Pengaruh entreprenurial self-efficacy, subjective norm, dan locus of control terhadap entrepreneurial intention melalui entrepreneurial attitude pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar / Andika Isma
Main Author: | Isma, Andika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/159134/ |
Daftar Isi:
- PengangguranmerupakanpermasalahanutamadiIndonesia.HaltersebutterjadikarenaIndonesiamerupakannegaradengantingkatpertumbuhanpendudukyangcukuptinggisehinggaberpengaruhterhadappersainganuntukmendapatkanpekerjaan.Salahsatucarayangdianggapcukupefektifuntukmengatasimasalahpengangguranyaknidenganmenciptakanataumenambahjumlahwirausaha.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhlangsungdanpengaruhtidaklangsungdariEntreprenurialSelf-EfficacySubjectiveNormEntrepreneurialAttitudeterhadapEntreprenurialIntention.PenelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifjenisDescriptiveExplanatoryyangmengambarkanhubunganantarvariabeldenganpopulasisebesar492Mahasiswa.TeknikpengambilansampelmenggunakanProportionalRandomSamplingberjumlah220responden.Instrumenpenelitianyangdigunakanyaitukuesionertertutupyangsebelumnyatelahdiujicobakanyaitumelaluiujivaliditasdanujireliabilitassehinggaitemkuesionerdinyatakanvaliddanreliabeluntukdigunakansebagaiinstrumenpenelitian.Teknikanalisisdatapadapenelitianinimenggunakananalisisdeskriptifdananalisisjalur(pathanalysis).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)adapengaruhlangsungpositifsignifikanEntreprenurialSelf-EfficacySubjectiveNormEntrepreneurialAttitudeterhadapEntreprenurialIntention.2)adapengaruhtidaklangsungpositifsignifikanEntreprenurialSelf-EfficacySubjectiveNormEntrepreneurialAttitudeterhadapEntreprenurialIntention.Berdasarkanhasilpenelitiandiatasdapatdiberikansaranyaitu1)dapatmenjadibahaninformasimaupunreferensiuntukparapendidiksehinggamampumengarahkandanmembimbingmahasiswaterkaitpengembanganaspek-aspekmaupunketerampilanmahasiswadalamberwirausahayangdianggapkurangmampumenjadimampu2)hendaknyamahasiswalebihmemperdalamlagiketerampilanterkaitpengelolaanbisnissehinggatidakterfokuspadaprodukyangdihasilkansajanamunjugaharusmampuberkomunikasiyangeratkaitannyadenganpemasaranprodukdanjugapengambilankeputusanterhadapevaluasibisnisgunapengembanganbisnis/usahadan3)Untukpenelitiselanjutnyamengupayakanagarlebihmemperdalamdanmemperluaspenelitianinibaikdarisegivariabeldanmetodepenelitiannya.