Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar persamaan linear satu variabel pada kelas 7C SMP Brawijaya Smart School / Rizqi A'maliyah
Main Author: | A'maliyah, Rizqi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15945/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAmaliyahRizqi.2015.PembelajaranRealisticMathematicsEducation(RME)untukMeningkatkanHasilBelajarPersamaanLinearSatuVariabelpadaKelas7CSMPBrawijayaSmartSchool.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SisworoS.PdM.Si.KataKunciPendekatanRMEPersamaanLinearSatuVariabel.Berdasarkanobservasiawalyangdilakukanolehpenelitidikelas7CSMPBrawijayaSmartSchoolkotaMalangditemukansaatprosespembelajaranberlangsungterdapatsiswayangkurangdapatmenyelesaikansoalceritadarimasalahkontekstualdansiswakurangaktifsaatgurumemintamerekabertanyadanberpendapat.Banyaksiswayangmengakuapabilakurangmeminatipelajaranmatematika.DitemukanjugahasilbelajarpadamateriPersamaanLinearSatuVariabeldikelas7CpadaduatahunsebelumnyasiswayangmencapaiKKMpadamateriPersamaanLinearSatuVariabelkurangdari30%.PembelajaranmenggunakanpendekatanRMEbertujuanuntukmelibatkansiswasecaraaktifdalampembelajarandandapatmengkonstruksipengetahuanselamaprosespembelajarandikelas.MateriPersamaanLinearSatuVariabelbanyakdigunakanpadakegiatansehari-haridanmateritersebutdapatdikombinasikandenganpendekatanRME.Tujuanpenelitiankaliiniadalahdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas7CdariSMPBrawijayaSmartSchoolpadamateriPersamaanLinearSatuVariabelmenggunakanpendektanRMEhinggatotalsiswadalamkelasyangmencapaiKKMlebihdariatausamadengan50%.PenelitiankaliinimenggunakansiklusmodelspiralmenurutKemmisdanMcTaggart.PelaksanaanpembelajaranmenggunakanpendekatanRMEdiawalidenganmemahamimasalahkontekstualkepadasiswakemudiandilanjutkanmemintasiswauntukmenyelesaikanmasalahkontekstualyangtelahdipahami.Kemudiangurumemintasiswauntukmembandingkandanmendiskusikanjawabandilanjutkandenganmemintasiswauntukmenyimpulkanmateriyangtelahdipelajari.Setiapprosespembelajaransiswadituntutaktifdanguruhanyamenjadifasilitatoruntukmengarahkansiswamelakukansetiapkegiatanpembelajarandenganbaikdansesuai.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapembelajaranyangdilakukanpenelitimenggunakanpendekatanRMEpadamateriPersamaanLinearSatuVariabeldapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikasiswakelas7CSMPBrawijayaSmartSchooltahunpelajaran2014-2015.Ditunjukkandenganpersentaseketuntasanbelajarpadasiklus1adalah5416%sedemikiansehinggapenelitiantelahmencapaitujuandengankatalainpresentaseketuntasanbelajarsiswadikelaslebihdari50%sehinggadapatdikatakanspiraldaripenelitian