Pembelajaran dengan pendekatan open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII-G SMP Negeri 12 Malang / Ayu Dwi Setyaningtyas
Main Author: | Setyaningtyas, Ayu Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15964/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSetyaningtyasAyuDwi.2016.PembelajarandenganPendekatanOpenEndeduntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifMatematisSiswaKelasVIII-GSMPNegeri12Malang.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.EtyTejoDwiCahyowatiM.PdKataKunciPendekatanOpenEndedKemampuanBerpikirKreatifMatematisBerdasarkanhasilwawancaradengangurumatematikakelasVIII-GSMPNegeri12Malangdanobservasilangsungsaatpembelajarandiketahuibahwaselamakegiatanpembelajaranguruhanyamemberikanpermasalahanyanghanyamemilikisatusolusidansebagianbesarsiswamemilikikemampuanberpikirkreatifyangkurang.Kelemahaninijugaterlihatdarihasilpretesmaterioperasialjabaryangmenunjukkanbahwarata-ratakemampuanberpikirkreatifsiswaadalahsebesar16%.PadapermasalahaninipenelitimenerapkanpembelajarandenganpendekatanopenendedyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifmatematissiswakelasVIII-GSMPNegeri12Malang.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajaranmenggunakanpendekatanopen-endedyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifmatematissiswakelasVIII-GSMPNegeri12Malang.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangberlangsungselamaduasiklus.Tahapan-tahapanpenelitiantindakankelasterdiridariperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.Datayangdikumpulkanmeliputi1)dataaktivitasgurudansiswaselamapembelajarandenganpendekatanopenended2)datacatatanlapangan3)datahasiltesakhirsiklus.Datadiperolehdengancara1)observasi2)wawancara3)tes4)dokumentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarandenganpendekatanopen-endedyangmeningkatkankemampuanberpikirkreatifmatematissiswakelasVIII-GSMPNegeri12Malangdenganlangkah-langkahsebagaiberikutyaitu1)gurumendesainpembelajarandenganmembagisiswakedalambeberapakelompokyangdipilihsecaraheterogen2)gurumenyajikanproblemopenendedpadalangkahinigurumemberikaninstruksitambahanmengenaiproblemopenendedsecaraklasikaluntukmembantusiswamemahamimasalah.SelainitugurujugamenyajikanproblemopenendeddiakhirLKSagarsiswadapatmenyelesai-kanmasalahdenganmengelolapengetahuanyangdiperolehpadakegiatansebelumnya3)gurumemintasiswamendiskusikanpermasalahanyangdiberikan.Padalangkahinigurumemberikandurasiwaktu15menituntukmenyelesaikanproblemopenendedagarsiswadapatmengeksplorasiproblem4)gurumemintasetiapkelompokmempresentasikanhasildiskusinya.Padalangkahinigurumemberikankesempatansemuakelompokuntukmenunjukkanhasildiskusinyadalammenyelesaikanproblemopenendedagartampakadanyakeberagamanjawabanantarkelompok5)gurumemintaperwakilankelompokuntukmenyimpulkanapayangtelahdidiskusikandankelompoklainmemberikantanggapan.HasiltesakhirsiklusIImenunjukkanbahwaprosentaserata-ratakemampuanberpikirkreatifmatematissiswasecaraklasikalmeningkatdarikategorikurangbaikmenjadikategorisangatbaikdenganindikatorberpikirkreatifsiswasecaraklasikalyaitukelancaranyangmeningkatdari31%menjadi82%keluwesanyangmeningkatdari39%menjadi71%keaslianyangmeningkatdari48%menjadi71%memperinciyangmeningkatdari28%menjadi91%.Sehinggaprosentaserata-ratasecaraklasikalmeningkatdari36%menjadi79%.Selainituhasilobservasiaktivitasgurudansiswameningkatdarikategoribaikmenjadikategorisangatbaik.