Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual materi lingkaran untuk siswa SMP kelas 8 / Vivi Rachmatul Hidayati

Main Author: Hidayati, Vivi Rachmatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15926/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHidayatiViviRachmatul.2015.PengembanganLembarKerjaSiswa(LKS)denganPendekatanKontekstualMateriLingkaranuntukSiswaSMPKelas8.Skripsi.JurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingLathifulAnwarS.SiM.ScKataKunciLembarKerjaSiswa(LKS)pendekatankontekstuallingkaranPembelajarankonvensionaldenganmetodeceramahmasihditemuidisekolahsaatpembelajaranmatematikaberlangsung.HalinisejalandenganditemukannyafaktabahwabeberapagurumasihbelummemanfaatkanmediasepertiLKSuntukmenunjangprosesbelajar.BilapunadaLKSkontennyamasihberkutatpadacontohsoalataulatihansoal.Langkah-langkahpenemuankonsepmasihbelumadapadaLKS.OlehkarenaitupenelitibermaksudmengembangkanLKSdenganpendekatankontekstualpadamaterilingkaranuntuksiswaSMPkelas8yangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembanganyangdigunakanuntukmengembangkanLKSiniadalahhasilmodifikasidarimodelpengembanganPlomp(Hobri201017).Modelpengembanganiniterdiriatas(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapdesain(3)tahaprealisasi/konstruksidantahap(4)tahaptesevaluasidanrevisi.Padapenelitianiniakandiadakantigatesujiyakniujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.Ujikevalidandilakukanolehduavalidatoryaknisatuorangdosenmatematikadansatuorangpraktisi.SetelahLKSdinyatakanvalidmakaLKSdiujicobakanpada29siswaSMPkelas8yangakanmenempuhmaterilingkaransebagaisubjekujicoba.Hasilujikepraktisandidapatdarirata-rataskordaritigainstrumenyaknilembarpengamatanaktivitasgurulembarpengamatanaktivitassiswadanangketsiswa.Hasilujikeefektifandidapatdaripresentasesiswayangmemilikikualifikasituntasberdasarkanrata-ratanilaiujikompetensisiswa.BerdasarkanhasilanalisisdatadidapatkanskorhasilujikevalidandankepraktisanLKSsecaraberturut-turutadalah343dan348.Presentasesiswayangmemperolehnilairata-ratadiatas75(memenuhikualifikasituntas)adalah100%.Haliniberartihasilujikeeefektifanmenyatakan100%siswamemenuhikualifikasituntas.BerdasarkanpaparandatatersebutberartiLKSdenganpendekatankotekstualmaterilingkaranuntuksiswaSMPkelas8telahmemenuhikriteriavalidpraktisdaefektif.