Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams Games Tournament) menggunakan media travel game untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII-E SMP Shalahuddin / Luthfi Arif Setiawan
Main Author: | Setiawan, Luthfi Arif |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15957/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSetiawanLuthfiArif.2015.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeTGT(TeamsGamesTournament)MenggunakanMediaTravelGameuntukMeningkatkanAktivitasBelajarMatematikaSiswaKelasVIIIESMPShalahuddin.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SudirmanM.SiKataKunciPembelajaranKooperatifTGT(TeamsGamesTournament)MediaTravelGameAktivitasBelajarHasilobservasiawalyangtelahdilakukanolehpenelitidikelasVIII-ESMPShalahuddinmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarsiswarendah.Haliniterlihatpadasaatkegiatanpembelajaranmatematikaberlangsungbanyaksiswayangtidakmemperhatikansaatgurumenerangkandidepankelas.Begitujugasaatsiswadimintamengerjakansoalbanyaksiswayangtidakmengerjakanparasiswatersebuthanyaberguraudengantemandanhanyabeberapayangmengerjakanataubertanyapadaguru.AkibatdarikurangnyaaktivitasbelajarmatematikatersebutnilaisiswamasihbanyakyangkurangdariKKM.OlehsebabitudiperlukanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswasepertiTeamsGamesTournament(TGT)menggunakanmediatravelgame.PenelitianinidilaksanakandiSMPShalahuddinMalangdengansubjeksiswakelasVIII-Etahunajaran2014/2015yangberjumlah31siswa.JenispenelitianinitermasukPenelitianTindakanKelas.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeTGTmenggunakanmediatravelgameyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamateriperbandingan.DatayangdiperolehmerupakanhasilpengamatanaktivitassiswadanguruselamaprosespembelajaranmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeTGT.KriteriakeberhasilanpenelitianiniadalahapabilapersentasesiswayangaktifmeningkatdarisiklusIkesiklusberikutnya.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarmengalamipeningakatansebesar228%yaitupadasaatsiklusIaktivitassiswaaktifadalah60%lalumeningkatmenjadi828%saatsiklusII.Langkah-langkahmodelpembelajarankooperatiftipeTGTmenggunakanmediatravelgameyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswayaitu(1)presentasikelasolehguru(2)belajardalamkelompok(3)gametournamentmenggunakanmediatravelgame(4)penghargaankelompok.DarihasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatiftipeTGT(TeamsGamesTournament)menggunakanmediatravelgamedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPShalahuddin.