Penerapan pembelajaran kooperatif strategi Think Talk Write (TTW) pada materi persamaan kuadrat yang dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VIII-I SMPN 8 Malang / Ilham Saiful Fauzi

Main Author: Fauzi, Ilham Saiful
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15972/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFauziIlhamSaiful.2016.PenerapanPembelajaranKooperatifStrategiThinkTalkWrite(TTW)padaMateriPersamaanKuadratyangDapatMeningkatkanPemahamanMatematikaSiswaKelasVIII-ISMPN8Malang.Skripsi.JurusanMatematika.FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.EtyTejoDwiC.M.PdKataKunciPembelajaranKooperatifThinkTalkWrite.PemahamanMatematikaBerdasarkanhasilwawancaradengangurumatematikakelasVIII-ISMPN8MalangdananalisishasilujiansiswapadamaterioperasialjabardanpersamaangarislurusdiketahuibahwatingkatpemahamanmatematikasiswamasihrendahdenganketercapaianKKMmasing-masingsebesar1667%dan3000%.Salahsatufaktorpenyebabrendahnyapemahamanmatematikasiswaadalahpemilihanstrategipembelajaranyangkurangtepat.Gurumasihmenggunakanpendekatankonvensionaldenganmetodeekspositoridalampembelajaran.PadapermasalahaninipenelitimenerapkanpembelajarankooperatifstrategiThinkTalkWritepadamateripersamaankuadratyangdapatmeningkatkanpemahamanmatematikasiswakelasVIII-ISMPN8Malang.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatifstrategiThinkTalkWriteyangberkontribusiterhadapkeberhasilanpelaksanaantindakan.PenelitianinimerupakanbentukPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandalamduasiklus.Tahapan-tahapanpenelitiantindakankelasterdiridariperencanaanpelaksanaantindakanpengamatananalisisdanrefleksi.Datayangdikumpulkanmeliputi1)dataaktivitasgurudansiswaselamapembelajarandenganpendekatankooperatifstrategiThinkTalkWritedan2)datahasiltesakhirsiklus.Datadiperolehdengancara1)observasi2)tesdan3)dokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarandenganpendekatankooperatifstrategiThinkTalkWriteyangdapatmeningkatkanpemahamanmatematikasiswakelasVIII-ISMPN8Malangdilakukandenganlangkah-langkahpembelajaransebagaiberikutyaitu1)aktivitasthinkyangdilakukanmencakupmengamatimenanyamenggaliinformasidanmenalar.Kegiatanmengamatidanmenanyadilakukansecaraindividualsedangkankegiatanmenggaliinformasidanmenalardilakukansecaraberpasangan.Aktivitasthinkdilakukandenganmenekankantanggungjawabsiswauntukmemahamitopikkecilyangmenjadibagiannyadalamdurasiwaktutertentu.Lembarkegiatansiswadisusunsecararuntutdansistematisuntukmengarahkansiswamenemukankonsepmatematikasecaramandiridangurusebatassebagaifasilitatorbelajar2)aktivitastalkyangdilakukanbersifatformaldenganprinsipsalingmembantu.Siswabergantianmenjelaskangagasandenganberdiridihadapankelompoknyamasing-masingdandiberikanwaktukhususuntukmenjelaskangagasannya.Siswalainbertugasmemberikantanggapanterhadappenjelasananggotakelompoknya.Siswadenganpemahamanbaikmembantumenjelaskankepadasiswayangkesulitandalammemahamidan3)aktivitaswritedilakukansecaramandiridandidahuluidenganprosesmemikirkankembaligagasanyangdiperolehselamadiskusisebelummenuliskannyamenggunakanbahasasendiri.