Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bangun ruang sisi datar dengan pendekatan saintifik yang terintegrasi pendidikan karakter untuk siswa SMP kelas VIII / Anis Suraida Safitri

Main Author: Safitri, Anis Suraida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15920/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSafitriAnisSuraida.2015.PengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)BangunRuangSisiDatardenganPendekatanSaintifikyangTerintegrasiPendidikanKarakteruntukSiswaSMPKelasVIII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.TriHapsariUtamiM.PdKatakuncilembarkegiatansiswabangunruangsisidatarpendekatansaintifikpendidikankarakterLembarKegiatanSiswa(LKS)merupakansalahsatubahanajaryangdigunakanolehgurudalampembelajarandikelasdandapatmembantumengaktifkanpesertadidikselamapembelajaran.BerdasarkanobservasipendahuluanyangdilakukandiSMPN10MalangdiperolehinformasibahwaSMPN10MalangmenggunakanKurikulum2013dalampembelajarannyadanmenggunakanLKSsebagaisumberbelajar.NamunLKSyangdigunakanhanyaberisiringkasanmateridansoallatihandanbelumbisamemfasilitasisiswauntukmengkonstruksikonsep.Berdasarkanwawancaradengan6siswakelasIXyangtelahmempelajarimateribangunruangsisidatardiperolehhasilsebagaiberikut(1)enamsiswatidakmengetahuikalaukubusdanbalokjugamerupakanprismasegiempat(2)empatsiswamengalamikesulitanuntukmenentukanluaspermukaanprismadanlimasdan(3)enamsiswamengalamikesulitanmengerjakansoalpemecahanmasalah.SelainitudiperolehinformasibahwaSMPN10Malangmelaksanakanpendidikankaraktermelaluibudayasekolah.SMPN10MalangmenanamkannilaikejujurankeadilandantanggungjawabmelaluipengembangankantinkejujurannilaikepedulianmelaluipembiasaanmenjagakebersihanmenghormatimelaluirutinitasciumtangangurupelaksaanImtaqdansholatdhuhurberjamaah.Namundalampelaksanaanpendidikankarakterditemuihambatanyangberasaldarisiswa.Hambatantersebutberkaitandengankesadarankemauandansistemnilaiyangdimilikisetiapindividuyangterwujuddariperilakutidakterpujisiswa.Perilakuyangmunculsepertiramaisaatpembelajaranberlangsungtidakmaubekerjasecarakelompokbertindakcurang(menconteksaatulanganhariandanmenyalintugasteman)menggunakanbarang-barangterlarangdanadabeberapasiswayangtidakjujursaatmembayardikantinkejujuran.TujuandaripenelitianiniadalahmengembangkanLembarKegiatanSiswa(LKS)bangunruangsisidatardenganpendekatansaintifikyangterintegrasipendidikankarakter.ModelpengembanganyangdigunakandalampengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)iniadalahmodelPlompyangtelahdisederhanakan.ModelPlompiniterdiridari4faseyaitu(1)faseinvestigasi(2)fasedesain(3)faserealisasi/konstruksidan(4)fasetesevaluasidanrevisi.Untukmenilaikualitasprodukyangdikembangkandilakukantigatahapujiyangterdiriatasujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.Ujikevalidandilakukanoleh3validatoryangterdiridari1dosenmatematikaUniversitasNegeriMalang(UM)dan2gurumatematikaSekolahMenengahPertama(SMP).Sedangkanujikepraktisandankeefektifandilakukandenganmengujicobakanprodukkepada9siswaSMPN10Malang.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilyaitu(1)skorkevalidansebesar3554dengankriteriakevalidanvalid(2)skorkepraktisani