Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan linier dua variabel untuk siswa kelas VIII SMP / Friday Zaidatun N.

Main Author: Ni'mah, Friday Zaidatun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15940/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNimahFridayZaidatun.2015.PengembanganLembarKerjaSiswa(LKS)BerbasisPenemuanTerbimbingpadaMateriPersamaanLinierDuaVariabeluntukSiswaKelasVIIISMP.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.ErryHidayantoM.Si.KatakunciLembarKerjaSiswa(LKS)penemuanterbimbingpersamaanlinierduavariabelMatematikamerupakansalahsatucabangdariilmupengetahuanalamyangmerupakanilmudasardanseringdigunakandalamkehidupansehari-hari.HampirdisetiapjenjangpendidikanmulaidariSekolahDasarSekolahMenengahPertamadanSekolahMenengahAtasparasiswanyaberasumsibahwaMatematikasulit.Apabilaterjadikesulitanpadasiswauntukmenguasaimaterimakaakanmenghambattercapainyatujuanpembelajaranmatematika.OlehkarenaitudiperlukansumberbelajaryanginspiratifrelevandanmemacuaktivitasbelajarsiswasepertiLKS(LembarKerjaSiswa).Untukmenunjangtercapainyatujuanpembelajarandenganmeningkatkankeaktifansiswamakadigunakanmetodepenemuanterbimbing.OlehkarenaitupenelitimengembangkanLKSberbasispenemuanterbimbingpadamateripersamaanlinierduavariabeluntuksiswakelasVIIISMP.LKSdenganmetodepenemuanterbimbingmenuntutsiswamampuberfikirsecaraaktifdalamprosespembelajaranmemberikankesempatanpadasiswauntukmenyusunmemprosesmengorganisasikansuatudatayangdiberikanguru.TujuanpengembanganyangdilakukanadalahmenghasilkanLKSmateripersamaanlinierduavariabelyangberbasispenemuanterbimbingyangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembanganmengacupadamodelpengembanganPlompdalamHobri(201017)terdiriatas(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapdesain(3)tahaprealisasi/konstruksidan(4)tahaptesevaluasidanrevisi.Dalampenelitianinidilakukantigaujiterhadapkualitasprodukpengembanganyangterdiriatasujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.Ujikevalidandilakukanolehtigaorangvalidatoryangterdiridarisatuorangdosenmatematikadanduaorangpraktisi.Sedangkanujikepraktisandanujikeefektifandilakukandenganmelakukanujicobaprodukpada10orangsiswakelasVIIIsebagaisubjekujicoba.BerdasarkanhasilujikevalidankepraktisandankeefektifanyangdibahaspadaBabIVLKSberbasispenemuanterbimbingpadamateripersamaanlinierduavariabeluntukkelasVIIISMPdinyatakanvaliddenganskorkevalidanRPP3.8skorkevalidanLKSadalah3.7skorkevalidansoalujikompetensiadalah4.05danskorkevalidanangketresponsiswaadalah3.5.LKSyangdikembangkanjugamemenuhikriteriapraktiskarenasemuasiswayangmenjadisubjekujicobamemberikanresponpositifterhadapLKSyangdikembangkan.DisampingituLKSyangdikembangkanjugamemenuhikriteriaefektifdenganpersentasesiswayangmendapatkannilaidiatasSKMadalah90%.DengandemikianLKSyangdihasilkanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.