Penggunaan media kantong berhitung untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada materi penjumlahan 3 angka siswa kelas 2 SDN Panggungrejo 1 Kabupaten Malang / Denny Eka Firmansyah
Main Author: | Firmansyah, Denny Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/158783/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkanhasilpengamatanprosesbelajarmengajardilapanganSiswaKelasIISDNPanggungrejoIKotaKabupatenMalangbelumsepenuhnyamenggunakanmediadalamprosesbelajarmengajarmatematika.Kegiatanbelajarmengajarmasihseringmenggunakanmetodeceramahyaitugurumenjelaskankemudiansiswamendengarkandanmencatat.Gurubelummenggunakanmediakantongberhitungdalampembelajaranpenjumlahansecarabersusun.HasilbelajarsiswapadaUlanganAkhirSemesterGasalberdasarkanhasilwawancaradengangurukelasterdapatsiswayanghasilbelajarnyamasihdibawahKKM(KriteriaKetuntasanMinimal).TujuandanpenelitianiniadalahUntukmeningkatkanpenggunaanmediakantongberhitunguntukmeningkatkankualitaspembelajaranmatematikapadamateripenjumlahan3AngkaSiswaKelasIISDNPanggungrejo1KabupatenKabupatenMalangPendekatanpenelitianyangdigunakanpadapenelitianiniadalahpendekatankualitatif.JenispenelitianyangdigunakanyaituPenelitianTindakanKelas(PTK).Analisisdatayangdigunakandalampenelitianiniyaitu(1)Pengumpulandata(2)Reduksidata(3)Penyajiandata(4)Penarikankesimpulan.ProsedurpadapenelitianinidilakukandalamtigatahapmeliputitahapPratindakanSiklusIdanSiklusII.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwanilaihasilbelajarsiswapadatahappratindakandiperolehnilairata-ratasiswasebesar44dengankriteriakurangkemudianmengalamipeningkatansebesar232sehingganilairata-ratasiswamenjadi672dengankriteriacukuppadasiklusIselanjutnyadaritahapsiklusIketahapsiklusIIjugamengalamipeningkatansebesar152sehingganilairata-ratasiswamenjadi824dengankriteriabaikpadasiklusII.Denganpeningkatanhasilbelajarsiswamakapersentaseketuntasanhasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatan.Padatahappratindakansebesar28%SiklusIsebesar52%danSiklusIIsebesar80%.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenggunaanmediakantongberhitungdapatmeningkatkanhasilbelajarmatematikapadamateripenjumlahan3angkasiswakelasIISDNPanggungrejo1KabupatenMalangdarikriteriacukupmenjadibaik.DiharapkanSekolahdapatmerekomendasikankepadaguru-guruagarmenerapkanataumenggunakanmediapembelajaranyangbervariasikarenadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.