Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII / Zahrotul Aminah
Main Author: | Aminah, Zahrotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15935/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAminahZahrotul.2015.PengembanganPerangkatPembelajarandenganModelPenemuanTerbimbingpadaMateriBangunRuangSisiDataruntukSiswaSMPKelasVIII.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.RustantoRahardiM.SiKataKunciperangkatpembelajaranmodelpenemuanterbimbingbangunruangsisidatarPelaksanaanpembelajaranpadaKurikulum2013menuntutguruuntukmelakukaninovasidalamkegiatanpembelajaran.Salahsatucaranyaadalahdenganmengembangkanperangkatpembelajarandenganmodelpenemuanterbimbing.DisisilainberdasarkanhasilwawancaradengansalahsatugurumatematikakelasVIIISMPNegeridikotaMalangditemukanbahwasalahsatumateripelajaranyangdianggapsulitolehsiswaadalahmateribangunruangsisidatar.OlehkarenaitupengembangbermaksudmengembangkanperangkatpembelajarandenganmodelpenemuanterbimbingpadamateribangunruangsisidataruntuksiswaSMPkelasVIII.PerangkatpembelajarandenganmodelpenemuanterbimbingadalahperangkatpembelajaranberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKerjaSiswa(LKS)yangdirancangagarsiswaterlibatsecaraaktifdalammenemukansendirikonsepdanpengetahuanbarutentangmateriyangdipelajaridenganbimbingandanpetunjukyangmengarahkandariguru.Tujuanpengembanganyangdilakukanadalahuntukmenghasilkanperangkatpembelajarandenganmodelpenemuanterbimbingpadamateribangunruangsisidataryangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembanganmengacupadamodelpengembanganPlompyangterdiriatas(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapdesain(3)tahaprealisasi/konstruksidan(4)tahaptesevaluasidanrevisi.Dalampengembanganinidilakukantigaujiterhadapkualitasprodukpengembanganyaituujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.Ujikevalidandilakukanolehtigaorangvalidatoryangterdiridarisatuorangdosenmatematikadanduaorangpraktisi.Sedangkanujikepraktisandanujikeefektifandilakukandenganmelakukanujicobaprodukpada30orangsiswakelasVIIIsebagaisubjekujicobayangdiamatiolehsatuorangpraktisidanduaorangobserver.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilyaitu(1)skorkevalidanRPPdanLKSberturut-turutadalah365dan369(2)skorkepraktisanRPPdanLKSberturut-turutadalah373dan352dan(3)persentasesiswayangmendapatkannilaidiatasSKMyakni75padaKD3.9adalah9333%.Dengandemikianperangkatpembelajarandenganmodelpenemuanterbimbingpadamateribangunruangsisidataryangdihasilkanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.Meskipunperangkatpembelajarantelahdinyatakanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektifrevisiberdasarkankomentaratausarandarivalidatordanhasilujicobatetapdilakukandemipenyempurnaanprodukyangdikembangkan.