Peningkatan prestasi belajar matematika siswa SMPN 21 Malang dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) / Saiful Anwar
Main Author: | Anwar, Saiful |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15893/ |
Daftar Isi:
- AnwarSaiful.2014.PeningkatanPrestasiBelajarMatematikaSiswaSMPN21MalangdenganPenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeTeamsGamesTournamen(TGT).SkripsiProgramStudiPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDrs.SukoriyantoM.Si.KatakuncipembelajarankooperatifmodelTGTprestasibelajar12288122881228812288BerdasarkanhasilobservasipenelitidiSMPN21MalangdiperolehinformasibahwahasiltesakhirsiswapadamateribangunruangbelummemenuhiStandarKetuntasanMinimum(SKM).Penyebabnyayaitukeinginansiswauntukbelajarmatematikamasihkurang.Haliniterjadikarenametodepembelajaranyangdigunakankhususnyadiskusikelompokmasihbelumoptimal.Gurukurangoptimaldalammembimbingsiswadalamdiskusikelompokkarenamasihbanyaksiswayangtidakmelakukandiskusihanyabeberapasiswasajayangmengerjakandanyanglainnyahanyamenunggutemanyangmengerjakandanberbicarasendiri.Selainituinteraksiantaragurudansiswadalamprosespembelajaranmasihkakuhaliniterlihatdarijarangnyasiswayangbertanyakepadaguruwalaupunmerekatidakmemahamimateriyangdipelajari.Untukmengatasipermasalahantersebutdiperlukanmodelpembelajaranyangharusbisamengatasirendahnyaprestasibelajar.Modelpembelajaranyangdigunakanharussesuaisertamampumelibatkansemuasiswauntukberpartisipasisecaraaktifdankreatifdalamsetiapprosespembelajaran.Sertadenganmodelyangsesuaidiharapkandapatmenciptakansuasanabelajaryangmenyenangkansehinggasiswatidakmerasajenuhuntukbelajarmatematika.DalampenelitianinipenelitimenggunakanpembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT)yangmelibatkansiswasecaraaktifdalamprosespembelajarandantahapanturnamenyangbisamembuatmenyenangkanbagisiswa.12288122881228812288Langkah-langkahpembelajaranyangditerapkanolehpenelitisaatmenggunakanmodelTGTadalah(a)mengajarsecaratanyajawabgurumenyampaikanmaterisecaraglobal(b)belajarkelompokgurumembagisiswamenjadi9kelompokheterogendansiswamengerjakanLKSyangtelahdibagikanolehguru(c)turnamengurumembagisiswamenjadi9kelompokhomogendalammejaturnamenuntukmengerjakankartusoaldengantingkatkesulitanyangsama(d)penghargaankelaspenghargaandiberikankepadakelompokyangmengumpulkanskortertinggidan(e)refleksisiswasecaraindividudimintauntukmengerjakantesindividuuntukmengetahuisejauhmanapemahamanmerekatentangmateriyangtelah.Datakemampuansiswamenyelesaikansoaldiperolehdariskortespadasetiapakhirsiklus.12288122881228812288PeningkatanprestasibelajarsiswapadapenelitianiniditunjukkandenganpersentaseketuntasanklasikalskortesakhirsiklusIIyaitusebesar7222%telahmemenuhiSKMdanmengalamipeningkatandaripersentaseketuntasanklasikalskortesakhirsiklusIyangsebesar5556%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutmakadisimpulkanbahwapembelajarankooperatifTGTdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswadalammenyelesaikansoalbangunruangdikelasVIII8SMPN21Malang.