Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas VIII / Zahrotul Aminah

Main Author: Aminah, Zahrotul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15935/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAminahZahrotul.2015.PengembanganPerangkatPembelajarandenganModelPenemuanTerbimbingpadaMateriBangunRuangSisiDataruntukSiswaSMPKelasVIII.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.RustantoRahardiM.SiKataKunciperangkatpembelajaranmodelpenemuanterbimbingbangunruangsisidatarPelaksanaanpembelajaranpadaKurikulum2013menuntutguruuntukmelakukaninovasidalamkegiatanpembelajaran.Salahsatucaranyaadalahdenganmengembangkanperangkatpembelajarandenganmodelpenemuanterbimbing.DisisilainberdasarkanhasilwawancaradengansalahsatugurumatematikakelasVIIISMPNegeridikotaMalangditemukanbahwasalahsatumateripelajaranyangdianggapsulitolehsiswaadalahmateribangunruangsisidatar.OlehkarenaitupengembangbermaksudmengembangkanperangkatpembelajarandenganmodelpenemuanterbimbingpadamateribangunruangsisidataruntuksiswaSMPkelasVIII.PerangkatpembelajarandenganmodelpenemuanterbimbingadalahperangkatpembelajaranberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKerjaSiswa(LKS)yangdirancangagarsiswaterlibatsecaraaktifdalammenemukansendirikonsepdanpengetahuanbarutentangmateriyangdipelajaridenganbimbingandanpetunjukyangmengarahkandariguru.Tujuanpengembanganyangdilakukanadalahuntukmenghasilkanperangkatpembelajarandenganmodelpenemuanterbimbingpadamateribangunruangsisidataryangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembanganmengacupadamodelpengembanganPlompyangterdiriatas(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapdesain(3)tahaprealisasi/konstruksidan(4)tahaptesevaluasidanrevisi.Dalampengembanganinidilakukantigaujiterhadapkualitasprodukpengembanganyaituujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.Ujikevalidandilakukanolehtigaorangvalidatoryangterdiridarisatuorangdosenmatematikadanduaorangpraktisi.Sedangkanujikepraktisandanujikeefektifandilakukandenganmelakukanujicobaprodukpada30orangsiswakelasVIIIsebagaisubjekujicobayangdiamatiolehsatuorangpraktisidanduaorangobserver.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilyaitu(1)skorkevalidanRPPdanLKSberturut-turutadalah365dan369(2)skorkepraktisanRPPdanLKSberturut-turutadalah373dan352dan(3)persentasesiswayangmendapatkannilaidiatasSKMyakni75padaKD3.9adalah9333%.Dengandemikianperangkatpembelajarandenganmodelpenemuanterbimbingpadamateribangunruangsisidataryangdihasilkanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.Meskipunperangkatpembelajarantelahdinyatakanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektifrevisiberdasarkankomentaratausarandarivalidatordanhasilujicobatetapdilakukandemipenyempurnaanprodukyangdikembangkan.