Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan teorema Pythagoras untuk siswa SMP kelas VIII / Mohammad Emsa Arifin
Main Author: | Arifin, Mohammad Emsa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15902/ |
Daftar Isi:
- ArifinMohammadEmsa.2015.PengembanganPerangkatPembelajaranMatematikaBerbasisPendekatanSaintifikPadaPokokBahasanTeoremaPythagorasUntukSiswaSMPKelasVIII.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingIndriatiNurulHidayahS.PdM.Si.KatakunciperangkatpembelajaranpendekatansaintifikteoremaPythagoras1228812288122881228812288122881228812288Kurikulum2013menekankankegiatanpembelajaranyanglebihmengaktifkansiswa.Halinimenuntutgurumelakukaninovasidalamkegiatanpembelajaran.SalahsatucaranyaadalahdenganmengembangkanperangkatpembelajaranyangmemenuhituntutanKurikulum2013.NamunpadasaatinimasihsedikitperangkatpembelajaranyangmampumemenuhituntutanKurikulum2013.Olehkarenaituperludikembangkanperangkatpembelajaranmatematikadenganpendekatansaintifik.PerangkatpembelajarandenganpendekatansaintifikadalahperangkatpembelajaranberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKegiatanSiswa(LKS)yangdidalamnyamemuat5tahapanpendekatansaintifikyaitumengamatimenanyamengumpulkaninformasimengolahinformasidanmengomunikasikan.12288122881228812288BerdasarkanwawancarayangdilakukanpenulispadaakhirbulanNopembertahun2014masihbanyaksiswayangkesulitandalammemahamimateriTeoremaPythagoras.Kebanyakansiswamengalamikesulitankarenamerekatidakpahammateridantidaktahucaramengaplikasikanmateriyangtelahdiperolehpadapermasalahan-permasalahanmatematikayangberkaitandenganteoremaPythagoras.12288122881228812288BerdasarkanuraiandiatastujuanpengembanganyangdilakukanadalahmenghasilkanperangkatpembelajaranpokokbahasanteoremaPythagorasdenganpendekatansaintifikyangvaliddanpraktis.PerangkatpembelajaranyangdikembangkandiharapkandapatmembantusiswamemahamikonsepTeoremaPythagorasmelaluikegiatanmengamatimenanyamengumpulkaninformasimengolahinformasidanmengomunikasikan.12288122881228812288ModelpengembanganmengacupadamodelpengembanganPlompdalamHobri(201017)terdiriatas(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapdesain(3)tahaprealisasi/konstruksidan(4)tahaptesevaluasidanrevisi.Dalampenelitianinidilakukanduaujiterhadapkualitasprodukpengembanganyangterdiriatasujikevalidandanujikepraktisan.UjikevalidandilakukanolehduaorangvalidatoryangterdiridarisatuorangdosenmatematikadansatuorangguruMatematika.Sedangkanujikepraktisandilakukandenganmelakukanujicobaprodukpada9orangsiswakelasVIIIsebagaisubjekujicoba.12288122881228812288BerdasarkananalisisdatayangdilakukandiperolehhasilyaitupersentasekevalidanRPPdanLKSberturut-turutadalah94%dan91%sedangkanpersentasekepraktisanLKSadalah85%.DengandemikianperangkatpembelajarandenganpendekatansaintifikpadapokokbahasanteoremaPythagorasuntuksiswaSMPkelasVIIItelahmemenuhikriteriavaliddanpraktis.12288122881228812288Perangkatpembelajaraninidiharapkandapatdigunakandidalamkelassebagaisalahsatualternatifbahanajartidakhanyadipakaipadakelompokkecil.PerangkatpembelajarandenganpendekatansaintifikyangdikembangkanterbataspadapokokbahasanteoremaPythagorassehinggapengembanganselanjutnyadapatdilakukanpadamaterilain.