Penerapan model pembelajaran dengan strategi Think Talk Write untuk meningkatkan disposisi matematis siswa pada materi prisma dan limas kelas VIII-C SMP Negeri 20 Malang / Utami Rahmawati
Main Author: | Rahmawati, Utami |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15891/ |
Daftar Isi:
- RahmawatiUtami.2014.PenerapanModelPembelajarandenganStrategiPembelajaranThinkTalkWriteuntukMeningkatkanDisposisiMatemetisSiswapadaMateriPrismadanLimasKelasVIII-CSMPNegeri20Malang.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SusiswoM.Si.KataKunciTTW(ThinkTalkWrite)DisposisiMatematisSiswaPrismadanLimas.12288122881228812288BerdasarkanobservasiawaldanwawancarakepadagurupengajarmatapelajaranmatematikadiSMPNegeri20MalangdiketahuibahwasiswakelasVIII-CSMPNegeri20Malangmasalahyangdihadapisiswaadalahsiswacenderunghanyamenyimakpenjelasangurutanpabertanyabeberapasiswamenyanggahdagudanadayangberbincangdengantemansebangkunya.Namunketikadiberitugasolehgurusuasanakelasyangtadinyasedikittenangberubahmenjadigaduh.Ternyatasetelahdidekatisiswatidakmengertiapayangharusmerekakerjakanmerekahanyamendengardanmenulistanpamengertiapayangmerekadengardanyangmerekatuliskan.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanmetodebelajaryangdapatmeningkatkandisposisimatematissiswa.PadapenelitianinipenelitimenggunakanstrategipembelajaranThinkTalkWrite(TTW)agarsiswatidakhanyamendengardanmenulissesuatutanpamengetahuiapayangmerekatuliskan.12288122881228812288Penelitianinidilakukanuntukmendeskripsikantentanglangkah-langkahmodelpembelajarandenganstrategiThinkTalkWrite(TTW)yangdapatmeningkatkandisposisimatematissiswakelasVIII-CSMPNegeri20Malangpadamateriprismadanlimas.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)penelitianinidilakukandalam2siklus.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiaktivitassiswadarilembarobservasi2)hasilobservasiaktivitasgurudarilembarobservasi3)hasilcatatanlapangan4)Hasilbelajarsiswa.12288122881228812288Jenisaktivitasyangditelitidalamprosespembelajaraninimeliputi(1)rasapercayadiridalammenggunakanmatematikamemecahkanmasalahmemberialasandanmengkomunikasikangagasan(2)fleksibilitasdalammenyelidikigagasanmatematisdanberusahamencarimetodaalternatifdalammemecahkanmasalah(3)tekunmengerjakantugasmatematika(4)minatrasaingintahu(curiosity)dandayatemudalammelakukantugasmatematika(5)melihatmatematikasebagaisesuatuyanglogisdanberguna..Berdasarkanpenelitiantersebutlangkah-langkahpenerapanmodelpembelajarandenganstrategiThinkTalkWriteyaitu(1)siswamenuliskanalternatifjawabansertaapayangmerekaketahuipadacatatankecilpadatahapThink(2)setelahselesaikemudianmerekabergabungdalamkelompokuntukmendiskusikanhasilpemikiranmereka(3)siswamenuliskankembaliapayangmerekadiskusikandenganbahasamerekasendiri(4)perwakilankelompokmempresentasikanhasildiskusiyangtelahdilakukan(5)menyimpulkanmateriyangtelahdipelajarihariini.12288122881228812288Darilangkah-langkahpembelajarantersebutdihasilkandatapenelitianyangmenunjukkanbahwadisposisimatematissiswamengalamipeningkatan.Halinidapatdilihatdaripeningkatanpersentaseaktivitasbelajarsiswasertahasilbelajarsiswa.Kriteriakeberhasilanpadapenelitianiniadalah70%daribanyaknyasiswakelasVIII-CSMPNegeri20Malangharusmencapaiminimal70%darisemuaaspekdisposisimatematissiswa.HasildaripenelitianinimenunjukkanbahwaaktivitasbelajarsiswameningkatdarisiklusIyanghanyamencapaimenjadipadasiklusII.