Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berkarakteristik inkuiri pokok bahasan transformasi pada siswa SMP kelas VII / Dhini Woro Rahayuningrum
Main Author: | Rahayuningrum, Dhini Woro |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/15876/ |
Daftar Isi:
- RahayuningrumDhiniWoro.2014.PengembanganLembarKerjaSiswa(LKS)BerkarakteristikInkuiriPokokBahasanTransformasiPadaSiswaSMPkelasVII.SkripsiJurusanMatematikaFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegerimalang.PembimbingDrs.SlametM.Si.KataKunciLembarKerjaSiswa(LKS)berkarakteristikinkuiriTransformasi1228812288122881228812288BerdasarkanhasildiskusidanobservasipengembangdengangurumatematikaketikamelaksanakanobservasidiSMPNegeri1TrenggalekpadabulanNovember2013diperolehinformasibahwadalampelaksanaanpembelajarannyagurumenggunakanLKSsebagaipenunjangprosesbelajarmengajar.LKStersebutberisiringkasanmateridansoal-soallatihan.Tidakterdapatkegiatan-kegiatanpenyelidikanyangmerangsangsiswauntukaktifmenemukandanmemahamisuatukonsep.KhususnyapadapokokbahasantransformasididalamLKShanyaterdapatringkasanrumuscontohgambartransformasititikdanlatihansoal.1228812288122881228812288AkantetapipenggunaanLKStersebuttidakmenambahkeaktifansiswauntukterlibatdalamprosespembelajaran.PenggunaanLKStersebuthanyamenambahbahanlatihansoalbagisiswa.OlehkarenaituperludikembangkanLKSberkarakteristikinkuiriyangmemberiwadahbagisiswauntukaktifterlibatdalamprosespembelajarandenganmenuangkangagasannyaberdasarkanpenyelidikanyangdilakukansecaramandiri.SelainitupadakurikulumKTSPdanKBKmateritransformasitidakdiberikanpadajenjangSMPmelainkanpadajenjangSMA.Namunpadakurikulum2013pokokbahasantransformasidiberikanpadajenjangSMPkelasVIIsehinggasulitbagigurumaupunsiswauntukmemperolehbahanajaryangbervariasiuntukpokokbahasantersebut.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembanganyangbertujuanmenghasilkanbahanajarberupaLembarKerjaSiswa(LKS)berkarakteristikinkuiriyangvaliddanpraktissehinggalayakdigunakandalamprosespembelajaranpokokbahasantransformasi.1228812288122881228812288Modelpengembanganyangdigunakandalampenelitianiniadalahmodelpengembangan4-DThiagarajanyangterdiridariempattahapyaitu1)define(pendefinisian)2)design(perancangan)3)develop(pengembangan)4)disseminate(penyebaran).NamundilakukanmodifikasidengantidakmelakukantahapkeempatyaitutahappenyebarankarenabeberapaalasanyaituujicobahanyadilakukanpadakelompokkecilyangterdiridarienamsiswaadanyaketerbatasansumberdayadanwaktudantidakadanyaujikeefektivanpenggunaanLKS.1228812288122881228812288BerdasarkanhasilujikevalidandanujikepraktisanyangdiuraikanpadaBabIVsecarakeseluruhanberdasarkanpenilaianvalidatorprodukLKSyangdikembangkandinyatakancukupvaliddanuntukmenyempurnakanLKSinidilakukanbeberaparevisi.BerdasarkanujicobapadakelompokkecilLKSdinyatakanpraktis.JadidapatdisimpulkanbahwaLKSyangdikembangkantelahmemenuhikriteriabaik.