Pembelajaran dengan pendekatan problem posing untuk meningkatkan pemahaman lingkaran siswa kelas VIII SMP / Claudya Zahrani Susilo

Main Author: Susilo, Claudya Zahrani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15884/
Daftar Isi:
  • SusiloClaudyaZahrani.2014.PembelajarandenganPendekatanProblemPosinguntukMeningkatkanPemahamanLingkaranSiswaKelasVIIISMP.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.EdyBambangIrawanM.PdKatakunciproblemposingpemahamansiswaBerdasarkanhasilwawancaradengangurumatapelajaranmatematikakelasVIIISMPNegeri2Malangmasalahyangdihadapiolehsiswasalahsatunyayaitumengenaipenghafalanrumus-rumusyangadapadamateritersebut.Selainitucarapenyampaianmateriolehguruatausiswayangtidaksenangpadamateriyangdipelajari.Kebanyakangurumenyampaikanmateridenganceramahpemberiansoaldansiswamenyelesaikannya.Olehkarenaitusiswamerasabosandengankegiatanpembelajaranyanglebihmenonjolkanaktivitasgurudaripadamemunculkanaktivitassiswa.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanmetodebelajaryangdapatmeningkatkanpemahamansiswayangmemunculkanaktivitassiswa.Pembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahpendekatanproblemposing.122881228812288Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridariduasiklusdansetiapsiklusmencakupempattahapyaituperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.PenelitiandilakukanpadabulanMaret2014.SubyekpenelitiannyaadalahsiswakelasVIII-BSMPNegeri2Malangyangberjumlah37siswa.12288122881228812288Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapemahamansiswamengalamipeningkatan.HalinidapatdilihatdaripeningkatanpersentasesiswayanglulusSKBM(StandarKetuntasanBelajarMinimal)yangditetapkansekolahpadasiklusIyakni70.27%siswakelasVIII-Bmemperolehnilailebihdariatausamadengan75.Hasilinibelumsesuaidengankriteriapeningkatanpemahamansiswayangditetapkanolehpenelitiyaituminimal80%siswakelasVIII-Bmemperolehnilailebihdariatausamadengan75padarentangnilai0100.OlehkarenaitupenelitimelakukansiklusII.HasilpembelajaranmatematikasiswakelasVIII-BSMPNegeri2MalangpadatesakhirsiklusIImeningkatyaknisebesar83.78%siswatelahberhasilmencapaiSKBMyangditetapkansekolah.SehinggapemahamansiswakelasVIII-BSMPNegeri2Malangmeningkatsetelahmengikutipembelajaranmelaluipendekatanproblemposing.Berdasarkanpenelitiantersebutlangkah-langkahpembelajarandenganpendekatanproblemposingyaitu(1)gurumemberikancontohpenyusunansoaldariinformasiyangdiberikan(2)memintasiswamenyelesaikanlembarkerjayangberisimenemukankonsepmenyusunsoalsertamembuatpenyelesaiansoal(3)memberikaninformasibarudanmemintasiswamenyusunsoalkembalimengenaipanjanggarissinggungpersekutuandualingkaransebagailatihan.Kemudianmenukarkansoalyangtelahdibuatdengantemandisebelahnya(4)memintasiswauntukmencobamembuatpenyelesaiandarisoalyangtelahditerimadaritemannya