Penerapan pembelajaran problem posing dengan Multiple Solution Task (MST) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII-G SMPN 8 Malang / Meli Nurmawati
Main Author: | Nurmawati, Meli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15973/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNurmawatiMeli.2016.PenerapanPembelajaranProblemPosingdenganMultipleSolutionTask(MST)yangDapatMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifMatematisSiswakelasVII-GSMPN8Malang.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.EddyBudionoM.Pd.KataKunciProblemPosingMultipleSolutionTask(MST)KemampuanBerpikirKreatif.Dalampembelajaranmatematikakemampuanberpikirkreatifsangatdiperlukanolehsiswabaikdalampengajuanmasalahmaupunpemecahanmasalah(problemsolving).Dalamproblemsolvingtidaktersediajawabansederhanayangdigunakanuntukmenentukansolusi.PenelitianpendahuluanyangdilakukandiSMPN8Malangditemukanhanyaterdapat2667%siswayangtergolongmemilikikemampuanberpikiryangkreatifberdasarkankriteriadariGuilford.Persentasesiswadengankemampuankreatiftersebutmasihtergolongrendah.Salahsatupenyebabnyaadalahjenistugasdalampembelajaranseringkalibersifattertutup.Padapenelitianinimateriyangdigunakanuntukmengetahuipeningkatanberpikirkreatifsiswayaitumaterisegiempat.ModelpembelajaranProblemPosingdenganMultipleSolutionTask(MST)digunakansebagaisalahsatualternatifyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVII-GdiSMPN8Malang.Rancanganpembelajarandisusunsecarakolaboratifantarapenelitidengangurukelas.Datayangterdiridarihasiltesawaldeskripsitindakangurudansiswaselamapenerapanmodelsertahasiltesakhirdikumpulkandandianalisis.Tindakanpembelajarandifokuskanpadapengembangankemampuanberpikirkreatifsiswa.Analisistindakanpembelajaranmeliputilangkah-langkahpembelajarandalammodelyaitupendahuluanpemahamanmaterimengoreksidanpresentasihasildiskusipengajuanmasalahdanpenutup.MultipleSolutionTask(MST)merupakanstrategikhususyangdisubtitusikandalammodelpembelajaranproblemposing.Strategiinidiberlakukanpadalangkahpembelajaranpemahamanmateridanpengajuanmasalah.Disisilainpeningkatankemampuanberpikirkreatifsebagaidampaktindakanmodelpembelajaranakandianalisisberdasarkankemampuanberpikirlancar(fluency)kemampuanberpikirfleksibel(flexibility)dankemampuanberpikirorisinal(originality).HasilpenelitianmenunjukkanpenerapantindakanpembelajaranProblemPosingdenganMultipleSolutionTask(MST)yangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVII-GdiSMPN8Malangadalahsebagaiberikut.Pendahuluanmengajukanpertanyaanyangmendorongsiswamengenalimasalahdenganbanyaksolusi.Pemahamanmaterigurumemfasilitasisiswasecarakelompokuntukmemahamikelilingdanluasbangundatardenganmemberikanmasalahyangmemilikilebihdarisatucarapenyelesaian.Presentasidilakukansecaraklasikalyangmemberipadasemuasiswakesempatanuntukmemahamiciri-cirimasalahyangmemilikibanyaksolusi.Pengajuanmasalahdimanagurumemberikankesempatansiswauntukberlatihmenerapkankemampuanberpikirkreatifdalambentukmembuatsoalyangsesuaidengankriteriatertentu.Penutupdimanagurumemberikesempatansiswauntukmerefleksikanhasilbelajarmerekaberkenaandengankemampuanberpikirkreatif.Analisisdatajugamenunjukkanbahwasecaraklasikalkemampuanberpikirkreatifsiswayaitu677%dantergolongdalamkategorikreatifdengan1333%siswatergolongdalamkategorisangatkreatif6333%siswatergolongdalamkategorikreatifdan2333%siswatergolongdalamkategoricukupkreatif.Persentaseaktivitasgurusebesar9500%dengankategorisangatbaikdanpersentaseaktivitassiswasebesar8672%dengankategorisangatbaik.