Pembelajaran dengan pendekatan problem posing untuk meningkatkan pemahaman lingkaran siswa kelas VIII SMP / Claudya Zahrani Susilo
Main Author: | Susilo, Claudya Zahrani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15884/ |
Daftar Isi:
- SusiloClaudyaZahrani.2014.PembelajarandenganPendekatanProblemPosinguntukMeningkatkanPemahamanLingkaranSiswaKelasVIIISMP.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.EdyBambangIrawanM.PdKatakunciproblemposingpemahamansiswaBerdasarkanhasilwawancaradengangurumatapelajaranmatematikakelasVIIISMPNegeri2Malangmasalahyangdihadapiolehsiswasalahsatunyayaitumengenaipenghafalanrumus-rumusyangadapadamateritersebut.Selainitucarapenyampaianmateriolehguruatausiswayangtidaksenangpadamateriyangdipelajari.Kebanyakangurumenyampaikanmateridenganceramahpemberiansoaldansiswamenyelesaikannya.Olehkarenaitusiswamerasabosandengankegiatanpembelajaranyanglebihmenonjolkanaktivitasgurudaripadamemunculkanaktivitassiswa.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanmetodebelajaryangdapatmeningkatkanpemahamansiswayangmemunculkanaktivitassiswa.Pembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahpendekatanproblemposing.122881228812288Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridariduasiklusdansetiapsiklusmencakupempattahapyaituperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.PenelitiandilakukanpadabulanMaret2014.SubyekpenelitiannyaadalahsiswakelasVIII-BSMPNegeri2Malangyangberjumlah37siswa.12288122881228812288Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapemahamansiswamengalamipeningkatan.HalinidapatdilihatdaripeningkatanpersentasesiswayanglulusSKBM(StandarKetuntasanBelajarMinimal)yangditetapkansekolahpadasiklusIyakni70.27%siswakelasVIII-Bmemperolehnilailebihdariatausamadengan75.Hasilinibelumsesuaidengankriteriapeningkatanpemahamansiswayangditetapkanolehpenelitiyaituminimal80%siswakelasVIII-Bmemperolehnilailebihdariatausamadengan75padarentangnilai0100.OlehkarenaitupenelitimelakukansiklusII.HasilpembelajaranmatematikasiswakelasVIII-BSMPNegeri2MalangpadatesakhirsiklusIImeningkatyaknisebesar83.78%siswatelahberhasilmencapaiSKBMyangditetapkansekolah.SehinggapemahamansiswakelasVIII-BSMPNegeri2Malangmeningkatsetelahmengikutipembelajaranmelaluipendekatanproblemposing.Berdasarkanpenelitiantersebutlangkah-langkahpembelajarandenganpendekatanproblemposingyaitu(1)gurumemberikancontohpenyusunansoaldariinformasiyangdiberikan(2)memintasiswamenyelesaikanlembarkerjayangberisimenemukankonsepmenyusunsoalsertamembuatpenyelesaiansoal(3)memberikaninformasibarudanmemintasiswamenyusunsoalkembalimengenaipanjanggarissinggungpersekutuandualingkaransebagailatihan.Kemudianmenukarkansoalyangtelahdibuatdengantemandisebelahnya(4)memintasiswauntukmencobamembuatpenyelesaiandarisoalyangtelahditerimadaritemannya