Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams Games Tournament) menggunakan media travel game untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII-E SMP Shalahuddin / Luthfi Arif Setiawan

Main Author: Setiawan, Luthfi Arif
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15957/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSetiawanLuthfiArif.2015.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeTGT(TeamsGamesTournament)MenggunakanMediaTravelGameuntukMeningkatkanAktivitasBelajarMatematikaSiswaKelasVIIIESMPShalahuddin.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SudirmanM.SiKataKunciPembelajaranKooperatifTGT(TeamsGamesTournament)MediaTravelGameAktivitasBelajarHasilobservasiawalyangtelahdilakukanolehpenelitidikelasVIII-ESMPShalahuddinmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarsiswarendah.Haliniterlihatpadasaatkegiatanpembelajaranmatematikaberlangsungbanyaksiswayangtidakmemperhatikansaatgurumenerangkandidepankelas.Begitujugasaatsiswadimintamengerjakansoalbanyaksiswayangtidakmengerjakanparasiswatersebuthanyaberguraudengantemandanhanyabeberapayangmengerjakanataubertanyapadaguru.AkibatdarikurangnyaaktivitasbelajarmatematikatersebutnilaisiswamasihbanyakyangkurangdariKKM.OlehsebabitudiperlukanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswasepertiTeamsGamesTournament(TGT)menggunakanmediatravelgame.PenelitianinidilaksanakandiSMPShalahuddinMalangdengansubjeksiswakelasVIII-Etahunajaran2014/2015yangberjumlah31siswa.JenispenelitianinitermasukPenelitianTindakanKelas.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipeTGTmenggunakanmediatravelgameyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamateriperbandingan.DatayangdiperolehmerupakanhasilpengamatanaktivitassiswadanguruselamaprosespembelajaranmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeTGT.KriteriakeberhasilanpenelitianiniadalahapabilapersentasesiswayangaktifmeningkatdarisiklusIkesiklusberikutnya.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarmengalamipeningakatansebesar228%yaitupadasaatsiklusIaktivitassiswaaktifadalah60%lalumeningkatmenjadi828%saatsiklusII.Langkah-langkahmodelpembelajarankooperatiftipeTGTmenggunakanmediatravelgameyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswayaitu(1)presentasikelasolehguru(2)belajardalamkelompok(3)gametournamentmenggunakanmediatravelgame(4)penghargaankelompok.DarihasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarankooperatiftipeTGT(TeamsGamesTournament)menggunakanmediatravelgamedapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIISMPShalahuddin.