Pengembangan komik matematika sebagai media pembelajaran untuk membantu memahamkan siswa SMP kelas VII pokok bahasan perbandingan / Jojor Janni Astuti Sigalingging
Main Author: | Sigalingging, Jojor Janni Astuti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15960/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSigalinggingJojor.2015.PengembanganKomikMatematikaSebagaiMediaPembelajaranuntukMembantuMemahamkanSiswaSMPKelasVIIPokokBahasanPerbandingan.Skripsi.JurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.MakbulMuksarS.PdM.Si.KataKuncimediakomikkomikmatematikaperbandinganPendidikanmerupakansalahsatuaspekpentingdalammenunjangkemajuanbangsadanNegarapadamasadepan.MatematikayangmerupakansalahsatumatapelajarandalampendidikandiIndonesiaadalahpelajaranyangsangatpentingdikuasaisejakdininamundalamkenyataannyasiswamasihkesulitandalambelajarmatematikahalinidikarenakankebanyakanmaterimatematikabersifatabstrakselainitubukupanduanyangdimilikisiswakurangdapatdipahami.Olehkarenaitupengembangmelakukanpengembanganmediapembelajaranberupakomikyangpadaumumnyakomikadalahbacaanyangdisukaisiswa.TujuanpengembangankomikiniadalahuntukmembantumemahamkansiswaSMPkelasVIIpokokbahasanperbandingan.Halinidapatmembantusiswauntukmemahamipermasalahanmatematikayangdiberikanmembentukmodelmatematikadarisetiappermasalahanyangdiberikansertamenyelesaikanpermasalahanmatematikatersebut.PengembangankomikmatematikainimenggunakanmetodepenelitiandanpengembanganyangdiadaptasidandimodifikasidaritahapanpenelitiandanpengembanganThiagarajan.Tahapanpengembangankomikmatematikainiadalahsebagaiberikut(1)Tahappendefinisian(define)(2)Tahapperancangan(design)(3)Tahappengembangan(develop).Dariketigatahappengembangantersebutdihasilkanprodukberupamediakomikpokokbahasanperbandingan.Mediakomikinimenyajikan4cerita(BelajarKelompokCakeandTimeStudyTourdanSkala).Untukmengujikelayakanmediadilakukanujivaliditasujikepraktisandanujikeefektifan.Dariujivaliditasdiperolehskorkevalidan3625untukmediakomik3884untuksoalevaluasisiswadan3846untukangketresponsiswadikatakanpraktiskarena95%siswamemberikanresponpositifdanefektifkarena85%siswamemenuhiketuntasanhasilbelajar.Darihasilpenelitiandisimpulkanbahwakomikmatematikadapatdigunakansebagaialternatifsolusidalampembelajaranuntukmeningkatkanpemahamansiswapokokbahasanperbandingan.Disarankankepadapengembangkomikmatematikalainnyaagarmengembangkanmateripembelajaranyanglainsertadisesuaikandengankemampuansiswaatausasaranpenggunaproduk.Pemilihankarakterpadakomiksebaiknyadisesuaikandengankarakteryangdisukaisiswa.