Pengembangan komik matematika sebagai media pembelajaran untuk membantu memahamkan siswa SMP kelas VII pokok bahasan perbandingan / Jojor Janni Astuti Sigalingging

Main Author: Sigalingging, Jojor Janni Astuti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15960/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSigalinggingJojor.2015.PengembanganKomikMatematikaSebagaiMediaPembelajaranuntukMembantuMemahamkanSiswaSMPKelasVIIPokokBahasanPerbandingan.Skripsi.JurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.MakbulMuksarS.PdM.Si.KataKuncimediakomikkomikmatematikaperbandinganPendidikanmerupakansalahsatuaspekpentingdalammenunjangkemajuanbangsadanNegarapadamasadepan.MatematikayangmerupakansalahsatumatapelajarandalampendidikandiIndonesiaadalahpelajaranyangsangatpentingdikuasaisejakdininamundalamkenyataannyasiswamasihkesulitandalambelajarmatematikahalinidikarenakankebanyakanmaterimatematikabersifatabstrakselainitubukupanduanyangdimilikisiswakurangdapatdipahami.Olehkarenaitupengembangmelakukanpengembanganmediapembelajaranberupakomikyangpadaumumnyakomikadalahbacaanyangdisukaisiswa.TujuanpengembangankomikiniadalahuntukmembantumemahamkansiswaSMPkelasVIIpokokbahasanperbandingan.Halinidapatmembantusiswauntukmemahamipermasalahanmatematikayangdiberikanmembentukmodelmatematikadarisetiappermasalahanyangdiberikansertamenyelesaikanpermasalahanmatematikatersebut.PengembangankomikmatematikainimenggunakanmetodepenelitiandanpengembanganyangdiadaptasidandimodifikasidaritahapanpenelitiandanpengembanganThiagarajan.Tahapanpengembangankomikmatematikainiadalahsebagaiberikut(1)Tahappendefinisian(define)(2)Tahapperancangan(design)(3)Tahappengembangan(develop).Dariketigatahappengembangantersebutdihasilkanprodukberupamediakomikpokokbahasanperbandingan.Mediakomikinimenyajikan4cerita(BelajarKelompokCakeandTimeStudyTourdanSkala).Untukmengujikelayakanmediadilakukanujivaliditasujikepraktisandanujikeefektifan.Dariujivaliditasdiperolehskorkevalidan3625untukmediakomik3884untuksoalevaluasisiswadan3846untukangketresponsiswadikatakanpraktiskarena95%siswamemberikanresponpositifdanefektifkarena85%siswamemenuhiketuntasanhasilbelajar.Darihasilpenelitiandisimpulkanbahwakomikmatematikadapatdigunakansebagaialternatifsolusidalampembelajaranuntukmeningkatkanpemahamansiswapokokbahasanperbandingan.Disarankankepadapengembangkomikmatematikalainnyaagarmengembangkanmateripembelajaranyanglainsertadisesuaikandengankemampuansiswaatausasaranpenggunaproduk.Pemilihankarakterpadakomiksebaiknyadisesuaikandengankarakteryangdisukaisiswa.