Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi segiempat untuk siswa kelas VII SMP berbasis penemuan terbimbing / Fatimah Assidiq
Main Author: | Assidiq, Fatimah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15963/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAssidiqFatimah.2015.PengembanganLembarKerjaSiswa(LKS)MateriSegiempatUntukSiswaKelasVIISMPBerbasisPenemuanTerbimbing.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SriMulyatiM.Pd.Katakuncilembarkerjasiswa(lks)segiempatpenemuanterbimbing.Dalampembelajaranmatematikapesertadidikmenganggapmatematikamerupakanmatapelajaranyangsulitkarenadidalampembelajaranmatematikabanyakrumusdanperhitungan.Berdasarkanhasilwawancaradengan10siswaSMPN2Bululawangdiketahuibahwa6siswakesulitanmenjawabsaatdimintamembedakantrapesiumdanjajargenjang.Empatsiswatidakdapatmenyebutkanrumusluastrapesium1orangsiswatidakdapatmenjawabrumusluassegitiga2siswatidakdapatmenjawabsecaratepatrumuskelilingsegitigadanrumuskelilingpersegi2siswatidakdapatmenyebutkanrumusluastrapesiumdanjajargenjang2siswatidakdapatmenyelesaikansoalluasgabungandanhampirsemuasiswatidakdapatmenyebutkandenganjelasdefinisidaribangunbangunsegiempat.Siswamengatakanjikaselamainirumusyangmerekatahudidapatdaribukudanhanyaituyangdiberikanolehgurusehinggamerekahanyatinggalmenghafalkannyasaja.Sehinggaberdasarkanhaliniperludikembangkannyabahanajaruntukmaterisegiempatdenganciriataukarakteristiktertentuyangdapatmeningkatkanpemahamansiswanamunbukanhanyasekedarmengahafalsaja.BahanajaryangdikembangkanberupaLKSuntukmaterisegiempatberbasispenemuanterbimbing.LembarKerjaSiswa(LKS)denganmetodepenemuanterbimbingadalahLembarKerjaSiswa(LKS)yangdidalamnyaterdapatperintah-perintahyangbertujuanmembimbingsiswauntukmenemukansuatukonsepdanprinsipumum.PerintahperintahdidalamLembarKerjaSiswa(LKS)berbasispenemuanterbimbingberdasarkansintakspenemuanterbimbing.PenelitianpengembanganinimenggunakanmodelpengembanganyangdigunakanadalahmodelPlomp.MenurutPlomp(Hobri201017)dalammengembangkanmediapembelajaranterdiridari3faseyaitu(1)FaseInvestigasiAwal(PremilinaryResearch)(2)FasePerancangandanRealisasi(Prototyping)(3)FaseUjiCobadanPenilaian.Dalampenelitianinidilakukantigaujicobaterhadapkualitasprodukpengembanganyangterdiridariujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.Instrumenyangdigunakanberupalembarvalidasilembarobservasidantes.Ujikevalidandilakukanolehtigaorangvalidatoryangterdiridarisatuorangdosenmatematikadanduaorangpraktisi.Ujikepraktisandilakukanoleh2orangpengamat.Ujikeefektifandilakukandenganmelakukantespada6orangsiswakelassetelahbelajarmenggunkanlembarkerjasiswa.Berdasarkanhasilanalisisdiperoleh3kesimpulan.PertamaLembarKerjaSiswa(LKS)yangdikembangkanmemperolehskorrata-ratahasilvalidasi365sehinggaLembarKerjaSiswa(LKS)termasukpadakriteriavalidnamundenganrevisi.KeduahasilujikepraktisanmenunjukkanbahwaLembarKerjaSiswa(LKS)initelahpraktisdenganperolehanskorrata-ratakepraktisansebesar3.79.KetigaLembarKerjaSiswa(LKS)inidapatdikatakanefektifkarenasebanyak100%siswatelahtuntasdalammenyelesaikanteshasilbelajar.DarihasilanalisistersebutdapatdikatakanbahwaLembarKerjaSiswa(LKS)yangdikembangkanmerupakanmediayangvalidefektifsertapraktissehinggadapatdigunakansebagaipenunjangpembelajaranpadamaterisegiempat.