Pengembangan modul matematika materi lingkaran berbantuan media manipulatif untuk siswa kelas VIII SMP / Ika Rini Anggraeni
Main Author: | Anggraeni, Ika Rini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15944/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAnggraeniIkaRani.2015.PengembanganModulMatematikaMateriLingkaranBerbantuanMediaManipulatifUntukSiswaKelasVIIISMP.Skripsi.JurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.MimiepSetyowatiMadjaM.Kom.KatakuncimodulmatematikamediamanipulatiflingkaranDisadariatautidakkreatifitasberpikiranak-anakIndonesiamasihmemprihatinkan(MangunwijayadalamWena2012224).Halinidisebabkansalahsatunyaadalahpembelajaranyangkurangmerangsangsiswauntukberpikirkreatifkarenapadaumumnyaguruhanyamenggunakanmetodeceramahtanyajawabdanpemberiantugasdalamprosespembelajaran(Sadijah2001).Merangsangsiswauntukberpikirtidaklahmudahselainitusetiapsiswamemilikikemampuancaraberpikiryangberbeda-beda.Materilingkaranmerupakansalahsatumateriyangpenerapannyabanyakdilakukandalamkehidupansehari-hari.Namunkenyataannyapenyajianmaterilingkarandalampembelajarankurangmenarikumumnyaguruhanyamenggunakanmetodeceramahdanpemberianlatihansoal.Darimasalahdiataspemilihanbahanajarberupamodulpembelajarandirasasesuai.Selainitumoduljugadilengkapidenganmediamanipulatifyangtujuannyauntukmenarikperhatiansiswa.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmenghasilkanmodulmatematikayangvalidpraktisdanefektifpadamaterilingkarandenganbantuanmediamanipulatifuntuksiswakelasVIIISMPsemestergenap.Penelitianinimerupakanpenelitiandanpengembangandenganmenggunakanmodel4-DThigarajantanpatahappenyebaranyaitutahappendefinisiantahapperencanaandantahappengembangan.Kegiatanpadatahappendefinisianterdiriatasanalisisawalakhiranalisissiswaanalisiskonsepanalisistugasdanpenentuantujuanpembelajaran.Kegiatanpadatahapperencanaanterdiriataspenyusunantespemilihanmediapemilihanformatdanperancanganawal.Kegiatanpadatahappengembanganadalahujiterhadapkualitasprodukyangdikembangkanyaituujikevalidanprodukujikepraktisanprodukdanujikeefektifanproduk.UjikevalidandilakukanolehtigaorangvalidatoryangterdiridarisatuorangdosenmatematikadanduaoranggurumatematikaSMP.Sedangkanujikepraktisandanujikeefektifandilakukandenganujicobaprodukpada6siswayangterdiriatasduasiswaberkemampuantinggiduasiswaberkemampuansedangdanduaorangberkemampuanrendah.Berdasarkananalisisdatapadahasilvalidasimodulhasilangketresponsiswadanhasilevaluasidiperolehdatasebagaiberikut(1)skorkevalidanmoduladalah340(2)skorkepraktisanmoduladalah363dan(3)persentasesiswayangmendapatnilaiakhirdiatasSKMyakni75padaKD3.6danKD3.7adalah8333%.Dengandemikianmodulmatematikamaterilingkaranberbantuanmediamanipulatifyangdikembangkanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.Meskipunmodulmatematikamaterilingkaranberbantuanmediamanipulatifyangdikembangkanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektifrevisitetapdilakukanberdasarkansarandarivalidatordanhasilujicobauntukpenyempurnaanprodukyangdikembangkan.