Peningkatan hasil belajar materi PLSV siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School Malang melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan saintifik / Aldhiah Putri Utami Sulistyorini
Main Author: | Sulistyorini, Aldhiah Putri Utami |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15937/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSulistyoriniAldhiahPutriUtami.2015.PeningkatanHasilBelajarMatematikaMateriPLSVSiswaKelasVIISMPBrawijayaSmartSchoolMalangmelaluiPembelajaranKooperatifTipeNumberedHeadTogether(NHT)denganPendekatanSaintifik.SkripsiJurusanMatematikaProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.RiniNurhakikiM.PdKatakuncipeningkatanhasilbelajarNumberedHeadTogetherpendekatansaintifikpersamaanlinearsatuvariabelHasilwawancaradenganbeberapasiswadikelasVII-DSMPBrawijayaSmartSchoolMalangpadaJanuari2015adalahmetodepembelajaranyangseringdigunakangurumatematikaadalahmetodeceramahtanyajawabdanpemberiantugas.Halinimenyebabkansiswahanyabekerjasecaraproseduraldanmemahamimatematikatanpapenalaran.Selainitugurupernahmenerapkandiskusikelompoktetapisaatdiskusikelompokhanyasebagiansiswayangmengerjakantugasdariguru.Banyaksiswayanghanyamencontekpekerjaantemannyasehinggasiswayangtidakikutmengerjakantugastersebutbanyakyangkurangmemahamimateri.Halitudapatmenyebabkanrendahnyahasilbelajarsiswa.KondisiyangmenunjukkanrendahnyahasilbelajaryaitudarihasilulanganmaterisebelumPLSVyaitupadapokokbahasanmateribangundatar.Persentaseketuntasanbelajarkelassecaraklasikalmencapaikurangdari70%dariseluruhjumlahsiswadikelastersebut.Berdasarkanlatarbelakangyangtelahdijelaskanpadaparagrafsatumendorongpenelitimengadakanpenelitian.PenelitiantersebutbertujuanuntukmendapatkanmodelpembelajarankooperatiftipeNumberedHeadTogether(NHT)denganpendekatansaintifik.ModelpembelajarantersebutyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPLSVkelasVIISMPBrawijayaSmartSchoolMalang.Penelitianmenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdankuantitatif.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas.SebagaisumberdatasiswakelasVII-DSMPBrawijayaSmartSchoolMalangyangberjumlah24orang.PenelitianinidilakukanpadaJanuaridanPebruari2015.Tahapyangdilaksanakandalampenelitianadalah2siklus.Setiapsiklusyangterdiriatas2pertemuan.ModelpembelajarankooperatiftipeNumberedHeadTogether(NHT)denganpendekatansaintifikyangditerapkanpenelitiadatigatahapyaitutahappersiapantahapintidantahapakhir.Tahappersiapanmeliputipenyampaiantujuanpembelajarandanmengingatkanpadamateriprasyarat.Tahapintimeliputipembentukankelompokpemberiannomorpadasetiapsiswapemberiantugaspadamasing-masingkelompokmelaluiLKSsiswaberfikirbersamauntukmenjawabpertanyaanguruyangdisediakandalamLKSdenganlangkahpendekatansaintifik.Tahapakhirmeliputigurubersamasiswamenyimpulkanhasilpembelajaranhariitu.HasilpenelitianinimenunjukkanmodelpembelajarankooperatiftipeNumberedHeadTogether(NHT)denganpendekatansaintifikdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVII-DSMPBSSMalangpadamateriPLSV.Peningkatanhasilbelajardilihatdaripeningkatanpersentasesiswayangtuntasbelajarsecaraklasikaldarinilaiujianmaterisebelumnyalebihdarisamadengan70%siswamemperolehnilailebihdariatausamadengannilaiketuntasanyangtelahditentukanyaitu67.UntukpersentasekeberhasilanmodelpembelajarankooperatiftipeNumberedHeadTogether(NHT)denganpendekatansaintifikyangdigunakanyaitulebihdarisamadengan80%.