Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang pada materi perbandingan / Nurul Fidayati

Main Author: Fidayati, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15965/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFidayatiNurul.2016.PenerapanPembelajaranKooperatifTipeThinkPairShare(TPS)untukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIISMPNegeri2MalangpadaMateriPerbandingan.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.SantiIrawatiM.SiPh.D.KataKunciThinkPairShareHasilBelajarSiswaPerbandingan.BerdasarkanhasilwawancaradengangurumatematikakelasVII-BSMPNegeri2MalangdiketahuibahwasekolahtersebuttelahmenerapkanKurikulum2013namunhasilbelajarsiswakelasVII-BSMPNegeri2masihrendah.HalinidiketahuidarihasilUjianTengahSemester(UTS)siswayangmenunjukkanhanya21dari32atau6263%darijumlahsiswayangmencapainilaiKriteriaKetuntasanMinimal(KKM).BerdasarkanhasilwawancarajugadiketahuibahwasiswakelasVIImasihmengalamikesulitanmemahamimateriperbandingandalampermasalahankehidupansehari-hari.Selainituhasilobservasimenunjukkanbahwapembelajarandidominasiolehpenggunaanmetodeceramahyangumumnyamembuatsiswapasif.Merekacenderungmendengarkanpenjelasangurudanmencatatmateriyangdisampaikanguru.Kemudiankegiatandiskusikelompokbelumterlaksanadenganmaksimal.Olehkarenaitudiperlukansuatuupayauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PadapermasalahaninipenelitimenerapkanpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare(TPS)padakelasVII-BSMPNegeri2Malang.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare(TPS)yangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri2Malangpadamateriperbandingan.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangberlangsungselamaduasiklus.Tahapan-tahapanpenelitiantindakankelasterdiridariperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Datayangdikumpulkanmeliputi(1)dataaktivitasgurudansiswaselamapembelajarankooperatiftipeThinkPairShare(TPS)(2)datacatatanlapanganyangmemuatkejadianyangtidakterekampadalembarobservasidan(3)datahasilteshasilbelajarsiswapadamateriperbandinganyangdilaksanakanpadaakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarankooperatiftipeThinkPairShare(TPS)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri2Malang.PeningkatantersebutdapatdilihatdaripeningkatanpersentasesiswayangmencapaiKKMdanhasilobservasiaktivitasgurudansiswatelahmencapaiminimumbaik.PadasiklusIpersentasehasilbelajarsiswamencapai5161%meningkatmenjadi8710%padasikusII.HasilobservasiaktivitasgurupadakeduasiklusmencapaikategorisangatbaiksedangkanhasilobservasiaktivitassiswapadasiklusImencapaikategoribaikdanmeningkatmenjadikategorisangatbaikpadasiklusII.Adapunlangkah-langkahpembelajaranadalahsebagaiberikut(1)thinkyaitusiswamemikirkanjawabanterkaitmasalah-masalahperbandinganyangterdapatpadalembardiskusisiswamelaluikegiatanmengamatimenanyadanmenggaliinformasisecaraindividudenganbatasanwaktuyangtelahditentukan(2)pairyaitusiswamembentukkelompoksecaraberpasangandengantemansebangkuuntukmendiskusikandanmenyelesaikanpermasalahanperbandinganbaikberupamasalah-masalahmaupunlatihansoalyangterdapatdilembardiskusisiswapadakegiatanmenalardengansalingmengutarakanhasilpemikiranmasing-masing(3)shareyaitubeberapapasangansiswamempresentasikanhasildiskusinyadidepankelaspadakegiatanberbagidangurumemberikanpointambahanbagisiswayangaktifbertanyamaupunmemberikanpendapatnya.