian.(5)penulisanjawabanakhirtidakmenuliskanjawabanakhirdenganlengkapdansesuaidenganpertanyaansoal.Sedangkanbentukscaffoldingyangdiberikansesuaikesalahantersebutyaitu(1)explainingberupapenjelasansecaralangsungkepadasiswa.(2)reviewingpembacaankembalisoaldenganmemberikanpenekanansuarapadakata-katapentingpengajuanpertanyaan-pertanyaandanpemberiantugas-tugas.(3)restucturingpemberianmasalahlainyanglebihsederhana.(4)developingconceptualthingkingpemberianpemisalanyangberbedadengansoalyangsedangdikerjakan.