Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel untuk siswa SMP kelas VII / Lusi Tri Utami

Main Author: Utami, Lusi Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15921/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKUtamiLusiTri.2015.PengembanganPerangkatPembelajaranMatematikadenganPendekatanSaintifikpadaMateriPersamaandanPertidaksamaanLinearSatuVariabeluntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.MakbulMuksarS.PdM.Si.KataKunciPendekatanSaintifikPerangkatPembelajaranLKSRPPPersamaanLinearSatuVariabelPertidaksamaanLinearSatuVariabel.UpayapeningkatanmutupendidikanyangdilakukanpemerintahsalahsatunyadenganmelakukanperubahandariKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)menjadiKurikulum2013(K13).Prosespembelajaranpadakurikulum2013menggunakanpendekatansaintifikyangmengandunglimaaktifitaspembelajaranyaitumengamatimenanyamenggumpulkaninformasimenalardanmengomunikasikan.UpayalainyangdilakukanpemerintahadalahpengadaanbukupegangansiswasecaraserentakdiIndonesiapadasemuajenjangpendidikan.SelainitujugadikembangkanperangkatpembelajaranyangmenunjangbukupegangansiswasepertiRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKerjaSiswa(LKS)yangmengacupadakegiatanpembelajaranberbasispendekatansaintifiksesuaidengankurikulum2013.ModelpengembanganyangdilakukanolehpenelitiadalahmodelPlompyangdimodifikasidikarenakanketerbatasanwaktudanbiayadalammengimplementasikanproduksecaraluas.Tahap-tahaptersebutadalahtahapinvestigasiawaltahapperancangan(design)tahappengembangan(develop)dantahaptesevaluasidanrevisi.Ujiyangdilakukanterhadapperangkatpembelajaranyangdikembangkanadalahujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.UntukmenentukankevalidanperangkatpembelajarandigunakandatadarilembarvalidasiRPPdanLKS.Untukmenentukankepraktisanperangkatpembelajarandigunakandatadarilembarobserverterhadapkegiatanpembelajaran.Sedangkanuntukmenentukankeefektifanperangkatpembelajarandigunakandatadarilembarangketresponsiswa.Hasilujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifandianalisisdenganmenggunakanteknikanalisispenilaianrata-rata.HasilanalisisyangtelahdilakukanmenunjukkanbahwatingkatkevalidandariRPPadalahValiddenganrata-ratapenilaianadalah324dantingkatkevalidandariLKSadalahValiddenganrata-ratapenilaianadalah324.Sedangkantingkatkepraktisandariperangkatpembelajaranadalahsangattinggidenganrata-ratapenilaianadalah364dantingkatkeefektifandariperangkatpembelajaranadalahsangattinggidenganrata-ratapenilaianadalah365.OlehkarenaitudiperolehkesimpulanbahwaperangkatpembelajaranyangdikembangkanpadamateriPersamaandanPertidaksamaanLinearSatuVariabelinidapatdikatakanvalidpraktisdanefektifsehinggalayakdigunakandalamkegiatanpembelajarandikelas.