Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel untuk siswa SMP kelas VII / Lusi Tri Utami
Main Author: | Utami, Lusi Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15921/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKUtamiLusiTri.2015.PengembanganPerangkatPembelajaranMatematikadenganPendekatanSaintifikpadaMateriPersamaandanPertidaksamaanLinearSatuVariabeluntukSiswaSMPKelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.MakbulMuksarS.PdM.Si.KataKunciPendekatanSaintifikPerangkatPembelajaranLKSRPPPersamaanLinearSatuVariabelPertidaksamaanLinearSatuVariabel.UpayapeningkatanmutupendidikanyangdilakukanpemerintahsalahsatunyadenganmelakukanperubahandariKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)menjadiKurikulum2013(K13).Prosespembelajaranpadakurikulum2013menggunakanpendekatansaintifikyangmengandunglimaaktifitaspembelajaranyaitumengamatimenanyamenggumpulkaninformasimenalardanmengomunikasikan.UpayalainyangdilakukanpemerintahadalahpengadaanbukupegangansiswasecaraserentakdiIndonesiapadasemuajenjangpendidikan.SelainitujugadikembangkanperangkatpembelajaranyangmenunjangbukupegangansiswasepertiRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKerjaSiswa(LKS)yangmengacupadakegiatanpembelajaranberbasispendekatansaintifiksesuaidengankurikulum2013.ModelpengembanganyangdilakukanolehpenelitiadalahmodelPlompyangdimodifikasidikarenakanketerbatasanwaktudanbiayadalammengimplementasikanproduksecaraluas.Tahap-tahaptersebutadalahtahapinvestigasiawaltahapperancangan(design)tahappengembangan(develop)dantahaptesevaluasidanrevisi.Ujiyangdilakukanterhadapperangkatpembelajaranyangdikembangkanadalahujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.UntukmenentukankevalidanperangkatpembelajarandigunakandatadarilembarvalidasiRPPdanLKS.Untukmenentukankepraktisanperangkatpembelajarandigunakandatadarilembarobserverterhadapkegiatanpembelajaran.Sedangkanuntukmenentukankeefektifanperangkatpembelajarandigunakandatadarilembarangketresponsiswa.Hasilujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifandianalisisdenganmenggunakanteknikanalisispenilaianrata-rata.HasilanalisisyangtelahdilakukanmenunjukkanbahwatingkatkevalidandariRPPadalahValiddenganrata-ratapenilaianadalah324dantingkatkevalidandariLKSadalahValiddenganrata-ratapenilaianadalah324.Sedangkantingkatkepraktisandariperangkatpembelajaranadalahsangattinggidenganrata-ratapenilaianadalah364dantingkatkeefektifandariperangkatpembelajaranadalahsangattinggidenganrata-ratapenilaianadalah365.OlehkarenaitudiperolehkesimpulanbahwaperangkatpembelajaranyangdikembangkanpadamateriPersamaandanPertidaksamaanLinearSatuVariabelinidapatdikatakanvalidpraktisdanefektifsehinggalayakdigunakandalamkegiatanpembelajarandikelas.