Pengembangan modul tutorial berkarya batik ikat celup pada pembelajaran seni budaya dan prakarya di kelas V SDN 1 Coper Jetis Ponorogo / Yunanda Afridatul Mufaridah
Main Author: | Mufaridah, Yunanda Afridatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/158762/ |
Daftar Isi:
- PadakelasVSDN1CoperJetisPonorogoterdapatmateribatikikatceluppadamuatanpembelajaranSBdPyangtersampaikandengankurangmaksimal.Bahanajarberupamodultutorialperludikembangkanuntukmelengkapibahanajarlainsepertibukusiswadandiyakinimemudahkansiswabelajarpengetahuanmengenaikompetensidasarmengenalkaryasenirupadaerahsertamemudahkansiswamembuatkaryasenirupadaerahsepertibatikikatcelup.TujuanpengembanganiniadalahmenghasilkanprodukmodultutorialberkaryabatikikatceluppadapembelajaransenibudayadanprakaryadikelasVSDN1Coperyangvalidmenurutahlimateriahlipembelajaranpengguna(guru)danmenarikuntuksiswa.PenelitianinimenggunakanmodelproseduraldariDickCarey.Langkah-langkahpenelitiansebagaiberikut(1)Analisiskebutuhandantujuan(2)Analisispembelajarankarakteristiksiswadankonteks(3)MemilihdanmenentukanKD(4)Merumuskanindikatorpencapaian(5)Mengembangkaninstrumen(6)Mengembangkanproduk(7)Evaluasiformatif(8)RevisiProduk(9)ProdukAkhir.Datadiperolehdaripenilaianvalidatordanrespondarisiswapadasaatujicobalapangan.Validatorterdiridariahlimateriahlipembelajarandanpengguna(guru).Ujicobalapangandilakukanpadakelompokkecilberjumlah6siswadankelompokbesarberjumlah20siswa.Hasilpengembanganberupaduamodultutorialyaitu(1)modultutorialberkaryabatikikatcelupsatuwarnadenganteknikmengikatbenda(2)modultutorialberkaryabatikikatcelupbeberapawarnadenganteknikikatanmawar.Hasilvalidasiahlimateridenganaspekkelayakanpenyajiandanisimenunjukkanrata-rataskor45persentase9375%(sangatvaliddandapatdigunakandenganrevisikecil).Hasilvalidasiahlipembelajarandenganaspektampilanmodulsampulmoduldanisimoduldiperolehrata-rataskor465persentase8303%(validdandapatdigunakandenganrevisisedang).Hasilvalidasipengguna(guru)denganaspekkelayakanpenyajiandanisijugamenunjukkanrata-rataskor56persentase933%(sangatvaliddandapatdigunakandenganrevisikecil).Selainituhasilujicobalapangandenganaspektampilanmodulpenyajianmateridanmanfaatmodulkelompokkecilmenunjukkanrata-rataskor345persentase8625%danujicobakelompokbesarmenunjukkanrata-rataskor3745persentase936%sehinggaprodukdapatdikategorikansebagaiprodukyangmenarikuntukdigunakandalamprosespembelajaran.