Penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-E SMP Negeri 4 Malang pada materi persamaan linear dua variabel / Yulia Puspitaningrum
Main Author: | Puspitaningrum, Yulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15912/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPuspitaningrumYulia.2015.PenerapanModelPembelajaranTeamAssistedIndividualizationUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIII-ESMPNegeri4MalangpadaMateriPersamaanLinierDuaVariabel.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.RiniNurhakikiM.Pd.KataKunciTeamAssistedIndividualizationHasilBelajarBerdasarkanobservasiawalsertawawancarakepadagurupengajarmatematikakelasVIII-ESMPNegeri4Malangdiketahuibahwametodeyangdigunakanpadapembelajaranmatematikaadalahmetodediskusi.Pembagiankelompokuntukdiskusiberdasarkantemanbangkuterdekatdansiswayangberkemampuansamacenderungberkelompoksehinggakelompokyangterbentuktidaksetaradalamaspekkemampuanakademik.Beberapakelompokmengalamikesulitanketikamengerjakantugasnamuntidaksemuakelompokberaniuntukmenyampaikankesulitantersebutpadaguru.Padaakhirnyahanyakelompokyangberanibertanyapadaguruyangmemperolehpemahamanlebihdalamtentangtopikbahasanpadapertemuantersebut.Denganmodelpembelajaransepertiitupadamateripersamaangarislurushanya4167%danpadamaterifungsihanya458%daritotalkeseluruhansiswakelasVIII-EyangnilainyamemenuhiStandarKelulusanMinimal(SKM).BerdasarkanberbagaialasantersebutmakaperluadanyapenangananterhadapperbedaankemampuanindividusehinggahasilbelajarsiswakelasVIII-ESMPNegeri4Malangdapatditingkatkan.Modelpembelajaranyangditerapkanadalahteamassistedindividualization(TAI).Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpembelajaranteamassistedindividualizationyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIII-ESMPNegeri4MalangpadamateriPersamaanLinierDuaVariabel(PLDV).Langkah-langkahpembelajaranteamassistedindividualizationmengandungdelapankomponenyaituplacementtestteamcurriculummaterialteamstudyteachinggroupwholeclassunitfacttestdanteamscoreandteamrecognition.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangberjalandalam2siklus.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputihasilobservasiaktivitasguruhasilobservasiaktivitassiswadanhasiltesakhirsiklus.Observasiaktivitasgurudanaktivitassiswaberpedomanpadalembarobservasiyangberisifaktadilapanganselamakegiatanpembelajaran.DatapenelitianmenunjukkanbahwasetelahpenerapanmodelpembelajaranteamassistedindividualizationhasilbelajarsiswakelasVIII-ESMPNegeri4Malangmengalamipeningkatan.PeningkatantersebutdapatdilihatdariperbandinganpresentasesiswakelasVIII-ESMPNegeri4Malangyangmencapaiketuntasanbelajarataumendapatnilailebihdariatausamadengan75padateskemampuanawaldanpadatesakhirsiklus.Padateskemampuanawal50%darikeseluruhansiswakelasVIII-ESMPNegeri4Malangmencapaiketuntasanbelajar.SetelahpenerapanmodelpembelajaranteamassistedindividualizationpresentasesiswakelasVIII-ESMPNegeri4MalangyangmencapaiketuntasanbelajarpadasiklusImeningkatmenjadi625%danpadasiklusIImeningkatmenjadi7083%.