Pengaruh entreprenurial self-efficacy, subjective norm, dan locus of control terhadap entrepreneurial intention melalui entrepreneurial attitude pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar / Andika Isma

Main Author: Isma, Andika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/159134/
Daftar Isi:
  • PengangguranmerupakanpermasalahanutamadiIndonesia.HaltersebutterjadikarenaIndonesiamerupakannegaradengantingkatpertumbuhanpendudukyangcukuptinggisehinggaberpengaruhterhadappersainganuntukmendapatkanpekerjaan.Salahsatucarayangdianggapcukupefektifuntukmengatasimasalahpengangguranyaknidenganmenciptakanataumenambahjumlahwirausaha.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhlangsungdanpengaruhtidaklangsungdariEntreprenurialSelf-EfficacySubjectiveNormEntrepreneurialAttitudeterhadapEntreprenurialIntention.PenelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifjenisDescriptiveExplanatoryyangmengambarkanhubunganantarvariabeldenganpopulasisebesar492Mahasiswa.TeknikpengambilansampelmenggunakanProportionalRandomSamplingberjumlah220responden.Instrumenpenelitianyangdigunakanyaitukuesionertertutupyangsebelumnyatelahdiujicobakanyaitumelaluiujivaliditasdanujireliabilitassehinggaitemkuesionerdinyatakanvaliddanreliabeluntukdigunakansebagaiinstrumenpenelitian.Teknikanalisisdatapadapenelitianinimenggunakananalisisdeskriptifdananalisisjalur(pathanalysis).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)adapengaruhlangsungpositifsignifikanEntreprenurialSelf-EfficacySubjectiveNormEntrepreneurialAttitudeterhadapEntreprenurialIntention.2)adapengaruhtidaklangsungpositifsignifikanEntreprenurialSelf-EfficacySubjectiveNormEntrepreneurialAttitudeterhadapEntreprenurialIntention.Berdasarkanhasilpenelitiandiatasdapatdiberikansaranyaitu1)dapatmenjadibahaninformasimaupunreferensiuntukparapendidiksehinggamampumengarahkandanmembimbingmahasiswaterkaitpengembanganaspek-aspekmaupunketerampilanmahasiswadalamberwirausahayangdianggapkurangmampumenjadimampu2)hendaknyamahasiswalebihmemperdalamlagiketerampilanterkaitpengelolaanbisnissehinggatidakterfokuspadaprodukyangdihasilkansajanamunjugaharusmampuberkomunikasiyangeratkaitannyadenganpemasaranprodukdanjugapengambilankeputusanterhadapevaluasibisnisgunapengembanganbisnis/usahadan3)Untukpenelitiselanjutnyamengupayakanagarlebihmemperdalamdanmemperluaspenelitianinibaikdarisegivariabeldanmetodepenelitiannya.