Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam inovasi pembelajaran saintifik religius (studi multisitus SDIT Baitul Izzah dan SDI Plus Baitul Ikhlas Kabupaten Nganjuk) / Bagus Rachmad Saputra

Main Author: Saputra, Bagus Rachmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/159159/
Daftar Isi:
  • Perankepalasekolahmemilikiperananpentingdalammenggerakkangurudalamupayapeningkatankualitaspembelajarandisekolah.Sebagaiseorangpemimpindisekolahkepalasekolahperlumenerapkankepemimpinanpembelajarandalamupayamengkondisikanguruagarmampumenerapkanmodelpembelajaranyangtelahmenjadiprogramunggulansekolah.Sekolahpunberagamjenisnyabaiksekolahnegerimaupunswasta.Modelsekolahpunjugaberagamadayangumumdanadapulayangbercirikhasagama.Tentukepemimpinanyangditerapkankepalasekolahdisekolahumumberbedadengansekolahberbasisagama.Padasekolahberbasisagamabukanhanyaberfokuspadapencapaianprestasibelajarpesertadidiknamunjugamenginternalisasikannilai-nilaiagamakedalamaktivitaspembelajarandisekolah.Olehkarenaitutidakjarangditemuijikasekolah-sekolahberbasisagamamengedepankankecerdasanspiritualselainkecerdasanintelektualsebagaiidentitasmereka.Meskidemikiansekolahberbasisagamamemilikitantanganyangsamadengansekolahumumyaknibagaimanadapatmengembangkaninovasipembelajaranyangmoderndengancirikhasmerekapembelajaransaintifikreligius.Tentudalamhaliniperankepemimpinankepalasekolahbegitupentingdalammengarahkantujuanpembelajarandisekolahberbasisreligius.Penelitianinidilaksanakanolehpenelitidenganberfokuspada(1)kepemimpinanpembelajaranyangditerapkankepalasekolahdalaminovasipembelajaransaintifikreligius(2)inovasipembelajaranyangdilakukankepalasekolahpadapembelajaranberbasissaintifikreligiusdan(3)dukunganmasyarakatterhadapkepemimpinankepalasekolahdalammelakukaninovasipembelajaranberbasissaintifikreligiusdisekolahpadaSDITBaitulIzzahdanSDIPlusBaitulIkhlasKabupatenNganjuksebagaisekolahyangsama-samamemilikilatarbelakangsebagaisekolahbercirikhasagamaIslamdenganmodelterpadu.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudimultisitus.Pengumpulandatadilakukandengancarawawancaramendalamsecaraterstrukturmaupuntidakterstrukturpengamatanlangsungdanstudidokumentasi.Kemudiandatayangdiperolehdicatatdalambentukcatatanlapangandanjugatranskriprekamanwawancara.Dataselanjutkandireduksidandianalisisdengantekniktrianggulasiuntukmengecekkeabsahandatayangtelahdiperoleholehpeneliti.Selaintrianggulasipenelitijugamelakukanmembercheckdanjugadiskusidengantemansejawatterkaitdatayangtelahdiperoleh.Kemudiandatadiorganisirdandianalisissecaraberulang-ulangbaikdalamsatusitusmaupunlintassitusgunamenemukankonseptemuanpenelitian.Hasildaripenelitiantentangkepemimpinanpembelajarankepalasekolahdalaminovasipembelajaransaintifikreligiusditemukanbahwa(1)kepemimpinanpembelajaranyangditerapkanolehkepalasekolahberangkatdarivisimisidantujuansekolahdenganberpedomankepadanilai-nilaiagamaIslamyangbersumberpadakitabsuciAlQurandanhadistyangselanjutnyanilai-nilaitersebutdiinternalisasikanpadaaktivitaspembelajaran(2)inovasipembelajaranyangdilakukanolehkepalasekolahmelakukanmodelpembelajarannilai-nilaiagamaIslamkedalammodelpembiasaanbekerjasmadenganlembagaluaruntukmengembangkanmodelpembelajaranberbasisagamaIslamdanmengembangkanketerampilanberbahasaasingbaikbagipesertadidikmaupunbagiguru(3)pembelajaransaintifikreligiusdilakukandenganmodelterpaduyaknipembelajaranumumdikelasberbasistematikdipadukandenganpembelajarannilai-nilaiagamaIslamdiluarjampembelajarandikelas.Pembelajarannilai-nilaiagamaIslamdilakukandenganpembiasaanperilakuyangsesuaiajaranagamaIslamdanpembiasaanberibadahsertakemampuanpesertadidikdalammengaitkanmateripembelajarandengannilai-nilaiagamayangtelahdiyakininya.