Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bangun ruang sisi datar dengan pendekatan saintifik yang terintegrasi pendidikan karakter untuk siswa SMP kelas VIII / Anis Suraida Safitri
Main Author: | Safitri, Anis Suraida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15920/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSafitriAnisSuraida.2015.PengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)BangunRuangSisiDatardenganPendekatanSaintifikyangTerintegrasiPendidikanKarakteruntukSiswaSMPKelasVIII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.TriHapsariUtamiM.PdKatakuncilembarkegiatansiswabangunruangsisidatarpendekatansaintifikpendidikankarakterLembarKegiatanSiswa(LKS)merupakansalahsatubahanajaryangdigunakanolehgurudalampembelajarandikelasdandapatmembantumengaktifkanpesertadidikselamapembelajaran.BerdasarkanobservasipendahuluanyangdilakukandiSMPN10MalangdiperolehinformasibahwaSMPN10MalangmenggunakanKurikulum2013dalampembelajarannyadanmenggunakanLKSsebagaisumberbelajar.NamunLKSyangdigunakanhanyaberisiringkasanmateridansoallatihandanbelumbisamemfasilitasisiswauntukmengkonstruksikonsep.Berdasarkanwawancaradengan6siswakelasIXyangtelahmempelajarimateribangunruangsisidatardiperolehhasilsebagaiberikut(1)enamsiswatidakmengetahuikalaukubusdanbalokjugamerupakanprismasegiempat(2)empatsiswamengalamikesulitanuntukmenentukanluaspermukaanprismadanlimasdan(3)enamsiswamengalamikesulitanmengerjakansoalpemecahanmasalah.SelainitudiperolehinformasibahwaSMPN10Malangmelaksanakanpendidikankaraktermelaluibudayasekolah.SMPN10MalangmenanamkannilaikejujurankeadilandantanggungjawabmelaluipengembangankantinkejujurannilaikepedulianmelaluipembiasaanmenjagakebersihanmenghormatimelaluirutinitasciumtangangurupelaksaanImtaqdansholatdhuhurberjamaah.Namundalampelaksanaanpendidikankarakterditemuihambatanyangberasaldarisiswa.Hambatantersebutberkaitandengankesadarankemauandansistemnilaiyangdimilikisetiapindividuyangterwujuddariperilakutidakterpujisiswa.Perilakuyangmunculsepertiramaisaatpembelajaranberlangsungtidakmaubekerjasecarakelompokbertindakcurang(menconteksaatulanganhariandanmenyalintugasteman)menggunakanbarang-barangterlarangdanadabeberapasiswayangtidakjujursaatmembayardikantinkejujuran.TujuandaripenelitianiniadalahmengembangkanLembarKegiatanSiswa(LKS)bangunruangsisidatardenganpendekatansaintifikyangterintegrasipendidikankarakter.ModelpengembanganyangdigunakandalampengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)iniadalahmodelPlompyangtelahdisederhanakan.ModelPlompiniterdiridari4faseyaitu(1)faseinvestigasi(2)fasedesain(3)faserealisasi/konstruksidan(4)fasetesevaluasidanrevisi.Untukmenilaikualitasprodukyangdikembangkandilakukantigatahapujiyangterdiriatasujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.Ujikevalidandilakukanoleh3validatoryangterdiridari1dosenmatematikaUniversitasNegeriMalang(UM)dan2gurumatematikaSekolahMenengahPertama(SMP).Sedangkanujikepraktisandankeefektifandilakukandenganmengujicobakanprodukkepada9siswaSMPN10Malang.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilyaitu(1)skorkevalidansebesar3554dengankriteriakevalidanvalid(2)skorkepraktisani