Pengembangan lembar kerja siswa dengan strategi react pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP / Mirza Amelia Oktaviani

Main Author: Oktaviani, Mirza Amelia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15943/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKOktavianiMirzaAmelia.2015.PengembanganLembarKerjaSiswadenganStrategiREACTPadaMateriKubusdanBalokuntukSiswaKelasVIIISMP.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.SudirmanM.SiKataKuncilembarkerjasiswastrategiREACTbangunruangkubusdanbalokBerdasarkanpengamatanpenulisterhadapLKSyangdigunakanselaludimulaidariringkasanmatericontohsoalkemudiansoal.KebanyakanLKStidakmemfasilitasisiswauntukberfikirsecaraaktif.HasilwawancarapenuliskepadasiswakelasVIIIbahwamatematikaadalahpelajaranyangsulitdipahamidanmembutuhkanbanyakrumustanpamengenalkanasalrumuskepadasiswa.Jikadikaitkandenganmateriyangmemuatrumusmakasalahsatunyaadalahkonsepkubusdanbalok.UpayayangdapatdilakukanuntukmemfasilitasisiswamenemukankembalirumusluaspermukaandanvolumekubusdanbaloksalahsatunyadenganmengembangkanLKSdenganstrategiREACT.TahapandalamstrategiREACTterdiridari(1)Relating(2)Experiencing(3)Applying(4)Cooperating(5)Transferring.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanLKSdenganstrategiREACTpadamaterikubusdanbalokuntuksiswakelasVIIISMPyangvalidefektifdanpraktis.ModelpengembanganmengacupadamodelpengembanganPlompterdiriatas(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapdesain(3)tahaprealisasi/konstruksidan(4)tahaptesevaluasidanrevisi.Dalampengembanganinidilakukantigaujiterhadapkualitasprodukpengembanganyangterdiriatasujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.Ujikevalidandilakukanolehtigaorangvalidatoryangterdiridarisatuorangdosenmatematikadanduaorangpraktisi.Ujikepraktisandilakukandenganmelakukanujicobaprodukpada28orangsiswakelasVIIsebagaisubjekujicobasedangkanujikeefektifandilakukandenganmengambilnilaitesevaluasisiswa.BerdasarkandatahasilpengisianlembarvalidasiolehtigavalidatorRPPyangdikembangkandinyatakanvaliddengannilairata-ratasemuaaspeksebesar346danLKSyangdikembangkandinyatakanvaliddengannilairata-ratasemuaaspeksebesar351.SementaraituberdasarkanhasilpengisianangketresponsiswaolehsubjekujicobaLKSyangdikembangkandinyatakanpraktisdengannilairata-ratakepraktisansebesar334.AkantetapipenulistetapmelakukansedikitrevisiberdasarkankomentaratausarandarivalidatordansubjekujicobasertamengacupadaanalisishasilpengerjaanLKSolehsubjekujicoba.Berdasarkannilaievaluasisoaltesnilai28siswatelahmemenuhiKKMyaitulebihdariatausamadengan75.OlehkarenaituLKSyangdikembangkandinyatakanefektif.DengandemikianLKSyangdikembangkandinyatakanvalidpraktisdanefektif.