Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual materi lingkaran untuk siswa SMP kelas 8 / Vivi Rachmatul Hidayati
Main Author: | Hidayati, Vivi Rachmatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15926/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHidayatiViviRachmatul.2015.PengembanganLembarKerjaSiswa(LKS)denganPendekatanKontekstualMateriLingkaranuntukSiswaSMPKelas8.Skripsi.JurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingLathifulAnwarS.SiM.ScKataKunciLembarKerjaSiswa(LKS)pendekatankontekstuallingkaranPembelajarankonvensionaldenganmetodeceramahmasihditemuidisekolahsaatpembelajaranmatematikaberlangsung.HalinisejalandenganditemukannyafaktabahwabeberapagurumasihbelummemanfaatkanmediasepertiLKSuntukmenunjangprosesbelajar.BilapunadaLKSkontennyamasihberkutatpadacontohsoalataulatihansoal.Langkah-langkahpenemuankonsepmasihbelumadapadaLKS.OlehkarenaitupenelitibermaksudmengembangkanLKSdenganpendekatankontekstualpadamaterilingkaranuntuksiswaSMPkelas8yangvalidpraktisdanefektif.ModelpengembanganyangdigunakanuntukmengembangkanLKSiniadalahhasilmodifikasidarimodelpengembanganPlomp(Hobri201017).Modelpengembanganiniterdiriatas(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapdesain(3)tahaprealisasi/konstruksidantahap(4)tahaptesevaluasidanrevisi.Padapenelitianiniakandiadakantigatesujiyakniujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.Ujikevalidandilakukanolehduavalidatoryaknisatuorangdosenmatematikadansatuorangpraktisi.SetelahLKSdinyatakanvalidmakaLKSdiujicobakanpada29siswaSMPkelas8yangakanmenempuhmaterilingkaransebagaisubjekujicoba.Hasilujikepraktisandidapatdarirata-rataskordaritigainstrumenyaknilembarpengamatanaktivitasgurulembarpengamatanaktivitassiswadanangketsiswa.Hasilujikeefektifandidapatdaripresentasesiswayangmemilikikualifikasituntasberdasarkanrata-ratanilaiujikompetensisiswa.BerdasarkanhasilanalisisdatadidapatkanskorhasilujikevalidandankepraktisanLKSsecaraberturut-turutadalah343dan348.Presentasesiswayangmemperolehnilairata-ratadiatas75(memenuhikualifikasituntas)adalah100%.Haliniberartihasilujikeeefektifanmenyatakan100%siswamemenuhikualifikasituntas.BerdasarkanpaparandatatersebutberartiLKSdenganpendekatankotekstualmaterilingkaranuntuksiswaSMPkelas8telahmemenuhikriteriavalidpraktisdaefektif.