Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan teorema Pythagoras untuk siswa SMP kelas VIII / Mohammad Emsa Arifin

Main Author: Arifin, Mohammad Emsa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15902/
Daftar Isi:
  • ArifinMohammadEmsa.2015.PengembanganPerangkatPembelajaranMatematikaBerbasisPendekatanSaintifikPadaPokokBahasanTeoremaPythagorasUntukSiswaSMPKelasVIII.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingIndriatiNurulHidayahS.PdM.Si.KatakunciperangkatpembelajaranpendekatansaintifikteoremaPythagoras1228812288122881228812288122881228812288Kurikulum2013menekankankegiatanpembelajaranyanglebihmengaktifkansiswa.Halinimenuntutgurumelakukaninovasidalamkegiatanpembelajaran.SalahsatucaranyaadalahdenganmengembangkanperangkatpembelajaranyangmemenuhituntutanKurikulum2013.NamunpadasaatinimasihsedikitperangkatpembelajaranyangmampumemenuhituntutanKurikulum2013.Olehkarenaituperludikembangkanperangkatpembelajaranmatematikadenganpendekatansaintifik.PerangkatpembelajarandenganpendekatansaintifikadalahperangkatpembelajaranberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danLembarKegiatanSiswa(LKS)yangdidalamnyamemuat5tahapanpendekatansaintifikyaitumengamatimenanyamengumpulkaninformasimengolahinformasidanmengomunikasikan.12288122881228812288BerdasarkanwawancarayangdilakukanpenulispadaakhirbulanNopembertahun2014masihbanyaksiswayangkesulitandalammemahamimateriTeoremaPythagoras.Kebanyakansiswamengalamikesulitankarenamerekatidakpahammateridantidaktahucaramengaplikasikanmateriyangtelahdiperolehpadapermasalahan-permasalahanmatematikayangberkaitandenganteoremaPythagoras.12288122881228812288BerdasarkanuraiandiatastujuanpengembanganyangdilakukanadalahmenghasilkanperangkatpembelajaranpokokbahasanteoremaPythagorasdenganpendekatansaintifikyangvaliddanpraktis.PerangkatpembelajaranyangdikembangkandiharapkandapatmembantusiswamemahamikonsepTeoremaPythagorasmelaluikegiatanmengamatimenanyamengumpulkaninformasimengolahinformasidanmengomunikasikan.12288122881228812288ModelpengembanganmengacupadamodelpengembanganPlompdalamHobri(201017)terdiriatas(1)tahapinvestigasiawal(2)tahapdesain(3)tahaprealisasi/konstruksidan(4)tahaptesevaluasidanrevisi.Dalampenelitianinidilakukanduaujiterhadapkualitasprodukpengembanganyangterdiriatasujikevalidandanujikepraktisan.UjikevalidandilakukanolehduaorangvalidatoryangterdiridarisatuorangdosenmatematikadansatuorangguruMatematika.Sedangkanujikepraktisandilakukandenganmelakukanujicobaprodukpada9orangsiswakelasVIIIsebagaisubjekujicoba.12288122881228812288BerdasarkananalisisdatayangdilakukandiperolehhasilyaitupersentasekevalidanRPPdanLKSberturut-turutadalah94%dan91%sedangkanpersentasekepraktisanLKSadalah85%.DengandemikianperangkatpembelajarandenganpendekatansaintifikpadapokokbahasanteoremaPythagorasuntuksiswaSMPkelasVIIItelahmemenuhikriteriavaliddanpraktis.12288122881228812288Perangkatpembelajaraninidiharapkandapatdigunakandidalamkelassebagaisalahsatualternatifbahanajartidakhanyadipakaipadakelompokkecil.PerangkatpembelajarandenganpendekatansaintifikyangdikembangkanterbataspadapokokbahasanteoremaPythagorassehinggapengembanganselanjutnyadapatdilakukanpadamaterilain.