Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dengan teknik talking stick untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi prisma dan limas kelas VIII-a SMP Negeri 20 Malang / Tur Maudah

Main Author: Maudah, Tur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15882/
Daftar Isi:
  • MaudahTur.2014.PenerapanModelPembelajaranKooperatifTipeTwoStayTwoStray(TSTS)denganTeknikTalkingStickuntukMeningkatkanAktivitasBelajarSiswapadaMateriPrismadanLimasKelasVIII-ASMPNegeri20Malang.SkripsiJurusanPendidikanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.ErryHidayantoM.Si.KataKunciTSTS(TwoStayTwoStray)TalkingStickAktivitasBelajarSiswa.12288122881228812288BerdasarkanobservasiawaldanwawancarakepadagurupengajarmatapelajaranmatematikadiSMPNegeri20MalangdiketahuibahwasiswakelasVIII-ASMPNegeri20Malangsiswakurangpercayadiripadasaatmengikutipelajaransehinggacenderungtakutbertanyabeberapasiswadudukbergerombolpadabagianbelakangbeberapasiswayangramaimengobroldiluartopikpembelajaransaatgurumenerangkansiswakurangberanimengungkapkanpendapatsiswakurangmemilikijiwakompetisidankebanyakandiamsaatditanyaguru.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanmetodebelajaryangdapatmeningkatkanaktivitasbelalajarsiswa.Padapenelitianinipenelitimenggunakanmetodepembelajarankooperatiftipetwostaytwostray(TSTS)dengantekniktalkingsticksebagaiinovasibarudalamprosespembelajaran.12288122881228812288Penelitianinidimaksudkanmendeskripsikantentanglangkah-langkahmodelpembelajarankooperatiftipetwostaytwostray(TSTS)dengantekniktalkingstickyangdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswakelasVIII-ASMPNegeri20Malangpadamateriprismadanlimas.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilaksanakandalam2siklus.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiaktivitassiswaselamaprosespembelajaranberdasarkanlembarobservasi2)hasilobservasiaktivitasguruselamaprosespembelajaranberdasarkanlembarobservasi3)hasilcatatanlapangan.12288122881228812288Jenisaktivitasyangditelitidalamprosespembelajaraninimeliputi1)Visualactivities2)Oralactivities3)Listeningactivities4)Motoractivities5)Writingactivities6)Mentalactivities7)Emotionalactivities8)Drawingactivities.Berdasarkanpenelitiantersebutlangkah-langkahpenerapanmodelpembelajarankooperatiftipetwostaytwostray(TSTS)dengantekniktalkingstickyaitu(1)siswabekerjasamadalamkelompokberempatdenganmediaLKS(2)setelahselesaiduadarimasing-masingkelompokbertamukekelompoklainuntukbertanyadanmencariinformasi(TwoStray)(3)duasiswayangtinggaldikelompokbertugasmembagikanhasilkerjadaninformasisertamenjawabpertanyaanketamu(TwoStay)(4)tamumemohondiridandankembalikekelompokasaldanmelaporkanhasiltemuandarikelompoklain(5)siswaperwakilankelompokyangmenerimatongkatmenjawabpertanyaandarigurumengenaimateriyangdipelajaripadapertemuanitu(6)membuatkesimpulansecarabersama-sama.12288122881228812288Darilangkah-langkahpembelajarantersebutdihasilkandatapenelitianyangmenunjukkanbahwaaktivitasbelajarsiswamengalamipeningkatan.Halinidapatdilihatdaripeningkatanpersentaseaktivitasbelajarsiswa.Kriteriakeberhasilanpadapenelitianiniadalah75%daribanyaknyasiswakelasVIII-ASMPNegeri20Malangharusmencapaiminimal70%darisemuaaspekaktivitasbelajarsiswa.HasildaripenelitianinimenunjukkanbahwaaktivitasbelajarsiswameningkatdarisiklusIyanghanyamencapai1944%atau7siswayangaktifmenjadi8333%atau30siswaaktifpadasiklusII.