Penerapan strategi REACT berorientasi penemuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-H SMP Negeri 20 Malang materi persamaan linear dua variabel / Ahmad Hasan Saifurrisal

Main Author: Saifurrisal, Ahmad Hasan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15916/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaifurrisalAhmadHasan.2015.PenerapanStrategiREACTBerorientasiPenemuanuntukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarSiswaKelasVIII-HSMPNegeri20MalangMateriPersamaanLinearDuaVariabel.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.AbdulQoharM.T.KatakuncipembelajarankontekstualstrategiREACTberorientasipenemuanaktivitasbelajarhasilbelajar.HasilobservasiawalyangdilakukandikelasVIII-HSMPNegeri20Malangmenunjukkanbahwasebagianbesarsiswamengalamikesulitanpadamateripersamaanlinearduavariabel.Kesulitanyangdialamisiswadidugakarenagurulebihseringmengajardenganmodelpembelajaranekspositorisehinggasiswakurangaktifdalamprosesbelajarmengajardanmenyebabkanhasilbelajarsiswakurangmaksimal.MakaperluditerapkanmetodepembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswayaitupembelajarankontekstualdenganstrategiREACTberorientasipenemuan.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajarandenganstrategiREACTberorientasipenemuanyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVIII-HSMPNegeri20Malangmateripersamaanlinearduavariabel.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).Datapenelitianberupahasilwawancaradaftarnilaisiswapadatesditiapakhirsiklusdandatahasilobservasiyangdidapatkandariobserver.Pengumpulandatadilakukandenganteknikwawancaraobservasiangketlembarpenilaianaktivitassiswatescatatanlapangandandokumentasi.Kegiatananalisisdatadimulaidarireduksidatapenyajiandataverifikasidatadanpenarikankesimpulan.BerdasarkanhasilanalisistersebutdiperolehkesimpulanbahwapenerapanstrategiREACTberorientasipenemuanpadamateripersamaanlinearduavariabeldapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVIII-HSMPNegeri20Malangpadamateripersamaanlinearduavariabel.PersentaseaktivitassiswapadasiklusIsebesar71875%dengankategoribaiktetapimasihadapoinpengamatanyangbernilai2.PersentaseaktivitassiswapadasiklusIIsebesar875%dengankategorisangatbaikdansetiappoinpengamatanmencapaiminimalnilai3.HasiltessiswapadasiklusImenunjukkanbahwa5625%siswayangmemperolehnilaimencapaiKKMyaitu75denganrata-ratahasiltesyangdiperolehadalahsebesar718125.HasiltessiswapadasiklusIImenunjukkanbahwa875%siswayangmemperolehnilaimencapaiKKMyaitu75denganrata-ratahasiltesyangdiperolehadalahsebesar84125.Berikutinilangkah-langkahpembelajarandenganstrategiREACTberorientasipenemuanyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVIII-HSMPNegeri20Malangpadamateripersamaanlinearduavariabel1)gurumemberikanapersepsidanmotivasi2)menerapkanstrategiREACTberorientasipenemuandengantahapantahapeksplorasitahapdiskusidanpresentasimasalahbarudantahapaplikasidanekspansi3)siswamengomunikasikanhasildiskusikelompokkemudianbersama-samagurumembuatkesimpulan.