Peningkatan prestasi belajar matematika siswa SMPN 21 Malang dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) / Saiful Anwar

Main Author: Anwar, Saiful
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15893/
Daftar Isi:
  • AnwarSaiful.2014.PeningkatanPrestasiBelajarMatematikaSiswaSMPN21MalangdenganPenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeTeamsGamesTournamen(TGT).SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SukoriyantoM.Si.KatakuncipembelajarankooperatifmodelTGTprestasibelajar12288122881228812288BerdasarkanhasilobservasipenelitidiSMPN21MalangdiperolehinformasibahwahasiltesakhirsiswapadamateribangunruangbelummemenuhiStandarKetuntasanMinimum(SKM).Penyebabnyayaitukeinginansiswauntukbelajarmatematikamasihkurang.Haliniterjadikarenametodepembelajaranyangdigunakankhususnyadiskusikelompokmasihbelumoptimal.Gurukurangoptimaldalammembimbingsiswadalamdiskusikelompokkarenamasihbanyaksiswayangtidakmelakukandiskusihanyabeberapasiswasajayangmengerjakandanyanglainnyahanyamenunggutemanyangmengerjakandanberbicarasendiri.Selainituinteraksiantaragurudansiswadalamprosespembelajaranmasihkakuhaliniterlihatdarijarangnyasiswayangbertanyakepadaguruwalaupunmerekatidakmemahamimateriyangdipelajari.Untukmengatasipermasalahantersebutdiperlukanmodelpembelajaranyangharusbisamengatasirendahnyaprestasibelajar.Modelpembelajaranyangdigunakanharussesuaisertamampumelibatkansemuasiswauntukberpartisipasisecaraaktifdankreatifdalamsetiapprosespembelajaran.Sertadenganmodelyangsesuaidiharapkandapatmenciptakansuasanabelajaryangmenyenangkansehinggasiswatidakmerasajenuhuntukbelajarmatematika.DalampenelitianinipenelitimenggunakanpembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT)yangmelibatkansiswasecaraaktifdalamprosespembelajarandantahapanturnamenyangbisamembuatmenyenangkanbagisiswa.12288122881228812288Langkah-langkahpembelajaranyangditerapkanolehpenelitisaatmenggunakanmodelTGTadalah(a)mengajarsecaratanyajawabgurumenyampaikanmaterisecaraglobal(b)belajarkelompokgurumembagisiswamenjadi9kelompokheterogendansiswamengerjakanLKSyangtelahdibagikanolehguru(c)turnamengurumembagisiswamenjadi9kelompokhomogendalammejaturnamenuntukmengerjakankartusoaldengantingkatkesulitanyangsama(d)penghargaankelaspenghargaandiberikankepadakelompokyangmengumpulkanskortertinggidan(e)refleksisiswasecaraindividudimintauntukmengerjakantesindividuuntukmengetahuisejauhmanapemahamanmerekatentangmateriyangtelah.Datakemampuansiswamenyelesaikansoaldiperolehdariskortespadasetiapakhirsiklus.12288122881228812288PeningkatanprestasibelajarsiswapadapenelitianiniditunjukkandenganpersentaseketuntasanklasikalskortesakhirsiklusIIyaitusebesar7222%telahmemenuhiSKMdanmengalamipeningkatandaripersentaseketuntasanklasikalskortesakhirsiklusIyangsebesar5556%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadisimpulkanbahwapembelajarankooperatifTGTdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswadalammenyelesaikansoalbangunruangdikelasVIII8SMPN21Malang.