Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi persamaan linier dua variabel untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 4 Malang / Kinanti Retnaning Widyani

Main Author: Widyani, Kinanti Retnaning
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15909/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWidyaniKinantiRetnaning.PenerapanContextualTeachingandLearning(CTL)padaMateriPersamaanLinierDuaVariabeluntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasVIII-CSMPNegeri4Malang.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.RiniNurhakikiM.Pd.KataKunciContextualTeachingandLearning(CTL)HasilBelajar.BerdasarkanobservasidandiskusidengangurumatematikakelasVIII-CSMPNegeri4MalangpenelitimendapatkanfaktabahwasiswaVIII-Ckurangantusiasdalammengikutipembelajaranmatematika.Haliniterlihatketikapembelajaranberlangsungsiswacenderungpasif.Siswajugamengalamikesulitandalammengerjakansoalpenerapan.Selainituhasilbelajarmerekatergolongkurang.DarihasilulanganhariansiswayangmendapatnilaisesuaiStandarKetuntasanMinimal(SKM)hanyasebesar58%.HalitujugadidukungolehnilaiteskemampuanawalmateriprasyaratpersamaanlinierduavariabelpresentasebanyaksiswayangmendapatnilaisesuaiSKMadalah541%.Makadariitudibutuhkansuatupembelajaranyangmenarikdanmemberikesempatansiswauntukmengonstruksisendiripengetahuansehinggahasilbelajarmerekameningkat.Pembelajaranyangditerapkanadalahcontextualteachingandlearning(CTL)padamateripersamaanlinierduavariabel.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenerapanCTLpadamateripersamaanlinierduavariabelyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIII-CSMPNegeri4Malang.PenelitianinidimaksudkanuntukmendeskripsikanprosespembelajaranCTLpadamateripersamaanlinierduavariabel.SelainitupenelitianinijugabertujuanuntukmendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarsiswakelasVIII-CsetelahpenerapanCTLpadamateripersamaanlinierduavariabel.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK).Penelitianinidilakukandalamduasiklus.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiaktivitasgurudansiswaselamapembelajaran2)hasilcatatanlapangan3)jurnalyangditulissiswadan4)tesakhirsiklus.ContextualTeachingandLearning(CTL)yangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIII-Cmemilikikomponensebagaiberikut1)sebagailandasanberpikirpembelajaranbahwasiswamengonstruksisendiripengetahuan2)inquiryyaitumenemukansendirihipotesisawaldanpengetahuandaritopikpembelajaranpadasetiappertemuan3)questioningyaitumenyusunpertanyaanataumerumuskanmasalahberdasarkanpermasalahanyangtersaji4)learningcommunityyaitubekerjasecaraberkelompokdalammenyelesaikanlembarkegiatansiswa(LKS)5)modelingyaitupemodelanyangdiberikanolehgurudenganmenggunakanmediaanalogisederhanadancontohpermasalahan6)reflectionyaitumereviewkegiatanyangdilakukandalamprosespembelajarandan7)authenticassessmentyaitumenuliskanjurnalyangterdiridaritopikpembelajarankeberhasilandankesulitanyangtelahdicapaisiswadaripembelajaranperasaandankomentarselamamengikutipembelajaransertaharapanuntukpembelajaranselanjutnyadankuis.CTLiniditerapkanpadamateriPLDV.Datapenelitianinimenunjukanbahwahasilbelajarsiswameningkat.PeningkatanhasilbelajariniterlihatpadapeningkatanpresentasebanyaksiswayangmendapatkannilaisesuaiSKMyaitudariteskemampuanawalsebesar541%padatessiklusImeningkatmenjadi625%danpadasiklusIImeningkatmenjadi791%.