Penerapan pembelajaran problem posing dengan Multiple Solution Task (MST) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII-G SMPN 8 Malang / Meli Nurmawati

Main Author: Nurmawati, Meli
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15973/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurmawatiMeli.2016.PenerapanPembelajaranProblemPosingdenganMultipleSolutionTask(MST)yangDapatMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifMatematisSiswakelasVII-GSMPN8Malang.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.EddyBudionoM.Pd.KataKunciProblemPosingMultipleSolutionTask(MST)KemampuanBerpikirKreatif.Dalampembelajaranmatematikakemampuanberpikirkreatifsangatdiperlukanolehsiswabaikdalampengajuanmasalahmaupunpemecahanmasalah(problemsolving).Dalamproblemsolvingtidaktersediajawabansederhanayangdigunakanuntukmenentukansolusi.PenelitianpendahuluanyangdilakukandiSMPN8Malangditemukanhanyaterdapat2667%siswayangtergolongmemilikikemampuanberpikiryangkreatifberdasarkankriteriadariGuilford.Persentasesiswadengankemampuankreatiftersebutmasihtergolongrendah.Salahsatupenyebabnyaadalahjenistugasdalampembelajaranseringkalibersifattertutup.Padapenelitianinimateriyangdigunakanuntukmengetahuipeningkatanberpikirkreatifsiswayaitumaterisegiempat.ModelpembelajaranProblemPosingdenganMultipleSolutionTask(MST)digunakansebagaisalahsatualternatifyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVII-GdiSMPN8Malang.Rancanganpembelajarandisusunsecarakolaboratifantarapenelitidengangurukelas.Datayangterdiridarihasiltesawaldeskripsitindakangurudansiswaselamapenerapanmodelsertahasiltesakhirdikumpulkandandianalisis.Tindakanpembelajarandifokuskanpadapengembangankemampuanberpikirkreatifsiswa.Analisistindakanpembelajaranmeliputilangkah-langkahpembelajarandalammodelyaitupendahuluanpemahamanmaterimengoreksidanpresentasihasildiskusipengajuanmasalahdanpenutup.MultipleSolutionTask(MST)merupakanstrategikhususyangdisubtitusikandalammodelpembelajaranproblemposing.Strategiinidiberlakukanpadalangkahpembelajaranpemahamanmateridanpengajuanmasalah.Disisilainpeningkatankemampuanberpikirkreatifsebagaidampaktindakanmodelpembelajaranakandianalisisberdasarkankemampuanberpikirlancar(fluency)kemampuanberpikirfleksibel(flexibility)dankemampuanberpikirorisinal(originality).HasilpenelitianmenunjukkanpenerapantindakanpembelajaranProblemPosingdenganMultipleSolutionTask(MST)yangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVII-GdiSMPN8Malangadalahsebagaiberikut.Pendahuluanmengajukanpertanyaanyangmendorongsiswamengenalimasalahdenganbanyaksolusi.Pemahamanmaterigurumemfasilitasisiswasecarakelompokuntukmemahamikelilingdanluasbangundatardenganmemberikanmasalahyangmemilikilebihdarisatucarapenyelesaian.Presentasidilakukansecaraklasikalyangmemberipadasemuasiswakesempatanuntukmemahamiciri-cirimasalahyangmemilikibanyaksolusi.Pengajuanmasalahdimanagurumemberikankesempatansiswauntukberlatihmenerapkankemampuanberpikirkreatifdalambentukmembuatsoalyangsesuaidengankriteriatertentu.Penutupdimanagurumemberikesempatansiswauntukmerefleksikanhasilbelajarmerekaberkenaandengankemampuanberpikirkreatif.Analisisdatajugamenunjukkanbahwasecaraklasikalkemampuanberpikirkreatifsiswayaitu677%dantergolongdalamkategorikreatifdengan1333%siswatergolongdalamkategorisangatkreatif6333%siswatergolongdalamkategorikreatifdan2333%siswatergolongdalamkategoricukupkreatif.Persentaseaktivitasgurusebesar9500%dengankategorisangatbaikdanpersentaseaktivitassiswasebesar8672%dengankategorisangatbaik.