Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi persamaan linier dua variabel untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 4 Malang / Kinanti Retnaning Widyani
Main Author: | Widyani, Kinanti Retnaning |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15909/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWidyaniKinantiRetnaning.PenerapanContextualTeachingandLearning(CTL)padaMateriPersamaanLinierDuaVariabeluntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIII-CSMPNegeri4Malang.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.RiniNurhakikiM.Pd.KataKunciContextualTeachingandLearning(CTL)HasilBelajar.BerdasarkanobservasidandiskusidengangurumatematikakelasVIII-CSMPNegeri4MalangpenelitimendapatkanfaktabahwasiswaVIII-Ckurangantusiasdalammengikutipembelajaranmatematika.Haliniterlihatketikapembelajaranberlangsungsiswacenderungpasif.Siswajugamengalamikesulitandalammengerjakansoalpenerapan.Selainituhasilbelajarmerekatergolongkurang.DarihasilulanganhariansiswayangmendapatnilaisesuaiStandarKetuntasanMinimal(SKM)hanyasebesar58%.HalitujugadidukungolehnilaiteskemampuanawalmateriprasyaratpersamaanlinierduavariabelpresentasebanyaksiswayangmendapatnilaisesuaiSKMadalah541%.Makadariitudibutuhkansuatupembelajaranyangmenarikdanmemberikesempatansiswauntukmengonstruksisendiripengetahuansehinggahasilbelajarmerekameningkat.Pembelajaranyangditerapkanadalahcontextualteachingandlearning(CTL)padamateripersamaanlinierduavariabel.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanCTLpadamateripersamaanlinierduavariabelyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIII-CSMPNegeri4Malang.PenelitianinidimaksudkanuntukmendeskripsikanprosespembelajaranCTLpadamateripersamaanlinierduavariabel.SelainitupenelitianinijugabertujuanuntukmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswakelasVIII-CsetelahpenerapanCTLpadamateripersamaanlinierduavariabel.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK).Penelitianinidilakukandalamduasiklus.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiaktivitasgurudansiswaselamapembelajaran2)hasilcatatanlapangan3)jurnalyangditulissiswadan4)tesakhirsiklus.ContextualTeachingandLearning(CTL)yangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIII-Cmemilikikomponensebagaiberikut1)sebagailandasanberpikirpembelajaranbahwasiswamengonstruksisendiripengetahuan2)inquiryyaitumenemukansendirihipotesisawaldanpengetahuandaritopikpembelajaranpadasetiappertemuan3)questioningyaitumenyusunpertanyaanataumerumuskanmasalahberdasarkanpermasalahanyangtersaji4)learningcommunityyaitubekerjasecaraberkelompokdalammenyelesaikanlembarkegiatansiswa(LKS)5)modelingyaitupemodelanyangdiberikanolehgurudenganmenggunakanmediaanalogisederhanadancontohpermasalahan6)reflectionyaitumereviewkegiatanyangdilakukandalamprosespembelajarandan7)authenticassessmentyaitumenuliskanjurnalyangterdiridaritopikpembelajarankeberhasilandankesulitanyangtelahdicapaisiswadaripembelajaranperasaandankomentarselamamengikutipembelajaransertaharapanuntukpembelajaranselanjutnyadankuis.CTLiniditerapkanpadamateriPLDV.Datapenelitianinimenunjukanbahwahasilbelajarsiswameningkat.PeningkatanhasilbelajariniterlihatpadapeningkatanpresentasebanyaksiswayangmendapatkannilaisesuaiSKMyaitudariteskemampuanawalsebesar541%padatessiklusImeningkatmenjadi625%danpadasiklusIImeningkatmenjadi791%.