Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi persamaan linier dua variabel untuk siswa kelas VIII SMP / Friday Zaidatun N.
Main Author: | Ni'mah, Friday Zaidatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15940/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNimahFridayZaidatun.2015.PengembanganLembarKerjaSiswa(LKS)BerbasisPenemuanTerbimbingpadaMateriPersamaanLinierDuaVariabeluntukSiswaKelasVIIISMP.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.ErryHidayantoM.Si.KatakunciLembarKerjaSiswa(LKS)penemuanterbimbingpersamaanlinierduavariabelMatematikamerupakansalahsatucabangdariilmupengetahuanalamyangmerupakanilmudasardanseringdigunakandalamkehidupansehari-hari.HampirdisetiapjenjangpendidikanmulaidariSekolahDasarSekolahMenengahPertamadanSekolahMenengahAtasparasiswanyaberasumsibahwaMatematikasulit.Apabilaterjadikesulitanpadasiswauntukmenguasaimaterimakaakanmenghambattercapainyatujuanpembelajaranmatematika.OlehkarenaitudiperlukansumberbelajaryanginspiratifrelevandanmemacuaktivitasbelajarsiswasepertiLKS(LembarKerjaSiswa).Untukmenunjangtercapainyatujuanpembelajarandenganmeningkatkankeaktifansiswamakadigunakanmetodepenemuanterbimbing.OlehkarenaitupenelitimengembangkanLKSberbasispenemuanterbimbingpadamateripersamaanlinierduavariabeluntuksiswakelasVIIISMP.LKSdenganmetodepenemuanterbimbingmenuntutsiswamampuberfikirsecaraaktifdalamprosespembelajaranmemberikankesempatanpadasiswauntukmenyusunmemprosesmengorganisasikansuatudatayangdiberikanguru.TujuanpengembanganyangdilakukanadalahmenghasilkanLKSmateripersamaanlinierduavariabelyangberbasispenemuanterbimbingyangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembanganmengacupadamodelpengembanganPlompdalamHobri(201017)terdiriatas(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapdesain(3)tahaprealisasi/konstruksidan(4)tahaptesevaluasidanrevisi.Dalampenelitianinidilakukantigaujiterhadapkualitasprodukpengembanganyangterdiriatasujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.Ujikevalidandilakukanolehtigaorangvalidatoryangterdiridarisatuorangdosenmatematikadanduaorangpraktisi.Sedangkanujikepraktisandanujikeefektifandilakukandenganmelakukanujicobaprodukpada10orangsiswakelasVIIIsebagaisubjekujicoba.BerdasarkanhasilujikevalidankepraktisandankeefektifanyangdibahaspadaBabIVLKSberbasispenemuanterbimbingpadamateripersamaanlinierduavariabeluntukkelasVIIISMPdinyatakanvaliddenganskorkevalidanRPP3.8skorkevalidanLKSadalah3.7skorkevalidansoalujikompetensiadalah4.05danskorkevalidanangketresponsiswaadalah3.5.LKSyangdikembangkanjugamemenuhikriteriapraktiskarenasemuasiswayangmenjadisubjekujicobamemberikanresponpositifterhadapLKSyangdikembangkan.DisampingituLKSyangdikembangkanjugamemenuhikriteriaefektifdenganpersentasesiswayangmendapatkannilaidiatasSKMadalah90%.DengandemikianLKSyangdihasilkanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.