Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas belajar sisa pada materi transformasi kelas VII-A SMP Negeri 15 Malang / Husnul Khotimah
Main Author: | Khotimah, Husnul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15889/ |
Daftar Isi:
- KhotimahHusnul.2014.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeThinkPairShare(TPS)UntukMeningkatkanAktivitasBelajarSiswaPadaMateriTransformasiKelasVIIASMPNegeri15Malang.SkripsiJurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.RiniNurhakikiM.Pd.KataKuncimodelpembelajaranKooperatiftipeThinkPairShare(TPS)aktivitasbelajarsiswa1228812288122881228812288Berdasarkanstudipendahuluanprapelaksanaanpembelajaranterdapatpermasalahanyangdapatdiketahuidarihasilwawancaradanobservasi.DarihasilwawancaradengangurumatematikakelasVIISMPNegeri15MalangdapatdiketahuibahwapembelajarankooperatifyangpernahdigunakangurumatematikakelasVIISMPNegeri15Malangmasihbelummampumelibatkansiswasecaraaktifkarenasebagianbesarsiswapasifdalamkegiatankerjakelompok.SedangkanberdasarkanhasilobservasidikelasVIIAselamaprosespembelajaranberlangsungyangdilakukandenganmetodeekspositoridapatdiketahuibahwadari30siswahanya9siswayangberperanaktifdalampembelajaranyaitumengerjakansuatutugaspenyelesaiansoalyangdiberikanolehguru.Sedangkansiswayanglainnyakurangberperanaktifdalamprosespembelajaran.Masihbanyaksiswayangberbicaradengantemansebangkunyaadayangmelamundanmengerjakantugasmatapelajaranlain.Penyebabdarikepasifansiswadalampembelajarankemungkinanmodelpembelajaranyangtidakbervariasidantidakmenimbulkanaktivitassiswa.UntukmengatasipermasalahantersebutdiperlukanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswayaitudenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare(TPS).1228812288122881228812288PenelitianinitermasukPenelitianTindakanKelas(PTK)sehinggadalamprosedurpenelitianmeliputitahapperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.Pelaksanaanpenelitianberlangsungselama2siklusdikelasVIIAyangmenjadisubjekpenelitiandengan30siswapadatahunajaran2013/2014.Teknikpengumpulandataaktivitasbelajarsiswamenggunakanlembarobservasiaktivitasbelajarsiswa.Indikatorkeberhasilandaripenelitianiniadalahjikapersentaseaktivitasbelajarsecaraklasikalsebesar80%.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanlangkah-langkahpenerapanlangkah-langkahpenerapanpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare(TPS)untukmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamateritransformasikelasVII-ASMPNegeri15Malang.1228812288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanbahwalangkah-langkahpembelajarankooperatiftipeTPSyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswaadalah(1)padatahapThinksiswadimintauntukmengerjakanLKSsecaraindividu(2)padatahapPairsiswamenyampaianhasilpemikirannyakepadapasanganmasing-masingdansalingbekerjasamamendiskusikanpenyelesaiansoal-soalyangadadalamLKS(3)SelanjutnyatahapSharesiswabersamapasanganmenyampaikanhasildiskusinyadidepankelas.1228812288122881228812288Jenisaktivitassiswayangditelitidalamprosespembelajaranadalahterdiridaritujuhaspekaktivitasyaitu1)Visualactivities2)Oralactivities3)Listeningactivities4)Writingactivities5)Drawingactivities6)Mentalactivities7)Emotionalactivities.AktivitastersebutmendukungsegalabentukkegiatanyangterkaitdenganpembelajarankooperatiftipeThinkPairShare.BerdasarkanhasilanalisisdatapersentasekeberhasilanaktivitasbelajarsiswapadasiklusIsebesar5333%danrata-ratapersentasekeberhasilanaspekaktivitasbelajarsiswasebesar6880%.SehinggadiperolehkesimpulanaktivitasbelajarsiswapadasiklusIbelummemenuhikriteriakeberhasilan.SedangkanpersentasekeberhasilanaktivitassiswapadasiklusIIsebesar8333%danrata-ratapersentasekeberhasilanaspekaktivitasbelajarsiswasebesar7988%.SehinggadiperolehkesimpulanaktivitasbelajarsiswapadasiklusIIsudahmemenuhikriteriakeberhasilan.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranTPSdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswakelasVIIASMPNegeri15Malang.