Penerapan pembelajaran kooperatif STAD dengan pendekatan open-endeed untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII-G SMP Negeri 13 Malang / Afin Nur Latifa

Main Author: Latifa, Afin Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/15875/
Daftar Isi:
  • LatifaAfinNur.2014.PenerapanPembelajaranKooperatifTipeSTADdenganPendekatanOpen-EndeduntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifMatematisSiswaKelasVIII-GSMPNegeri13Malang.Skripsi.JurusanMatematikaFMIPAUniversitasNegeriMalang.PembimbingDra.EtyTejoD.CM.Pd.KataKunciSTADOpen-EndedBerpikirKreatifMatematisBerdasarkanobservasiawalsertawawancarakepadagurupengajarmatematikadiSMPNegeri13Malangdiketahuibahwadalamprosespembelajaranjarangmenerapkanmetodeataumodelpembelajaranyangbermacam-macam.Metodeceramahdengantanyajawabmasihmenjadipilihanutamabeliaudalampelaksanaankegiatanpembelajaranmatematikadidalamkelasyangmengakibatkansiswacenderungpasif.KemampuanberpikirkreatifsiswakelasVIII-Gkurangterlihatdarijawabansiswayangsamadankurangbervariasi.Haltersebutdidukungdarihasilpretesyaknisecaraklasikalsiswahanyamencapai514%dengankategorikurangbaik.Pembelajaranyangditerapkandisekolahtersebutmasihperludikembangkanlagiagardapatbervariasidandapatmemfasilitasikemampuanberpikirkreatifmatematissiswa.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanpembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifmatematissiswa.PembelajaranyangditerapkandalampenelitianiniadalahPembelajaranKooperatifTipeSTADdenganPendekatanOpen-Ended.Penelitianinimendeskripsikantentanglangkah-langkahpembelajaranKooperatifTipeSTADdenganPendekatanOpen-EndedyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelasVIII-GSMPNegeri13Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangberjalandalam2siklus.Datayangdikumpulkandalampenelitianinimeliputi1)hasilobservasiselamaprosespembelajaranyangberpedomanpadalembarobservasi2)hasilkuis3)hasiltesakhirsiklus4)hasilwawancara.12288122881228812288Datapenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikirkreatifsiswamengalamipeningkatan.HalinidapatdilihatpadahasilsiklusIIdaripeningkatankemampuanberpikirkreatifsiswasecaraklasikalmencapai735%dengankategoribaik.Berdasarkanpenelitianinilangkah-langkahpenerapanpembelajarankooperatiftipeSTADdenganpendekatanopen-endedyaitu(1)gurumemberikanmateriprasyaratdanpenguatanmaterisebelumnyadenganpertanyaan-pertanyaanterbuka(2)gurumemberikanLKSkepadamasing-masingkelompokyangmemuatpermasalahan-permasalahanopen-endeduntukdidiskusikansecarakooperatif(3)gurumemotivasisemuakelompokuntukaktifdalamdiskusikelasdenganmengeluarkanpendapatnyasecaraterbuka(4)gurumemberikankuisyangmemuatpermasalahan-permasalahanopen-endedkepadasiswauntukdikerjakansecaraindividu(5)gurumemberikanpenghargaankepadakelompokterbaikuntukmeningkatkanmotivasisiswadalammenggalikemampuanberpikirkreatif.