Penerapan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)-Problem Posing untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VII SMPN 2 Malang / Wiwit Anisa

Main Author: Anisa, Wiwit
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15898/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAnisaWiwit.2014.PenerapanPembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)-ProblemPosingUntukMeningkatkanPemahamanMatematikaSiswaKelasVIISMPNegeri2Malang.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.AskuryM.Pd.KataKunciSTADProblemposingPemahamansiswaBerdasarkanobservasiawalsertawawancarapadatanggal10Januari2014kepadagurupengajarmatematikadiSMPNegeri2Malangdiketahuibahwadalamprosespembelajaranjarangmenerapkanmetodeataumodelpembelajaranyangbermacam-macam.Metodeekspositoriatauceramahmenjadipilihanutamabeliaudalampelaksanaankegiatanpembelajaranmatematikadidalamkelasyangmengakibatkansiswacenderungpasif.Metodeyangditerapkandisekolahtersebutmasihperludikembangkanlagiagardapatbervariasi.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanmetodebelajaryangdapatmeningkatkanpemahamansiswa.PembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahstrategiStudentTeamsAchievementDivision(STAD)-ProblemPosingPenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK).Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiselamaprosespembelajaranyangberpedomanpadalembarobservasi2)hasilcatatanlapangan3)hasiltesakhirsiklus.Penelitianinimendeskripsikantentanglangkah-langkahpembelajaranstrategiStudentTeamsAchievementDivision(STAD)-ProblemPosingyangdapatmeningkatkanpemahamansiswakelasVII-GSMPNegeri2Malangpadapelajaranmatematikayangmeliputi1)Presentasidariguruyangberupapenyampaiantujuandanmotivasimenggaliinformasiprasyaratmelaluitanyajawabsingkatgurumelakukantanyajawabuntukmengarahkansiswapadamateriyangdipelajariselanjutnyamengarahkansiswauntukmembuatcontohsoalsesuaiinformasidanpenyelesaiannya2)Pembentukankelompok3)dikusikelompokdalamdiskusikelompoksiswamelakukanpemecahanmasalahmembuatsoaldanmenyelesaikannya4)tessiswamengerjakantesindividu5)penghargaanprestasitim6)refleksi.Datapenelitianmenunjukkanbahwapemahamansiswamengalamipeningkatan.HalinidapatdilihatdaripeningkatanpersentasesiswayanglulusSKBM(StandarKetuntasanBelajarMinimal)yangditetapkansekolahpadasiklusIyakni81.25%siswakelasVII-Gmemperolehnilailebihdariatausamadengan75.SedangkanpadasiklusII875%siswakelasVII-Gmemperolehnilailebihdariatausamadengan75.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutmakalangkah-langkahpenerapanstrategiStudentTeamsAchievementDivision(STAD)-ProblemPosingdapatmeningkatkanpemahamanmatematikasiswakelasVII-GSMPN2Malang.