Pengembangan Lembar kegiatan Siswa (LKS) bercirikan group investigation pada materi transformasi untuk siswa SMP kelas VII / Shella Naviana

Main Author: Naviana, Shella
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15917/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNavianaShella.2015.PengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)BercirikanGroupInvestigationpadaMateriTransformasiuntukSiswaSMPKelasVII.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingAningWidaYantiS.SiM.Pd.KataKunciLembarKegiatanSiswa(LKS)GroupInvestigationtransformasiSalahsatusumberbelajaryangdapatdimanfaatkangurudalamprosespembelajaranadalahbahanajarberupaLembarKegiatanSiswa(LKS).LKSmerupakansalahsatubahanajaryangdapatmembantugurudalammencapaitujuanpembelajaran.BerdasarkanhasilsurveiyangdilakukanpenelitidiketahuibahwaLKSyangdigunakandiSMPN16danSMPN8MalangyaituLKSdariMGMPKotaMalangdanmasihkurangmembantusiswauntukmenguasaikonsepyangakandibahas.SelainituberdasarkanhasilsurveiyangdilakukanpenelitidiSMPN1GedanganSidoarjoSMPN2GedanganSidoarjodanSMPN2SidoarjodiperolehinformasibahwaLKSyangdigunakanadalahLKSdariMGMPKabupatenSidoarjodandidapatkaninformasibahwaLKSbelummembantusiswamemahamimateriterutamapadamateritransformasi.UntukmengetahuiresponsiswaterhadapmateritransormasipenelitimelakukanwawancaradenganduasiswaSMPN2GedanganSidoarjodanduasiswaSMPN16Malangyangtelahmenempuhmateritransformasi.Hasildariwawancaratersebutdiperolehinformasibahwamerekacenderungmemahamikonseptransformasihanyadenganpenggunaanrumus-rumusnyasaja.BerdasarkanhaltersebutpenelitimengembangkanLKSbercirikanGroupInvestigationpadamateritransformasi.LembarKegiatanSiswa(LKS)bercirikanGroupInvestigationpadamateritransformasiadalahlembaran-lembaranaktivitasterstrukturberdasarkanDepdiknasdanmemuataktivitas-aktivitasuntukmelakukankegiatanpenyelidikanterkaitmateripencerminantranslasirotasidandilatasidenganbantuanalatperagayangdikembangkandaritahapanGroupInvestigation.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanLKSbercirikanGroupInvestigationpadamateritransformasidanmendeskripsikanprosespengembangandariLKSbercirikanGroupInvestigationpadamateritransformasiyangvaliddanpraktis.ModelPengembanganberpedomanpadamodelpengembanganPlomp(Hobri201017)yangterdiriatas(1)faseinvestigasiawal(2)fasedesain(3)faserealisasi/konstruksi(4)fasetesevaluasidanrevisidan(5)faseimplementasi.NamunpengembangandalampenelitianinidilakukansampaipadafasetesevaluasidanrevisidikarenakanLKSdikembangkanhanyauntuksiswayangbelummenempuhmateritransformasi.Untukmenilaikualitasprodukyangdikembangkandilakukanduatahapujiyangterdiriatasujikevalidandanujikepraktisan.UjikevalidandilakukanolehduavalidatoryangterdiridarisatudosenmatematikadansatugurumatematikaSMP.SedangkanujikepraktisandilakukandenganmengujicobakanprodukkepadasepuluhsiswaSMPkelasVIIyangbelummenempuhmateritransformasisebagaisubjekujicoba.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilyaitu(1)rerataskorkevalidanLKSadalah383dengankriteriakevalidanadalahvaliddan(2)rerataskorkepraktisanLKSadalah385dengantingkatkepraktisanadalahtinggi.DengandemikiansecarakeseluruhanLKSdinyatakanvaliddanpraktistanparevisi.MeskipunLKStelahdinyatakanvaliddanpraktispenelititetapmelakukanrevisiberdasarkansarandankomentardarivalidatormaupunsubjekujicobaselainiturevisijugadilakukanberdasarkananalisishasilpengerjaansiswapadasaatmengerjakanLKS.