Pengembangan perangkat pembelajaran materi persamaan kuadrat dengan pendekatan scientific model penemuan terbimbing untuk siswa SMP / Harun Arrosyid

Main Author: Arrosyid, Harun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15914/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKArrosyidHarun.2015.PengembanganPerangkatPembelajaranMateriPersamaanKuadratdenganPendekatanScientificModelPenemuanTerbimbinguntukSiswaSMP.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.MakbulMuksarS.Pd.M.Si.KataKunciperangkatpembelajaranpendekatanscientificmodelpenemuanterbimbingPerangkatpembelajaranmerupakankomponenpentingdalamprosespembelajaranmatematika.Untukitugurusebagaiperencanadanpengelolapembelajarandiharapkandapatmengembangkanperangkatpembelajaranyangdapatmengaktifkansiswasertamewujudkanpembelajaranyangbaik.Pendekatanyangdigunakanuntukmenghasilkanpembelajaranyangbaikadalahpendekatanscientific.Pendekatantersebutmerupakanpendekatanpembelajaranyangsesuaidengankurikulumyangberlakusaatiniyaitukurikulum2013.Untukmendukungterlaksananyapembelajarandenganpendekatanscientificmodelpembelajaranyangdapatdigunakanadalahmodelpenemuanterbimbing.PerangkatpembelajaranmenggunakanpendekatanscientificmodelpenemuanterbimbingadalahperangkatpembelajaranberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKerjaSiswa(LKS)yangmenggunakanlangah-langkahpembelajaranpendekatanscientificyangdipadukandengantahapan-tahapanpenemuanterbimbingdanmemberikankesempatansiswauntukmenemukankembalikonsepmatematikasecaramandiridenganbimbinganguru.Tujuanpengembanganyangdilakukanadalahmenghasilkanperangkatpembelajaranmateripersamaankuadratyangvalidpraktisdanefektif.MetodeyangdigunakandalammengembangkanperangkatpembelajaraniniadalahmetodeResearchandDevelopment(RD).Metodetersebutdimodifikasisehinggatahapan-tahapandalampengembanganperangatpembelajaraniniadalahpotensimasalahpengumpulaninformasimendesainperangkatpembelajaranmelakukanvalidasidesainrevisiujicobakelompokkecilrevisidanproduksidraftakhirperangkatpembelajaran.Dalampenelitianinidilakukantigaujiterhadapkualitasprodukpengembanganyangterdiriatasujikevalidanujikepraktisandanujikeefektifan.Ujikevalidandilakukanolehempatorangvalidatoryangterdiridarisatuorangdosenmatematikadantigaorangpraktisi.Sedangkanujikepraktisandanujikeefektifandilakukandenganmelakukanujicobaprodukpada27orangsiswakelasVIIIsebagaisubjekujicoba.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilyaitu(1)persentasekevalidanRPPdanLKSberturut-turutadalah9101%dan8863%(2)persentasekepraktisanRPPdanLKSberturut-turutadalah9392%dan935%dan(3)persentasesiswayangmendapatkannilaidiatasSKMadalah100%yangditunjukkandengansemuasubjekujicobamemperolehnilaikuisdaritiappertemuandalamKD3.3lebihdariatausamadengan75.Dengandemikianperangkatpembelajaranmateripersamaankuadratmenggunakanpendekatanscientificmodelpenemuanterbimbingyangdihasilkanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektif.Meskipunperangkatpembelajarantelahdinyatakanmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektifrevisiberdasarkansarandarivalidatordanhasilujicobatetapdilakukanuntukpenyempurnaanprodukyangdikembangkan.