Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan hands on activity untuk memahamkan siswa kelas VII-D SMPN 16 Malang pada materi perbandingan / Rachmadhian Maulia Vickamila

Main Author: Vickamila, Rachmadhian Maulia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15961/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKVickamilaRachmadhianMaulia2015.PenerapanPendekatanContextualTeachingandLearning(CTL)BerbantuanHandsOnActivityuntukMemahamkanSiswaKelasVII-DSMPN16MalangpadaMateriPerbandingan.SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalangPembimbingProf.Drs.GatotMuhsetyoM.Sc.KataKuncihandsonpemahamanpendekatancontextualteachingandlearningTujuanpenelitianiniadalahmemperbaikicaramengajardalammemahamkansiswatentangmateriperbandinganmatematikamelaluipendekatanContextualTeachingandLearningberbantuanHandsonActivity.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasdenganduasiklussikluspertamaterdiridariempatpertemuandansikluskeduaterdiridariduapertemuan.SubyekpenelitianadalahseluruhsiswakelasVII-DSMPN16Malangsebanyak37orang17laki-lakidan20perempuan.PemilihansubyekpenelitiandidasarkanpadaobservasiawaldandialogyangdilakukanpenelitikepadasiswakelasVII-DSMPN16Malangdiketahuibahwakebanyakansiswabelummampumenerapkanrumusdalamsoal8siswabelumdapatmengubahpecahankebentukdesimal40%siswamemberikanlangkahyangtidaklogispadajawabanmerekadan20siswamasihsalahdalammengerjakanperhitunganaljabar.PenelitiandilakukanpadabulanOktober-November2015.Kegiatanpenelitianmeliputipembelajarandiskusikelaspresentasidanpemberiantes.Datadiperolehdarinilaihasiltesakhirsikluspengkajianhasilteshasilobservasiaktivitasgurudansiswahasilwawancaradancatatanlapangan.Kriteriakeberhasilanpenelitianiniadalahjika80%siswatidakmelakukankesalahankonsepsejakawalpenyelesaianpersentasebanyaknyasiswaberkategorituntasbelajarminimal80%daribanyaknyasiswasatukelasdengankriteriaketuntasanbelajarnilaites75danhasilobservasiaktivitasgurudansiswaminimal75%.HasilpenelitianpadasiklusImenunjukkanbahwaketuntasanbelajarsebesar80%danterdapat12siswayangmelakukankesalahankonseppadamaterimenentukansuatubesaranjikaperbandingandiketahuisertapesentaserata-rataaktivitassiswasiklusIadalah876%danaktivitasgurusebesar944%.PadasiklusIIpersentaseketuntasanbelajarsiswamencapai8918%daribanyaknyasiswadalamkelasdanterdapat1388%siswamasihbelummemahamimaterimenentukansuatubesaranjikaperbandingandiketahui.HasilobservasiaktivitasgurudansiswaselamapembelajaransiklusIItermasukdalamkategoriSangatBaik.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpendekatanContextualTeachingandLearning(CTL)berbantuanhandsonactivitydapatmemahamkansiswakelasVII-DSMPN16Malangpadamateriperbandingan.